10 Alasan Ikut Ambil Bagian Jadi Volunteer

 ketika ikut mengajar di Lentera Negeri, Makassar. ikut aktivitasnya dan follow Lentera Negeri
Even if it’s a little thing, do something for those who have need of a man’s help, something for which you get no pay but the privilege of doing it. For, remember, you don’t live in a world all your own. Your brothers are here too. ~Albert Schweitzer

Saya ingat, perkenalan saya dengan dunia volunteer adalah Green Map, yaitu memetakan lokasi strategis di dalam kawasan Universitas Hasanuddin, Makassar. Pada tahun 2009, saya bersama puluhan mahasiswa dari berbagai fakultas dipertemukan. Kami dibagi dalam kelompok-kelompok kecil, kemudian kami diajak menjelajah Kampus Merah. Setiap titik strategis seperti kantin, musholla, tempat wifi, tempat nongkrong, dan juga WC. Tempat-tempat ini kemudian kami berikan β€œdot” sesuai dengan peruntukkannya. Selain itu, kami juga memberikan penjelasan mengenai lokasinya.
Itulah kegiatan volunteering saya yang pertama kali. Dan ternyata pengalaman ini sangat berkesan bagi saya. Pertemuan dengan orang-orang yang memiliki keinginan untuk berbagi dengan orang lain terasa sangat positif. Dari sanalah, saya mulai rajin mengikuti kegiatan-kegiatan serupa. Sampai sekarang, saya masih menjalin hubungan pertemanan dengan orang-orang tersebut. Oia, volunteer adalah sebuah kegiatan sukarela yang dilakukan tanpa mengharapkan imbalan berupa uang.

Volunteers don’t get paid, not because they’re worthless, but because they’re priceless.  ~Sherry Anderson 
Jadi intinya jangan pernah mengharapkan bayaran dalam kegiatan volunteering. Kegiatan ini bisa berupa mengajar di kawasan penduduk miskin, menanam pohon, membuat rajutan, membagi-bagikan masker kepada orang yang terkena asap, atau bahkan mencabut paku di pohon-pohon. Heheh. 
Di zaman digital, sudah sangat banyak informasi mengenai volunteer yang tersebar dimana-mana. Kamu bisa menemui informasinya di FB, Twitter, Path, Instagram dan lain sebagainya. Coba aktif untuk mencari tahu kegiatan volunteer di lingkunganmu.

Terlalu banyak yang bisa kita lakukan daripada hanya sekedar duduk dan mengutuk segala hal di dunia. Karena perubahan ada pada diri kita sendiri bukan pada orang lain. 
Nah, karena itulah saya ingin membagi alasan positif ini kepada teman-teman yang masih mempertanyakan kenapa harus ikut volunteer. Heheh. 
  • 1.       Friendship, even a new family!
Ini saya letakkan dalam salah satu alasan penting kenapa harus ikut volunteering. Disinilah kamu bisa menemukan teman bahkan saudara baru. Kamu akan sadar bahwa ternyata kegiatan seperti ini bisa membuat kamu menemukan beberapa orang yang bisa mendukungmu, karena mereka memiliki passion yang sama denganmu. 
volunteering menanam Taro (semacam ubi berwarna ungu) di Hawai’i University
 2.       Kamu bisa membuat perubahan.
Saya selalu terkenang dengan kata-kata mutiara yang pernah didengungkan oleh Pak Anies Baswedan, β€œlebih baik menyalakan lilin daripada mengutuk kegelapan,”. Kata-kata ini merupakan slogan yang sangat menggambarkan para volunteer. 
Daripada selalu mengutuk pencitraan Pak Jokowi, lebih baik turun tangan langsung. Lakukan hal kecil seperti memungut sampah, membersihkan lingkungan rumah, mencuci sajadah di musholla, apapun.
  • 3.       Volunteer-ing bagus untuk peningkatan kapasitas profesional kamu
Kamu bermimpi menjadi dosen? Atau kamu ingin menjadi seorang ahli kelautan? Di dalam kegiatan volunteer, kamu bisa mengasah kemampuan mu disini. Ikuti kegiatan yang mendukung kapasitas keprofesionalanmu.
Pernah dengar Kelas Inspirasi? Di dalam Kelas Inspirasi, kamu akan diminta mengajarkan profesi apa yang kamu jalankan saat ini. Setiap tahunnya akan ada Kelas Inspirasi di daerah yang berbeda. Para pengajar akan diminta mengajar selama satu hari ke an
ak-anak SD di daerah yang ditunjuk. Sehingga kamu belajar untuk lebih menggali hal-hal dalam profesi kamu. 
bersama anak-anak SD di Sebatik Barat
 4.       Volunteer-ing memperkuat komunitas di sekitar mu
Misalnya saja dengan kegiatan Ronda Malam, kamu akhirnya bisa membuat hubungan yang akrab dengan para bapak-bapak atau pemuda-pemuda di sekitar rumahmu. Atau dengan ikut Karang Taruna, kamu bisa membuat acara yang keren di lingkunganmu.
  • 5.       Kamu bisa mempelajari banyak hal dari kegiatan volunteer
Ketika saya mengajar anak-anak SD di sebuah kampung pesisir, saya mendapatkan pelajaran baru. Karena mereka memiliki keingintahuan yang sangat besar. Sehingga membuat saya harus mencari tahu mengenai hal itu. Dan saya menyadari, bukan saya yang mengajar, namun mereka yang mengajari saya banyak hal. Belajar mendayung sampan, belajar memancing belut, dan lain-lain. 
belajar mengayuh sampan
  • 6.       Mengasah kemampuan berbahasa
Kalau kamu ikut kegiatan volunteer yang mengikut sertakan para pelajar luar negeri, kamu akan mengasah kemampuan komunikasi mu dengan mereka. Jangan pernah malu untuk mencoba mengasah kemampuan berbahasa asing. 
Menurut pengalaman saya, orang asing yang kita kenal, senang jika mereka diajak berbicara mengenai keprofesian mereka. πŸ˜€
  • 7.       Menambah kepercayaan diri
Poin ini sepertinya juga menjadi nilai yang penting kenapa ikut volunteering. Karena semakin banyak teman, semakin diasah pula kepercayaan diri. Kepercayaan diri dibutuhkan untuk menapak jejak karier yang semakin tinggi nantinya.
  • 8.       Untuk Scholarship Hunter, Volunteer bagus untuk Curriculum Vitae kamu
Poin ini sepertinya sangat penting bagi para pemburu beasiswa. Karena banyak beasiswa yang mensyaratkan nilai kepemimpinan, dan kegiatan volunteer bisa menunjukkan bahwa poin ini sangat besar. Kamu ingin ikut turun tangan dalam kegiatan yang ada di lingkungan sekitarmu.
  • 9.       Mempelajari budaya baru
Kamu mempelajari budaya baru, ketika kamu ikut kegiatan volunteer di sebuah daerah baru. Sebuah daerah yang benar-benar berbeda dengan budaya di rumahmu. Atau ketika kamu menjadi volunteer dengan orang-orang asing, kamu akan mempelajari budaya mereka di negara masing-masing. 
menjadi guide student dari Korea
 10.   Keluar dari zona nyaman
Life begins at the end of your comfort zone – unknown. Silahkan kalian artikan sendiri yaa. πŸ˜€
Terlalu banyak yang kamu lewatkan jika tidak mencoba menjadi volunteer sekali dalam hidupmu. Sekali saja, keluar dari zona nyamanmu, coba hal baru, bebaurlah. πŸ˜€
Oia, ada sebuah platform yang mungkin bisa kamu coba untuk mencari kegiatan volunteer yang cocok denganmu. Namanya indorelawan.org. platform ini memudahkan volunteer mencari organisasi yang bisa menampung keinginannya.
bersama murid-murid di Maumere
Ditulis di kantor Kak Agus, Pasar Minggu
22:55 WIB, Sabtu, 31 Oktober 2015

You may also like

5 Comments

  1. Point yang paling penting, kalau menurut saya, membuat kita lebih peka/peduli terhadap kondisi disekitar kita. Dan, jd pengalaman hidup yang tak terlupakn pastinya πŸ™‚

  2. volunteer lebih kepada panggilan jiwa sih. Kalau emang suka membaktikan dirinya untuk orng lain, saya rasa itu sudah mencerminkan bahwa ia memiliki kepedulian tinggi terhadap orang lain. πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *