5 Tempat Wajib Kesini Kalau di Belanda + Itinerary Musim Semi di Belanda

Jika punya waktu yang sangat singkat untuk mengunjungi Belanda ada beberapa tempat dan must to do yang bisa kalian lakukan selama disini. Saya akan memberikan itinerary untuk perjalanan dua hari di Belanda dana transportasi ke tempat tersebut.

Pertama-tama download apps 9292 dan NS Planner, karena selama di Belanda kalian akan sangat butuh dua apps ini. Untuk beberapa apps lainnya, silakan liat disini.

Foto Baju Tradisional Volendam

foto dengan baju tradisional

Volendam merupakan kota nelayan yang terletak tak jauh dari Amsterdam. Ini adalah sebuah desa sejarah yang sangat terkenal dengan foto kostum nelayan tradisional Volendam. Lokasinya yang tak terlalu jauh dari Amsterdam membuat kota ini menjadi salah satu kota kecil yang paling banyak dikunjungi. Jangan heran jika pada hari-hari biasa banyak sekali turis yang datang kesini untuk berfoto dengan kostum tradisional milik nelayan Volendam.

Fakta unik dari kota ini adalah sebenarnya kota ini berada di bawah garis laut. Ada beberapa tanda yang menunjukkan hal itu, karena reklamasi dataran di kota ini sudah lebih tinggi dibandingkan dengan laut.

Must to do things in Volendam :

  • foto dengan kostum nelayan tradisional dari Volendam. harga satu kali foto adalah 15 euro per person. kalau berdua jadi 25 euro.
  • beli oleh-oleh, karena disini harga oleh-oleh jauh lebih murah daripada Amsterdam
  • foto dengan pemandangan laut yang biasa aja tapi banyak perahu layar disana.
  • kalau punya waktu lebih bisa coba naik kapal ke desa sebelah, Marken
keadaan di Volendam
kapal layar di Volendam

Strooling in Amsterdam

alun-alun Amsterdam

Amsterdam merupakan ibukota dari Belanda, kalau datang ke Amsterdam pasti udah kebayang tentang IAMsterdam sign yang ada di bandara Schipol juga. Kota yang hampir hidup selama 24 jam ini wajib banget dikunjungi kalau datang ke Belanda.

Must things to do in Amsterdam :

  • naik bis hop on hop off keliling kota Amsterdam
  • ke Museum Square dan lihat Iamsterdam sign
  • jalan-jalan liat bangunan tua dan juga pusat kota Amsterdam (sekitaran Madame Tussaud museum)
  • kalau mau nakal sedikit, bisa coba ke Red Light District
  • naik kapal cruise di kanal-kanal Amsterdam
di depan museum Rijkswijk

Bunga di Keukenhoff dan Lisse

di dalam Keukenhof

Kalau datang ke Belanda pada musim semi ada baiknya menyempatkan diri untuk mengunjungi Keukenhoff dan Lisse. Karena disana ada kebun tulip yang sangat besar. Keukenhoff sendiri merupakan taman terbesar di Eropa. saya telah menuliskan tentang Keukenhoff disini.

Sedangkan Lisse sendiri adalah tetangga dari Keukenhooff, tak ada salahnya melihat kebun-kebun bunga yang terletak dekat dengan rumah penduduk di Lisse.

Must things to do :

  • foto-foto di Keukenhoff dan datang pada acara festival bunga
  • pinjam sepeda dan berkeliling Lisse, untuk rute tercepat saya sarankan untuk mencoba rute ke 4

Naik Perahu di Kanal Giethoorn

 

kanal di Giethoorn

Giethoorn sendiri sangat terkenal dengan Little Venice di Belanda. Karena karakteristik kotanya hampir mirip dengan Venice di Italia. Karena semuanya terhubung dengan kanal-kanal kecil yang sweet banget. Di samping kanal ada rumah-rumah penduduk yang hampir semuanya punya kapal dibandingkan mobil. Makanya kota ini dinamakan car-free village, karena emang banyak penduduknya yang punya kapal 🙂

 

Yang seru di Giethoorn, kita bisa melihat asrinya sebuah desa dan dipadu dengan wisata yang Belanda abis. Disini juga ada sekelompok ibu-ibu yang bikin stroopwafle secara tradisional. Kalau udah lihat, jangan cuma lihat doank, tapi wajib beli karena biasanya kalau udah jam 3, mereka udah gak jualan lagi 🙂

things to do in Giethoorn:

  • masuk ke museum Giethoorn
  • naik kapal mengeliling Giethoorn harganya 7 euro per person
  • masuk ke toko-toko keju untuk nyicipin keju dari susu kambing (wkwkwk)

Melihat Kota Industri Zaman Dulu di Zaanse Schaan

Zaanse Schan ketika senja

Zaanse Schan merupakan kota industri pada saat itu dan masih menampakkan sisa-sisa kejayaannya. di tempat ini, kita bisa melihat kincir angin tradisional yang berfungsi normal hingga saat ini. Dulu katanya sempat pemerintah ingin menghancurkan kincir angin, namun UNESCO membuatnya menjadi heritage site dan akhirnya kincir angin tidak jadi dirubuhkan.

Tempat ini sangat ikonik banget kalau di Belanda, jadi jangan heran kalau tempat ini jadi sangat ramai saat musim semi seperti ini.

must things to do in Zaanse Schaan

  • masuk ke kincir angin yang ada disana, biasanya kincir angin dibuka pada waktu-waktu tertentu. ada 5 kincir angin yang dibuka bagi wisatawan dengan harga 3.50 euro per person
  • datang ke museum Zaanse Schaan
  • lihat proses pembuatan sepatu dari kayu (klompen)
museum di dekat pabrik cokelat

Kota Sejarah The Hague (Den Haag)

Peace Palace

Den Haag atau The Hague merupakan ibukota pemerintahan Belanda. Disinilah banyak kedutaan-kedutaan besar negara lain termasuk Kedutaan Besar Negara Republik Indonesia. Karena itulah di kota ini ada sebuah tempat pertemuan yang bernama Peace Palace. Disinilah hakim internasional yang memutuskan apakah kejahatan suatu negara harus diberikan hukuman dan apa saja jenis hukumannya.

things to do in Den Haag :

  • mengunjungi museum Peace Palace dan ikuti tur masuk ke dalam peace palace
  • pergi ke Binenhof
  • mengunjungi Mauritshuis
  • pergi ke Ridderzaal
  • kalau punya waktu lebih bisa mengunjungi Madurodam
Mauritshuis

Itinerary di Belanda selama 2 hari

Asumsi yang dibutuhkan untuk mengunjungi lima lokasi ini adalah sekitar 2 hari, dan asumsi kalian datang pada pagi hari. Jangan lupa download aplikasi 9292 dan NS Planner yak.

Tips kalau keliling Belanda

  1. siapkan baterai handphone dalam keadaan on, install aplikasi 9292 atau NS Planner
  2. bawa uang cash secukupnya
  3. beli daagkaart (tiket one day) jika ingin keliling Belanda dengan harga yang rasional. Harganya 16 euro, biasanya ada di Albert Heijn tapi tergantung waktunya. Selalu cek melalui google : tulis Dagkaart NS. Bisa juga beli melalui online kok. Tapi harus download NS Planner terlebih dahulu
  4. kalau butuh makanan halal, bisa ke toko-toko kebab yang harganya 4 -6 euro per porsi

 

Kalau ada pertanyaan tentang itinerary, please let me know ke email [email protected] atau tinggalkan komentar di kolom dibawah ini.

 

ditulis di Forum, Wageningen University sesaat setelah menyelesaikan tugas ACT

17.45 CET Sunday, 19 May 2018

 

You may also like

4 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.