Ada Apa di Galeri Indonesia Kaya?

Acara Dewi Lestari dan Sapardi Djoko Damono dalam satu panggung, membuat saya penasaran untuk hadir di Galeri Indonesia Kaya. Seperti apa isi Galeri Indonesia Kaya ini?
Saya dan Dini menggunakan jasa Gojek untuk tiba di Grand Indonesia. Sebenarnya bisa juga menggunakan busway dan turun di halte Tosari. Dari sana tinggal berjalan kaki menuju West Mall. Terletak di Grand Indonesia, galeri ini memilih lokasi di West Mall lantai 8, membuat pengunjung tidak kesulitan menemukan tempatnya. Cukup naik hingga di lantai 8, dan kita akan menemukan pintu masuk Galeri Indonesia Kaya. Persis di sebelah bioskop. 😀
Ketika masuk ke dalam galeri ini kita akan bertemu dengan penjaga pintu masuk yang sangat ramah. Kemudian kita akan melewati gambar bersuara yang mengucapkan kata-kata selamat datang dalam berbagai bahasa daerah. Misalnya saja “Wilujeng Sumping”, “Wilujeng Rawuh”, “Selamat Datang”. Ada tiga gambar yang akan berbunyi ketika kita melewati gambar tersebut.
me in baju adat jawa. hahaha.
Setelah itu, kita akan dihadapkan oleh layar yang menampilkan acara wayang kulit. Seakan nonton wayang kulit secara langsung. Saat kami datang, lakon wayang sedang seru serunya. Ada efek api yang muncul.
Setelah itu, saya mencoba menggunakan pakaian daerah dari berbagai tempat. Sebuah layar besar akan merespon gerakan kita. Akan ada pilihan baju-baju adat. Kita hanya akan memberikan gerakan di tangan sebelah kanan dan kiri untuk menyesuaikan pakaian yang kita pilih. Setelah itu, gambar bisa diunggah ke media sosial kita. Jarang-jarang saya pake baju adat perempuan. Wkwkwk.
Setelah puas bermain dengan pakaian, saya mulai mengotak-atik layar pintar yang memiliki informasi mengenai lokasi pariwisata, tarian, musik serta alat musik dari sebuah daerah. Informasi dasar ini bisa menambah pengetahuan para pengunjung dengan cara yang menarik. Kita hanya perlu mengarahkan kursor ke tempat yang ingin kita ketahui.
Saya melanjutkan eksplorasi, kali ini saya mencoba membuat kartu pos sendiri dengan motif batik. Ada beberapa motif yang bisa kita pilih dan kemudian disesuaikan warnanya. Kartu pos bisa diprint, dan kita bisa mendapatkannya secara Cuma-Cuma. Asyik kan? Selain itu Galeri Indonesia Kaya juga menyediakan photo booth. Ada beberapa aksesori daerah yang bisa kita gunakan. Foto pun bisa dicetak sebanyak dua kali. Semuanya gratis. Hehehe.

 

kartu pos GRATIS
foto gratisan
Galeri Indonesia Kaya dibangun sejak tahun 2011 sebagai ruang edukasi tentang budaya yang memadai. Dibangun untuk menjadi ruang edutainment budaya berbasis teknologi digital yang dapat mendekatkan dan menyalurkan kreativitas berekspresi generasi muda dalam lingkup tradisi budaya nusantara. Galeri ini mempunyai daya tarik bagi anak muda untuk belajar tentang budaya lewat cara yang asyik. 😀
Jelajah Indonesia yuk.
Nah, Galeri Indonesia Kaya memiliki jadwal-jadwal event yang keren-keren. Saya akan membagikan jadwal event untuk bulan Oktober 2015. Untuk lebih lengkapnya, silahkan cek langsung ke website Galeri Indonesia Kaya
.  Semua acara ini TIDAK DIPUNGUT BIAYA alias GRATIS. Jadi tunggu apalagi? Segera datang ke Galeri Indonesia Kaya.
Sabtu 17 Oktober Pukul 15.00 WIB  
Hello Happy Hour : “Youth Movement” oleh Lekat & Matthew Sayerz
Minggu 18 Oktober Pukul 15.00 WIB
Tentang Perempuan oleh Mesty Ariotedjo bersama Andreas Andrianto, Fortebright Orchestra, dan Children in Harmony
Sabtu 24 Oktober Pukul 15.00 WIB 
Indonesian Songbook oleh Shadow Puppets dan Harvey Malaihollo

Minggu 25 Oktober Pukul 15.00 WIB 

Stand Up Comedy : Tawa Indonesia oleh Joshua Suherman dan Tretan Muslim

pintu masuk Galeri Indonesia Kaya

 

auditorium untuk 150 orang

 

ruang pamer barang-barang budaya Indonesia sumber : galeri Indonesia Kaya

ditulis di Kantor Kak Agus

23:58 WIB Kamis 15 Oktober 2015
gara-gara lihat foto-foto kegiatan Dee minggu lalu.

You may also like

4 Comments

  1. Iya mas, salah satu tempat keren yang bisa dijadikan salah satu tempat bagus untuk belajar tentang Indonesia, selain SMESCO. 😀
    Salam kenal ya mas. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *