Ada Apa di Kings Day?

Happy Kings Day! Setiap tanggal 27 April, diperingati sebagai Koningsday atau Kings Day. Menurut saya ini adalah tambahan hari libur di musim semi. Satu negara merayakan ulang tahun Raja. Dan kegiatan ini sudah berlangsung sejak tahun 1885.

Sejarah Kings Day

Jadi muncul pertanyaan lagi. “Apakah raja dan ratunya ulang tahun di tanggal yg sama terus?”. Nah ternyata setelah saya cari informasinya, acara ini awalnya bernama Koninginnedag atau Queen Day. Dibuat pertama kali oleh Queen Wilhelmina pada tanggal 31 Agustus. Namun kemudian diteruskan oleh Queen Juliana yang berulang tahun pada tanggal 30 April. Akhirnya selama itu pula 30 April terus bertahan di tanggal itu, hingga akhirnya tahta dipegang oleh Queen Beatrix.

Karena Queen Beatrix menghormati ibunya, Queen Juliana, beliau tetap memperingati Queen Day setiap tanggal 30 April. Padahal ulang tahun Queen Beatrix itu tanggal 30 Januari. Tapi karena pada bulan April, musim semi sangat cocok untuk mengadakan festival. Jadilah pada saat Queen Beatrix memegang tahta, Queen Day tetap pada tanggal 30 April.

Pada tahun 2013, tahta pun berpindah tangan ke anak Queen Beatrix, yaitu King Willem Alexander. Dan ketika tahta berganti ke King Willem, negara merayakannya pada tanggal 27 April sesuai dengan tanggal lahir sang raja dan sepertinya akan tetap seperti itu. Karena anak dari raja, Princess Catharina Amalia saat ini ulang tahun pada musim dingin dan gak mungkin ngadain festival di saat musim dingin.

Sedih sih orang ngerayain ulang tahun tapi bukan tanggalnya. Kalau kata orang Indonesia sih namanya kualat. Wkwk.

Ngapain di Kings Day?

jalanan yang padat

Pasti banyak orang yang bertanya-tanya, kalau merayakan ulang tahun Raja, apa aja sih yang seru. Paling cuman makan kue aja atau minum beer air putih sampe puas. Dan menurut saya ada beberapa hal-hal seru yang gak bisa kalian lewatkan saat menghadiri acara Kings Day.

Melihat raja dan ratu di kota penyelenggara

Setiap tahunnya Raja akan datang melawat ke kota-kota di Belanda. Kebetulan tahun ini beliau dan keluarga merayakannya di Groningen. Jadi biasanya kota tersebut akan ramai dengan informasi-informasi sejarah tentang Kings Day. Misalnya saja di kaca-kaca bioskop, kita akan menemukan foto-foto yang ditempel sebagai informasi.

Selain itu kita mendapatkan kesempatan untuk melihat Raja dan Ratu dari dekat. Sayangnya kemarin saya gak sempat melihat mereka, terlalu ramai.. Hahah.

Flea Market atau Pasar Barang Bekas

Nah, kalau ini adalah hal yang paling ditunggu-tunggu. Biasanya di acara seperti ini orang-orang mengeluarkan benda-benda yang gak dipakai dan dijual di pasar ini. Pasar yang diadakan sekali setahun ini banyak juga didominasi oleh anak-anak. Karena peraturannya adalah jika ingin membali mainan baru, harus menggunakan uang mereka sendiri dari mainan yang sudah tak mereka inginkan.

Jadilah pasar ini menjual mainan anak-anak dengan harga murah. Bisa dimulai dari 10 sen. Selain itu juga banyak alat elektronik maupun pajangan-pajangan yang dijual dengan harga 1 euro.

flea market

Family fun Day

Nah, bagi orang tua yang membawa anaknya bisa diajak ke taman-taman terdekat. Biasanya ada permainan yang disediakan oleh pihak penyelenggara.

Party!

Nah, inilah bagian yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat Belanda. Setelah raja selesai memberikan pidato, biasanya orang-orang akan mulai minum beer air putih. Jadi jangan heran kalau banyak sekali orang yang sempoyongan dan berbicara gak jelas saat malam hari. Selain itu di kota penyelanggara juga memberikan panggung musik yang biasanya dimulai pada malam hari.

Hampir semua spot toko-toko buka dan mempunyai selebrasi kecil-kecilan. Saya sampai agak bingung, kok semuanya pada senang ya, padahal gak dapat kue ulang tahun. haha.

Wrap up?

Kalau ingin datang ke Kings Day saya sarankan melihat peta jalanan dulu. Karena kemarin kami banyak terjebak di jalanan yang dilarang untuk dimasuki karena sudah sangat padat. Biasanya jalanan ditutup pada pukul 12.00 saat Raja memberikan pidato kepada masyarakat.

Pakai baju atau atribut berwarna orange agar semakin semarak. Siapin bekal sendiri, kalau beli di toko-toko biasanya antri panjaaaaaang banget. Jadi kalau bawa bekal sendiri gak kaget liat antrian panjang.

ditulis di Beringhem

8:58 CET, Sunday, 29 April 2018

persiapan memasuki masa exam. wish me luck!

sambil dengar lagu Diatas Meja – Payung Teduh

You may also like

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.