10 Starter Pack Ketika Lanjut Studi di Belanda

Saat tiba di Belanda banyak pertanyaan yang muncul di kepala. “Dimana nanti tinggal? Seperti apa rumahnya? Disana naik apa ya?” dan ragam pertanyaannya lainnya. Apalagi akan tinggal disini lebih dari satu bulan. -10 starterpack ketika lanjut studi di Belanda

Nah, ketika memulai fase kehidupan sebagai murid di Belanda, ada baiknya kalian mengikuti langkah-langkah penting selama di Negeri Kincir Angin. Berikut adalah 14 hal yang wajib diketahui ketika menjejak di Belanda untuk waktu yang lama.

Mencari rumah dan register ke Gementee

Mencari rumah sebenarnya bukan hal yang mudah. Ini sebenernya agak tricky sebagai mahasiswa internasional. Untuk di Wageningen University sendiri mahasiswa baru diwajibkan mendaftar situs pencarian rumah seperti idealis.nl untuk mendapatkan rumah. Setiap hari kita harus melihat website idealis untuk mengecek apakah ada informasi tentang rumah atau kamar yang tersedia bagi kita.

Setelah itu hal penting kedua adalah register ke Gementee (dibaca khemente karena G agak seperti orang mau meludah) atau bisa dibilang sebagai kelurahan. Di setiap kota kita wajib membuktikan bahwa diri kita akan tinggal di kota tersebut. Biasanya mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk bertemu dengan Gementee di kampus ketika proses penerimaan mahasiswa baru.

Mendapatkan BSN dan membuka Bank Account

setelah mendaftar ke Gementee, secara otomatis mereka akan memberikan sebuah ‘surat sakti’. Surat ini yang disebut dengan social service number (BSN) dan berfungsi jika kita ingin membuka bank account, membuat asuransi atau terdaftar dalam Dutch healthcare system.

BSN sangat penting jika ingin membuka bank akun di Belanda. Karena semua bank akan meminta residence permit, pasport, visa dan juga BSN. Jadi untuk memulai kehidupan baru di Belanda, BSN sangat penting. Kalau di Wageningen sendiri, kampus yang membantu pengurusan BSN. Kita hanya datang di minggu penerimaan mahasiswa baru dan tinggal mengikuti alurnya.

Mencari Sepeda Murah

Belanda adalah negar ayang tak bisa terpisahkan dari sepeda. FYI, satu orang di Belanda bisa memiliki 2 hingga 3 sepeda. Setiap sepeda mempunya fungsi masing-masing. Ada sepeda harian yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari, sepeda dengan ban khusus untuk menghadapi musim dingin dan sepeda sport yang harganya bisa mencapai puluhan juta.

Untuk urusan mencari sepeda murah bisa dilihat dari komunitas FB. Kalau di Wageningen sendiri ada grup FB dengan nama Wageningen Student Plaza (WSP), disana sangat banyak sepeda yang dijual mulai dari harga 30 euro hingga yang ratusan euro. Biasanya harga sepeda yang lumayan bagus berkisar antara 60 euro hingga 150 euro. Saran saya cari sepeda dengan hand brake dan dilengkapi dengan gear.

Membeli Kartu OV-Chipkaart Personal

Kartu ini penting banget nih kalau pengen melakukan perjalanan di dalam Belanda. Harga kartunya cukup murah 7 euro per karu tanpa isi. Kita hanya perlu mengisinya melalui mesin pengisi di stasiun, halte maupun bandara. Pengisisan bisa dilakukan juga melalui online. Kalian hanya perlu masuk ke dalam website :  ov chipkaart dan mulai mengisi akun personal. Pilihannya bisa diisi secara manual atau diisi secara otomatis. Semua moda transportasi disini menggunakan ov chipkaart sebagai pembayarannya, mulai dari bis, kereta, trem dan metro.

ov chipkaart (source : google.com)

Ada beberapa teman yang mengikuti program tahunan seperti Weekend Vrij (Weekend Free) yaitu kita bisa naik kereta gratis kemanapun di hari sabtu dan minggu. Atau juga bisa memilih program 40% diskon untuk perjalanan menggunakan kereta setiap harinya. Harganya mulai dari 32 euro per bulan. 🙂 Kalian bisa menemukan info ini di laman NS : https://www.ns.nl/en

Cari Furniture Secondhand di Kringloop

Buat mahasiswa yang tinggal cuman beberapa tahun ada baiknya membeli barang-barang dari Kringloop. Apa itu Kringloop? Sebuah toko yang menjual kembali barang-barang layak pakai dan masih bagus dengan harga murah. Sebenarnya di setiap negara sudah punya “recycle shop” seperti Kringloop di Belanda. Kalau di US namanya Thrift Shop, di New Zealand namanya Op Shop dan di UK namanya Charity Store. Sedangkan di Belanda namanya Kringloop.

salah satu Kringloop (source : google.com)

Disini kita bisa menemui barang-barang seperti sofa, tempat tidur, lemari, buku, bahkan mainan anak kecil dengan harga murah. Untuk di Wageningen sendiri ada tiga toko Kringloop dan semuanya buka hanya pada hari Rabu dan Sabtu. Karena pada hari tersebut adalah waktu dimana Open Market Wageningen berlangsung.

Invest di Peralatan Memasak

Sebagai mahasiswa ada baiknya untuk memasak sendiri. Karena disini makanan siap saji lumayan mahal untuk ukuran kantong mahasiswa. Apalagi kalau beli makanan yang sudah mengandung nasi, biasanya bisa mencapai 3 euro keatas. Padahal kalau masak sendiri kita bisa menghemat sangat banyak.

dapur koridor 10 C

Caranya? Beli rice cooker bekas dari orang-orang Indonesia atau mahasiswa dari negara yang juga makan nasi. Hehe. Kemudian beli beras di toko Asia yang 6 kilo dan beras sebanyak itu bisa digunakan hingga 4 minggu lebih. Selain itu ganti makanan dengan roti dan selai sebagai makan pagi. Beli sayur atau buah di Open Market ketika akan tutup. Biasanya pedagang memberikan harga murah dari biasanya pada jam-jam tersebut.

Membeli Barang Elektronik di MarktPlaats

Ingin punya barang elektronik bagus tapi gak terlalu mahal. MarktPlaats mungkin bisa jadi jawabannya. Sebuah e-commerce seperti BukaLapak. Teman saya bisa dapat Iphone 8 dengan harga 500 euro sahaja. Tapi yaaa dia harus rela untuk berpergian ke kota orang tersebut tinggal atau bisa dibilang untuk COD (Cash On Delivery). Karena mereka tidak akan mau untuk mengirimkan barang tersebut.

Punya Health Insurance

Nah ini yang paling penting selama di Belanda. Kalau gak punya Health Insurance bakalan susah banget. Apalagi hampir semua rumah sakit di Belanda akan menanyakan perihal Health Insurance ketika masuk ke rumah sakit. Jadi agak sulit untuk bisa ke rumah sakit jika tidak punya health insurance.

Membeli Kartu Museum (Museum Kaart)

Nah ini bagi yang sangat suka dengan perjalanan keliling museum tidak ada salahnya membeli kartu ini. Dengan masa aktif selama 1 tahun, kita bisa masuk ke semua museum di Belanda. Harganya 59 euro per tahun dan kita bisa masuk ke museum mana saja di Belanda dengan gratis. Kalian bisa mendaftar melalui link ini https://www.museumkaart.nl/bestel .

gambar museumkaart (source : google.com)

Kalau suka sama museum gak ada salahnya investasi disini. Karena semua museum di Belanda menerima kalian untuk masuk secara gratis. 🙂

Ketahui tempat-tempat belanja

Di Belanda ada beberapa tempat belanja yang mempunyai spesifikasi khusus. Berikut ini adalah nama tempat belanja yang bisa kalian kunjungi, :

  • Hema – Kalau mau belanja barang-barang lucu bisa kesini seperti stationary, sheets and bedding, curtains, makeup, photo-printing services dan juga makanan. Kalau ada teman yang ulang tahun beliin kue disini aja. Harganya murah dan enak. Haha
  • Blokker – kalau mau invest peralatan memasak yang bagus dan mau dibawa ke Indonesia nantinya mending cari di Blokker.
  • Ikea – Toko ini punya banyak barang furniture yang harganya lumayan mahal sih tapi bagus.
  • MediaMarkt – kalau mau beli elektronik bisa dibeli di MediaMarkt. Biasanya ada potongan-potongan harga di bulan Desember.

Dan welcome di Belanda! Selamat menempuh perjalanan baru disini. Semoga betah!

ditulis di Asserpark, Wageningen

12:23 CET Tuesday, 26 December 2017

sambil denger lagu Nathan Skyes – Famous

You may also like

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.