Bagaimana Cara Urus Subsidi Rumah di Belanda?

Tulisan ini saya bikin untuk membantu teman-teman yang ingin mengajukan subsidi rumah (rent subsidy) atau biasa disebut dalam bahasa Belanda Toeslag. Ada beberapa syarat agar tempat tinggal kita bisa mendapatkan subsidi dari pemerintah. Apalagi untuk mahasiswa seperti kita, toeslag ini ada untuk kita yang pendapatan kurang dari 22.000 euro pertahun.

Syarat Penerima Toeslag

Ada beberapa syarat untuk terdaftar sebagai penerima subsidi :

  1. umur harus diatas 18 tahun
  2. tinggal di dalam akomodasi yang self-contained (terdiri dari dapur dan kamar mandi di dalam kamar) ataupun non-self-contained dengan design yang individual. Biasanya pemberitahuan tentang kamar bisa diajukan subsidi tersedia di saat pencarian opsi kamar. Kalau di Idealis adalah tulisannya “rent subsidy is possible” artinya kamar kamu bisa diajukan subsidi
  3. harus terdaftar di Municipality sesuai dengan kontrak tempat tinggal
  4. akan tinggal di tempat tersebut lebih dari 3 bulan
  5. punya residence permit
  6. pendapatan harus sesuai dengan pagu. lihat website untuk penjelasan lebih lengkap
  7. harga tempat tinggal tidak boleh terlalu tinggi. harga basic rent mulai dari 223 euro hingga 414 euro (untuk range usia 18-22 tahun). sedangkan untuk orang yang berusia 23 keatas basic rent yang diperbolehkan adalah 223 euro dan 710 euro. Jadi lihat juga harga rumah kalian. Apakah sesuai atau tidak
  8. pendapatan per tahun tidak boleh diatas 22.000 euro

Make a Calculation

Bagi kalian yang merasa telah memenuhi syarat-syarat yang diatas bisa ngecek di dalam website  www.belastingdienst.nl untuk membuat kalkulasi seberapa banyak subsidi yang bisa kalian dapatkan.

Apa saja yang dibutuhkan?

Untuk mengajukan toeslag dibutuhkan beberapa hal yaitu :

  • DigiID (DigiID biasanya diberikan saat tahun pertama kuliah. kalian bisa cek melalui website ini https://www.digid.nl/)
  • BSN Number
  • nomor paspor
  • nomor bank atau biasa disebut dengan IBAN
  • kontrak tempat tinggal yang berisi basic rent

Step by Step Mengajukan Toeslag

Dulunya teman-teman mengajarkan untuk mengajukan melalui HousingDeskWageningen, tapi sekarang mahal banget. Dulu cuman 20 euro sekali urus, sekarang 50 euro untuk sekali ngurus. Karena itu kak Lalu ngasih tau cara untuk mengurus rent subsidy yang paling murah. hehe

  1. buka www.toeslagen.nl
  2. masuk dengan menggunakan DigiID kalian
  3. setelah masuk ke dalam halaman utama mijn.toeslag, kalian bisa pilih opsi “huurtoeslag“. Setelah itu jangan lupa klik kanan mouse kalian dan translate ke bahasa inggris. hahah. 
  4. dari sana kita akan masuk ke dalam tabel yang harus diisi dengan data-data kita. Isi tanggal masuk di dalam rumah. nomor BSN kalian dan juga nomor rekening bank Dutch kalian.
  5. Jika kalian tinggal berdua di dalam kamar tersebut, kalian bisa masukkan juga nomor BSN partner kalian. Ada pilihannya yang harus dipilih nanti. Klik Continue
  6. Setelah itu akan form yang lagi yang harus diisi informasi tentang partner dan juga income yang kalian dapatkan berdua dalam setahun.


 
setelah itu kita akan diminta untuk overview kembali form yang telah kita isi. Jika sudah sesuai dengan data pribadi, kita diminta untuk klik agree.

Jika sudah diproses, kita akan diminta menunggu hingga 3 bulan. Ada dua kemungkinan dalam mengajukan toeslag ini, kemungkinan bisa ditolak dan juga kemungkinan bisa juga diterima.

Pelajaran yang paling penting dalam mengurus Toeslag

  1. kalau pindah rumah langsung urus di municipality, karena tanggal masuk rumah itu sangat menentukan kapan kalian mendapatkan rent subsidy
  2. jangan sampai salah dalam mengartikan basic rent dan service cost, karena kalau ternyata request toeslag kalian diterima, bisa-bisa dianggap sebagai fraud
  3. uang yang diterima jangan dibelanjakan, karena itu adalah uang darurat yang ada kemungkinan bisa diambil kembali oleh pemerintah jika ternyata di kemudian hari kita dianggap tak layak mendapatkan toeslag

Setelah memasukkan informasi di dalam wesbite, kita akan mendapatkan surat yang meminta kita untuk menelpon kantor tax. Kita akan menelpon kantor tax dan menentukan tanggal kapan ketemuan.

Setelah menentukan tanggal ketemuan di kantor pajak, kita akan diminta untuk membawa dokumen-dokumen seperti :

  1. kontrak
  2. detail service kosten
  3. verblijfsten
  4. bsn
  5. rekening number
  6. paspor

Semoga lancar urusan dalam mengurus toeslagnya. dan semoga tulisan ini bermanfaat. 🙂

Update

Setelah mengirimkan aplikasi melalui website, saya akhirnya mendapatkan surat di alamat yang saya tuliskan di dalam aplikasi. Surat itu mengatakan bahwa saya harus datang ke kantor pajak di Utrecht dengan membawa dokumen yang telah saya submit.

Pengalaman Mengurus ke Kantoor Utrecht

Karena kereta terlambat lima menit dari jadwal yang seharusnya, membuat saya ketar ketir. Awalnya saya diperkirakan tiba pukul 13.53. saya cukup punya waktu 7 menit untuk mencari, karena menurut Google, saya hanya butuh 6 menit untuk tiba di kantoor Utrecht. Tapi karena kereta terlambat dan saya tiba pukul 13.57 membuat saya berlari2 mengikuti Google Maps.

Tapi saya juga bertanya kepada petugas kereta yang cukup ramah. Awalnya ia menjelaskan menggunakan bahasa Belanda namun saya membalasnya menggunakan bhasa Inggris. Ia pun mengatakan, “masuk ke dalam mall, kemudian belok kanan, ikuti saja jalan hingga keluar mall. Setelah itu ikuti arah jalur kereta api,” ujarnya dalam bahasa inggris.

Setelah itu saya mengikuti apa yang dibilang sama Bapak tersebut. Saya berlari2 kecil menghindari keterlambatan. Karena bagi kebanyakan orang Belanda, mereka tak bisa tolerir keterlambatan walaupun hanya 1 menit. Saya pun bisa menemukan bangunan dengan tulisan belangtiedenst di depannya. Saya segera masuk. Nafas sudah terengah2 karena berlari. Setibanya di meja resepsionis, mereka meminta kartu identitas dan memberikan nomor antrian. “Hanya 5 menit terlambat, mereka akan menolerirnya”. Memang kereta sedang bermasalah hari ini.

Saya masuk ke dalam sebuah aula yang dipenuhi kursi2 kayu. Nomor antrian E501 tiba2 dipanggil. Di meja 1. Seorang ibu2 berambut pirang sudah menunggu. “Goede middag, apakah saya berbicara dengan Atrasina Adlina?”, tanyanya sopan. Saya mengiyakan. Ia pun meminta kontrak yang telah ditandatangani dua belah pihak. Setelah menyodorkan kontrak, saya pun memberikan list service kosten dan menceritakan service kosten yang berbeda dari sebelumnya. Katanya itu tak bermasalah asalkan ada listnya.

Ia juga meminta list rekening pembayar selama dua bulan yang telah dicap oleh bank ABN AMRO. Tak lupa ia meminta izin untuk memfotocopy semua dokumen. Selang beberapa menit ia kembali dan menyerahkan semua dokumen. “Kami akan memprosesnya dan memberikan informasi setelah 3 minggu. Di dalam surat akan kami beritahu apakah subsidi anda diterima atau ditolak,” ujarnya.

Jadi setelah saya submit, pihak pajak yang akan memutuskan dan mengabari prosesnya melalui surat. Bismillah. Semoga hasilnya bisa baik. Aamin ya rabbal alamin.

ditulis di Beringhem

23:55 CET, Friday, 22 June 2018

sambil denger lagu Tulus

You may also like

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.