Tips dan Trik Menjawab Soal Exam di Wageningen

Setelah banyak yang merasakan Re-Exam di kampus tercinta Wageningen University, akhirnya ada sebuah forum ajang diskusi untuk membahas tips dan trik untuk menjawab soal exam di Wageningen. Forum ini menurut saya sangat membantu untuk teman-teman yang baru datang di Wageningen.

Di Forum ini ada beberapa mahasiswa tahun lalu yang menjadi pembicara seperti Pak Dikky, Kyana, Hendy, Ibnu, Mas Aswan. Saya merangkum semua tips dan trik yang mereka sebutkan selama forum berlangsung. Semoga bermanfaat. 🙂 Saya akan membaginya dalam tiga waktu, Sebelum ujian, di saat ujian dan setelah ujian berlangsung. 🙂

Sebelum Ujian

  1. sebelum ujian selalu usahakan baca course guide dengan detail karena seringkali ada discussion atau simulation yang diberikan di dalam kelas.
  2. ketika di kelas bisa disiasati dengan meringkas course guide
  3. usahakan untuk membaca materi setelah atau sebelum course dan membuat poin-poin penting dan di catat jadi ketika course kita sudah paham kemana arah course ini
  4. selalu coba mencoba untuk menjawab summary ujian yang sudah diberikan sejak awal
  5. bikin mind map (letakkan judul di tengah) sehingga satu hari course kita bisa mengetahui apa yang mau dipelajari : learning outcomes / goals biasanya keluar di dalam ujian
  6. strategi lain adalah baca paper yang compulsory dan disarankan oleh dosen dengan cara skimming. baca bagian Introduction, Results, Discussion dan Conclusion di sebuah paper. Kalau pun membaca method dibutuhkan jika memang untuk membuat penelitian
  7. reading after class untuk refresh kembali pelajaran yang dipelajari di dalam kelas
  8. semua ujian sebenarnya tergantung coursenya, jadi kenali dosen dan coursenya. untuk social science kita banyak yang harus menjelaskan suatu persoalan dengan asumsi kita sendiri dan semua pertanyaan-pertanyaan ada formulanya.
  9. jangan lupa untuk ngecheck metode grading dari senior-senior sebelumnya. Mengumpulkan informasi dari senior-senior bisa membantu.
  10. critical thinking dari sebuah theory di dalam social science bisa disiasati dengan membaca paper yang mengkritik hal tersebut. Jadi kalian bisa membuat counter attack dengan theory yang dijelaskan oleh dosen di dalam kelas.

Ujian Berlangsung. Semangat!

  1. efisiensi waktu ujian dengan membuat bullet points daripada memberikan jawaban yang panjang dikali lebar.
  2. lebih baik mencoba untuk mengisi semua soal daripada fokus dan ubek-ubek di satu soal yang sulit. yang harus diingat, kalau ga bisa jawab pertanyaan, lebih baik tinggalkan lebih dulu jangan fokus di soal-soal sulit. jawab dulu short question yang kalian tahu, kemudian menjawab long question, dan menjawab questions you dont know. 
  3. kalau multiple choice lebih baik isi semua tapi harus diperhatikan apakah ada peringatan dari dosen untuk menghindari Guessing. Karena kalau dosen sudah bilang jangan guessing, lebih baik tinggalkan soal yang ragu-ragu.  guessing tidak membantu jika diawal sudah dikatakan bahwa jika guessing dikurangi nilainya. jadi harus mengetahui course yang akan diambil
  4. kalau di ujian jangan show off atau menulis indah dan panjang tapi jawab soal dengan efisien.
  5. ketika menjawab exam, lebih baik ngerjain soal yang tidak sulit atau harus menggunakan jawaban panjang, cari soal yang membutuhkan jawaban-jawaban yang lebih mudah.
  6. setelah membaca soal jangan langsung dijawab, tapi bikin kerangka jawaban yang menggunakan pensil. Orang-orang disini tau bahwa international student tidak menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa ibu. Jadi kita bisa membuat jawaban yang sesuai dengan keinginan dosen. Bikin kerangka jawaban induktif-deduktif atau pun kebalikannya.
  7. gunakan kertas coret-coretan yang diberikan oleh dosen dan gunakan sebaik mungkin. untuk membuat kerangka jawaban atau menjawab soal. Karena ada beberapa dosen yang melihat kertas coret-coretan kita misalnya exam Advance Statistic.
  8. garis bawahi apa yang diminta oleh dosen, misalnya dari pertanyaan apakah ia meminta untuk elaborate teori atau ia meminta kita untuk menjelaskan atau dosen meminta kita menyelesaikan masalah tersebut. Karena dari memahami pertanyaan dosen akan membantu kita untuk menjawab dengan benar pertanyaan tersebut.
  9. ingat, exam itu mempunya waktu yang terbatas, jangan nulis bahasa inggris yang ribet gak apa-apa kalau pakai bahasa inggris yang mempunya level rendah, jangan berusaha membuat dosen impress dengan bahasa inggris kita. tapi gunakan bahasa inggris yang precise. karena isi kepala lebih penting bukan bahasa yang mendayu-dayu
  10. Jangan lupakan memastikan untuk menjawab soal-soal yang memiliki ‘anak-anak’
  11. keyword penting untuk membangun struktur jawaban atau argumen (elaborate). Tapi hati-hati dengan elaborate karena ada dosen yang memeriksa jawaban elaborate karen kalau kita salah mengartikan keyword tersebut dan itu sebenarnya gak ditanyain, itu malah berpotensi mengurangi nilai kalian di exam.
  12. penggunaan bahasa atau pemilihan kata yang dijelaskan di dalam exam. Menjadi kritis sangat penting di dalam ujian gak ada salahnya untuk mengobrol sama dosen pelajari learning outcomes atau learning goals biasanya banyak keluar. Bikin kerangka perkuliahan dan pelajari pattern mata kuliah tersebut.
  13. ada beberapa pertanyaan exam yang gak semua meminta jawaban untuk diselesaikan. Tapi how to understand the context sehingga menyadari kompleksitas soal tersebut dan menjelaskan bagaimana kompleksitas soal tersebut.
  14. at some point , precise menggunakan bahasa adalah yang sangat penting. memberikan jawaban yang baik dan benar sangat memberikan nilai.

Setelah Ujian

  1. datang di question hour bisa membuat tambahan informasi jika kita re-exam. sehingga datang ke question hour bisa membantu
  2. kalau ada question hour harus benar-benar dimanfaatkan, kalau gak ada question hour bisa diusahakan dengan menghubungi dosen yang mengampu dan meminta question hour.
  3. email dosen jika kita merasa gak puas dengan nilainya karena mereka sangat suka dengan kekritisan mahasiswa (minta feedback dari mereka).

 

Setelah forum ada presentasi yang dibawakan oleh Pak Dikky dan menurut saya ini sangat penting untuk dipahami. Cara menjawab soal Exam disini itu harus melihat kata kunci soal ujian. Saya akan menyertakan presentasi Pak Dikky setelah kelas ini selesai berlangsung.. 🙂

ditulis di kelas C103 WUR

15:33 CET 28 January 2018

sambil ngedengerin tips dan trik yang dilaksanakan di kampus

You may also like

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.