Apa Itu Local Guides dari Google?

Apa itu Local Guides?

Pasti banyak dari kita yang sudah mengetahui mengenai Local Guides dari Google. Saya secara tidak sengaja mencoba aplikasi ini karena sudah terhubung dengan Google Maps. Local Guides merupakan sebuah platform sharing para users dengan Google untuk mengimprovisasi peta atau informasi sebuah tempat. Pengguna Google Maps langsung tersambung dengan Local Guides.

Setelah saya mengganti HP saya menjadi lebih tinggi spesifikasinya, saya mulai menjadi Local Guides yang aktif. Tak terlalu rumit untuk menjadi Local Guides, saya hanya mengaktifkan GPS di HP dan menggunakan Google Maps. Setelah itu pilih bagian My Contributions di menu sebelah kiri layar HP. Disana ada pilihan untuk memasukkan informasi sebuah tempat yang telah kita kunjungi. Kamu bisa memilih untuk menjadi Local Guides atau tidak. Karena saya anaknya suka sama hal-hal baru, akhirnya saya pun menjadi Local Guides. Kalau dari benefit yang saya lihat, ada beberapa keutungan jika menjadi bagian dari Local Guides, yaitu :

  • Bertemu dengan Local Guides di kota kamu. Saat ini di Indonesia sudah banyak komunitas Local Guides yang tersebar di beberapa daerah
  • Kamu bisa ikut kegiatan-kegiatan Google atau Hangouts di daerah kamu
  • Membuat Meet-Up dengan Local Guides di kota kamu
  • Berpartisipasi dalam Local Guides Summit di Bulan September 2017
  • Mendapatkan voucher dari produk yang bekerjasama dengan Local Guides, seperti Gojek misalnya.

Nah selama saya menjadi Local Guides saya bisa ikut berpartisipasi aktif untuk membantu pengguna Google Maps jika membutuhkan informasi sebuah tempat. Misalnya saja saya telah pergi ke sebuah hotel di Jakarta, saya bisa membuat review singkat tentang tersebut. dimana review tersebut bisa dibaca dan dilihat oleh orang sebagai bahan pertimbangan mereka ketika mengunjungi tempat tersebut. Biasanya saya memberikan poin-poin penting saja, tak terlalu mendetail. Hehe.

 

Tapi saya merasakan dengan adanya Local Guide ini bisa memberikan referensi yang seimbang dari pengunjung tempat tersebut. Jika saya datang ke sebuah restoran, saya terbiasa membaca komentar-komentar orang tentang tempat tersebut. sebenarnya selain Local Guides, ada beberapa platform sharing juga seperti ini tapi menargetkan tempat-tempat wisata atau tempat menginap seperti Tripadvisor atau Qraved. Bedanya, Local Guides bisa mereview tempat-tempat yang bukan tempat wisata. Misalnya saja, saya bisa mereview sebuah Toko Bunga, Sekolah, bahkan bisa mereview pelayanan sebuah Kantor Kedinasan. Jadi review ini bukan hanya sekedar tempat-tempat makan atau tempat menginap. Review ini bisa digunakan oleh calon pengunjung ketika akan mendatangi tempat tersebut.

Selain itu Local Guides juga bisa mengedit sebuah tempat. Misalnya saja sebuah restoran yang baru dibuka atau ditutup secara permanen. Sehingga memudahkan calon pengunjung jika mereka akan datang ke tempat tersebut. Menarik bukan? Saya sudah melakukan review lebih dari 106 tempat dan memberikan keterangan tempat menggunakan foto. Semakin banyak kontribusi kamu, semakin banyak poin yang bisa dikumpulkan.

Keuntungan Menjadi Local Guides

salah satu keuntungan menjadi Local Guides

Nah poin-poin ini memiliki level. Setiap level dengan poin tertentu bisa mendapatkan keuntungan. Berikut ini adalah keuntungan yang bisa didapatkan oleh seorang Local Guides yang saya ambil dari lama Local Guides secara langsung.

Level 1: 0+ points

  • Get the inside scoop with our monthly newsletter (mendapatkan newsletter bulanan)
  • Join Google-hosted workshops and Hangouts (bergabung dengan Google workshops dan juga Hangouts )
  • In select countries, enter into exclusive contests for Local Guides (Bisa mengikuti kontes eksklusif untuk Local Guides)
  • Join the conversation at Local Guides Connect (bisa bergabung dengan Local Guides Connect)

Level 2: 5+ points

  • Get early access to new Google products and features (mendapatkan akses pertama untuk produk Google dan fitur)
  • Promote your own meet-ups on the Local Guides calendar (Mempromosikan meet-up di dalam Local Guides kalender)

Level 3: 50+ points

  • Get noticed with your Local Guides badge in Google Maps (mendapatkan badge Local Guide di Google Maps)
  • Be eligible to receive promotion of unofficial communities (bisa mendapatkan promosi dari komunitas unofficial seperti GoJek)

Level 4: 200+ points

  • Be eligible to be featured on our official online channels: Google+, Facebook, Twitter, and more (bisa menjadi tokoh yang ditampilkan pada Online Channels di Google+, Facebook, dan Twitter)

Level 5: 500+ points

  • Eligible for Trusted Testing opportunities — access Google products and features before they are made public (Bisa mencicipi kesempatan untuk mencoba produk Google sebelum dilempar ke publik)
  • Apply to attend our Local Guides Level 5 summit (berhak mengikuti Local Guides Level 5 summit)

Nah, di Local Guides kita bisa berkenalan dengan banyak orang yang berkontribusi dalam mengimprovisasi Google Maps. Perkenalan ini bisa menambah jejaring pertemanan kamu bukan hanya di dunia maya tapi di dunia nyata.

Saat ini saya merasa Local Guides sangat bagus digunakan di kota-kota besar, karena banyak tempat yang bisa direview. Selain itu sudah banyak Local Guide yang bisa diajak untuk bertemu antara sesama pemandu lokal. Serunya kalian bisa membuat sebuah kegiatan yang mengakrabkan diri. Sudah banyak komunitas Local Guides saat ini yang tersebar di kota-kota berikut, antara lain : Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Surabaya, Bali, Semarang, Yogyakarta, Medan, Balikpapan, Makassar, Palembang, Batu dan lain sebagainya.

Selain itu kerjasama produk dengan Local Guides juga membuat bergabung dalam Local Guides semakin menarik. Misalnya saja kerjasama dengan Gojek, bagi Local Guides yang sudah mencapai level 4 dan level 5 bisa mendapatkan Voucher Gojek sebesar 100K dan 150K. Lumayan banget kan? J Tapi sayangnya kerjasama seperti ini masih terbatas di kota-kota besar saja. Tidak semua kota bisa mendapatkan kerjasama produk seperti ini. Tapi semoga kedepannya akan ada program bagi Local Guides yang berada di daerah.

Bagaimana cara berkontribusi dalam Local Guides?

kontribusi di dalam Google Maps

Kamu bisa memulai dengan memiliki akun Gmail – kemudian membuka Google Maps – Pilih menu di sebelah kiri layar – Pilih menu Your Contribution – Mulai berkontribusi

Kalian bisa memulai dengan tempat-tempat terdekat dari posisi kalian saat ini. Kalian hanya perlu mengambil sebuah gambar kemudian tuliskan review tentang tempat tersebut. Saya menyarankan menggunakan Bahasa Inggris agar bisa lebih banyak orang yang membaca review kamu. Berikan informasi singkat namun komprehensif. Misalnya review hotel seperti : this place is very cozy and feel like at home. I love the service. The staff is very nice. The breakfast is good. Love to come here again.

Informasi seperti itu bisa digunakan para calon pengunjung tempat tersebut untuk mengetahui tempat tersebut. Jadi usahakan berikan informasi yang baik dan benar agar calon pengunjung bisa menilai dengan akurat.

Bagaimana cara agar bisa mencapai level tertentu?

Untuk mencapai level tertentu, kamu harus mengumpulkan poin-poin dengan memberikan review atau menjawab pertanyaan tentang sebuah tempat. Untuk mencapai level 4, saya menghabiskan waktu selama 4 bulan. untuk mencapai level 1 kamu harus mengumpulkan 0 poin, level 2 mengumpulkan 5 poin, level 3 mengumpulkan 50 poin, level 4 mengumpulkan 200 poin dan level 500 poin.

Jadi mulai sekarang selalu foto tempat kamu singgah atau kantor atau apapun untuk terus mendapatkan poinnya dan mencapai level 5.

Ditulis di ISKINDO

sambil denger lagu Sheila on 7 – Lapang Dada

23:27 WIB 11 April 2017

 

 

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *