7 Apps Smartphone Wajib Mahasiswa di Belanda

Selama di Belanda, ada beberapa aplikasi smartphone wajib dan benar-benar sangat dibutuhkan untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa yang akan tinggal lama di Negeri Kincir Angin. Saya mulai mengaktifkan beberapa aplikasi setelah tinggal selama 1 minggu. Karena disini, teknologi sudah sangat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Sebagai mahasiswa baru ada beberapa apps yang benar-benar harus di download di dalam smartphone. Berikut 7 apps yang penting buat mahasiswa baru di Belanda :

9292

source : google
Aplikasi ini penting banget untuk teman-teman yang senang menjelajah Belanda. Karena dengan aplikasi ini kita bisa melihat jadwal perjalanan yang kita inginkan. Semua moda transportasi bisa terlihat dengan aplikasi ini. Jadwal bis dan kereta bisa terlihat di aplikasi ini.
Cara penggunaannya juga cukup mudah, kita hanya memasukkan estimasi jam berapa kita akan berangkat dari lokasi terdekat dan kemana tujuan kita. Aplikasi ini sangat membantu untuk melakukan perjalanan di dalam negara Belanda. Dengan aplikasi ini, kita tidak perlu menunggu lama di halte bis atau di stasiun kereta api. Karena jadwal dan rute terpampang dengan jelas.

NS Reisplanner

Aplikasi ini hampir sama dengan 9292, namun ada fungsi khusus yang ditawarkan oleh apps ini. Penumpang yang menggunakan Group Ticket bisa mendownload tiketnya melalui apps ini. Sehingga kita tidak perlu nge-print tiket yang akan kita gunakan. Selain itu, di apps ini kita bisa mengetahui jika ada kereta yang dibatalkan karena ada perbaikan ataupun orang yang bunuh diri di rel kereta api.

Buienradar

source : google
Apps ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa baru yang masih melakukan adaptasi dengan cuaca di Belanda. Banyak orang yang sudah tahu bahwa cuaca Belanda sering berubah, sehingga aplikasi ini cocok utk melihat prediksi cuaca. Cuaca disini bisa menjadi sangat aneh. Cerah di pagi hari, tapi siang hari jadi sangat dingin, dan di sore hari tiba-tiba hujan deras. Jadi, apps ini sangat bermanfaat bahkan dapat menginfokan hujan akan berhenti pada pukul berapa atau kapan intensitas hujan sangat tinggi. It is in Dutch but still understandable.
Pokoknya apps ini wajib banget kalau gak mau salah pake baju di Belanda. hahah.

ABN Amro Bankieren

Karena Wageningen University mewajibkan mahasiswa internasional menggunakan bank ABN AMRO, sehingga apps ini wajib dimiliki oleh mahasiswa Wageningen. Apps ini bisa divariasikan juga dengan beberapa aplikasi lain, misal e-wallet utk membayar via NFC, grip utk mengelola cash flows, dll
source : google

Blackboard

Blackboard merupakan aplikasi untuk belajar bagi para mahasiswa. DI setiap universitas ada aplikasi belajar seperti ini. Kalau di Wageningen University, mereka menggunakan aplikasi bernama Blackboard di HP. Siapa tahu ada yg suka travelling tapi males bawa laptop untuk belajar. Apps ini sangat membantu untuk melihat bahan bacaan untuk kuliah keesokan harinya atau jurnal yang dibutuhkan untuk referensi di hari esok.

Muslim pro

Kalau apps ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa muslim di Belanda. Karena apss ini bisa digunakan untuk melihat arah kiblat dan mencari tempat makan yang direkomendasikan halal (tapi tetap harus dicek lagi ke penjual makanannya). Selain itu mereka juga punya daftar dimana masjid terdekat dari lokasi kita.
Untuk jadwal sholat, mahasiswa Wageningen pakai jadwal dari masjid Wageningen. Biasanya akan dibagikan hari jum’at terakhir di setiap bulan di masjid dan Toko Zam-zam. Versi online akan diupload di grup FB PPI Pengajian Wageningen.

MyLebara

Aplikasi ini digunakan untuk melihat kredit dan top up khusus Lebara. Biar nggak ribet buka websitenya. Tapi gak terlalu penting banget sih. Bisa juga buka via website di handphone.

Apps khusus untuk mahasiswa Wageningen

Khusus untuk Mahasiswa Wageningen ada beberapa aplikasi yang bagus untuk diunduh, yaitu :
1. WUR PP
Aplikasi ini sangat menarik bagi penggemar barang-barang gratis. hehe. Ketika mendownload aplikasi ini, kita akan mendapatkan beberapa tugas yang harus dikerjakan. Misalnya saja mengirim foto ketika sedang melakukan thesis atau internship di luar negeri. Kemudian kita akan mendapatkan point yang bisa dikumpul.
Jika sudah mencapai beberapa poin, kita bisa menukar poinnya dengan beberapa merchandise official dari Wageningen University.
source : google
2. Aldita
Apps ini penting banget untuk mahasiswa Indonesia di Belanda. Apps milik Kedubes Republik Indonesia ini membantu para mahasiswa yang malas ke Den Haag untuk registrasi. Hanya dengan melakukan registrasi via apps, kita sudah terdaftar sebagai anggota diaspora di Belanda. 🙂
Semoga informasi yang saya sampaikan bisa bermanfaat
ditulis di Forum C 0313
20:04 CET 13 November 2017
diselesaikan setelah kuliah Trends in Aquaculture

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *