5 Alasan kenapa harus bikin Museum Card di Belanda

Buat teman-teman yang suka dengan museum, Belanda adalah salah satu surga museum. Disini ada 400 lebih museum yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Sayangnya museum card ini hanya bisa dibikin oleh orang yang memiliki resindensi Belanda. Jadi kalau kalian adalah mahasiswa asing, jangan lupa untuk bikin museum card.

Museum Card / Museumkaart

Museum Card adalah fasilitas yang bisa dinikmati oleh orang yang memiliki izin tinggal di Belanda. Buat mahasiswa asing, museum card adalah salah satu hal yang harus kalian miliki. Harga pembuatan kartu ini 60 euro per tahun. Selama setahun penuh kita bisa masuk museum manapun di Belanda.

Mulai dari museum yang besar ataupun museum kecil. Bahkan museum Rijkswijk di Amsterdam pun bisa gratis kalau menggunakan kartu museum ini. Menyenangkan bukan?

1. Harga masuk Museum yang mahal

Kenapa saya bikin museum card, pertama harga masuk museum itu mahal banget. Harga tiket masuk museum di Belanda itu berkisar dari 4 euro hingga 20 euro sekali masuk. Saya pernah masuk museum di Wageningen 4 euro untuk sekali masuk. Sedangkan museum termahal yang pernah saya masuki adalah Museum Van Gogh 18 euro sekali masuk. Untungnya saya sudah museum card pada saat itu. Jadi saya bisa masuk ke museum Van Gogh dengan gratis.

Atau masuk ke Maritime Museum yang kece banget, yang harusnya saya bayar 12,5 euro. Saya gak perlu bayar sama sekali. Baca cerita saya mengunjungi maritim museum disini 

2. Ada 400 museum di Belanda

Buat pecinta museum kayak saya, hanya dengan membayar 60 euro, saya sudah bisa menikmati 400 museum di Belanda. Mulai dari museum kota yang kecil seperti museum di Wageningen atau museum terbesar di Belanda seperti Troppen Museum atau Rijkswijk Museum. Jadi bisa dibayangkan setiap datang ke sebuah kota saya dengan mudah tinggal datang kesana dan menyerahkan kartu museum saya.

Coba bayangkan nih, satu kali masuk museum seperti Rijksmuseum saja, kita harus merogoh kocek sebesar 20 euro. Atau misalnya Troppen Museum tempat si Doel syuting film di tahun 2018, kita harus membayar 15 euro. Kebayang kan langsung lunas kalau udah pergi ke 10 museum di Belanda?

3. Cara Bikin Museum Card sangat mudah

Cara membuat kartu museum ini pun juga cukup mudah. Kita hanya perlu masuk ke dalam website https://www.museumkaart.nl/ . Setelah itu kalian tinggal memilih menu Order. Kemudian pilih kartu yang sesuai dengan diri kita. Kalau saya pilih yang Adult Card, dulu pas saya bikin harganya masih 60 euro. Eh sekarang naik jadi 64.90 euro. Terasa mahal sih di awal, tapi kalau memang suka sama museum, harga ini bakalan sangat kecil kok.

pilih kartu
isi bidata
masukkan foto

Setelah selesai tahap-tahap itu, kita akan diminta membayar sesuai dengan tagihan. Seingat saya kita membayar melalui IDeal atau bank-bank Belanda. Setelah dikonfirmasi pembayaran yang telah kita lakukan, kita akan mendapatkan surat dari pihak museum card di hari kelima. Surat tersebut berisi nomor registrasi. Kita hanya perlu masuk ke website https://www.museumkaart.nl/ kemudian pilih Registratie.

Kita masukkan nomor yang ada di dalam surat, dan voila beberapa hari kemudian kita akan dapat kartu ke alamat kita.

4. Banyak kegiatan di museum

Nah asiknya lagi, museum-museum di Belanda punya banyak kegiatan atau exhibition yang keren-keren setiap tahunnya. Dan semua informasi ini bisa kita lihat langsung di website-website museum.

Tak hanya itu, pemegang museum card juga punya offers yang menarik. Mulai dari diskon untuk bis ketika mengunjungi museum, kartu pos gratis, atau juga kegiatan anak-anak yang bisa diikuti secara gratis.

5. Punya toilet gratis

Kalau alasan ini agak melenceng sih. Hahah. Kalau punya museum card, kita bisa masuk toilet secara gratis. Hahah. Soalnya WC di Belanda agak mahal, biasanya 70 sen alias 10 ribu untuk sekali masuk. Kalau punya museum card, kita tinggal cari museum terdekat dan masuk ke WC deh. Bisa juga numpang lihat-lihat museum sekalian. Hehe. Saya sudah melakukan ini lebih dari 7 kali. Haha.

Nah, kelima alasan ini apakah sudah mencerahkan kamu untuk membeli museum card? Semoga di Indonesia bisa juga punya sistem yang terintegrasi seperti ini. Sehingga kawula muda semakin tertarik untuk bisa masuk ke museum-museum di Indonesia. Aamin 🙂

 

ditulis di Bennekom

22:03 CET, Friday, 22 March 2019

sambil masukkin foto di Google demi naik level 8 haha.

You may also like

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.