be extraordinary entrepreneur

Mungkin kata entrepreneur sudah tak asing ditelinga kita sebagai mahasiswa. Banyak program Universitas Hasanuddin yang mendukung mahasiswa untuk menjadi entrepreneur. Misalnya saja dengan program mahasiswa entrepreneur yang mulai dijalankan sejak tahun 2008.
Banyak contoh mahasiswa yang sudah menjadi entrepreneur. Mulai dari usaha cetak spanduk digital, laundry, jasa pengetikan, pembuatan desain baju, dan lain-lain. Hal ini bisa menjadi tolak ukur kemandirian mahasiswa sebagai entrepreneur muda.
Ketika mahasiswa sudah bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain maka dapat dipastikan pengangguran bisa dikurangi. Faktanya pengangguran masih banyak di Indonesia ini. Dengan menjadi entrepreneur maka jobless bisa dikurangi.
Itulah yang latar belakang yang diusung sebagai tema di Diklat Dasar Koperasi Mahasiswa ke 34. Talkshow dengan Johan Syah (pemiliki RM Sabili) dan Asri Tadda (pemiliki sekolah blogging Asta Media) sungguh menarik.
Pembicaraan mengenai sejarah mereka menjadi seorang entrepreneur ketika masih mahasiswa. Sosok Johan yang memiliki latar belakang orang yang kurang mampu menjadikannya kreatif. Mencoba usaha jualan nasi goreng dari nol hingga menjadi usaha yang besar adalah cerita yang sangat inspiratif. Dia memiliki pemikiran yang berbeda tentang nasi goreng di sekitar Unhas. Dia merasa nasgor disini masih kurang enak dibanding nasgor Jawa. Karena itulah dia mencoba meracik bumbu nasgor dengan belajar dari tempat kelahirannya. Untuk modal, dia menggunakan proposal dan mengajak dekan, dosen bahkan gubernur untuk membantu usahanya.
Beda lagi ceritanya suksesnya dengan Asri Tadda. Alumnus Fakultas Kedokteran Unhas ini awalnya iseng mengikuti Unit Usaha Mandiri pada tahun 2008. Awalnya dia menang seleksi di tingkat wilayah dan akhirnya keluar sebagai pemenang di Jakarta sebagai juara 2. Usahanya adalah blog advertising dan masih terus berjalan hingga saat ini. Asta Media adalah perusahaannya yang bergerak dalam bidang sekolah blogging. Pemilik café Blogger ini juga masih terus berusaha mengembangkan usahanya sampai keluar daerah seperti Jakarta, Batam, dan daerah lain.
Ada tips dari mereka untuk mencoba menjadi entrepreneur muda, check this out!!
1.       Berfikirlah atau ciptakan masalah. Karena biasanya ide bisnis bisa tercipta karena ada masalah. Misalnya ketika ada kemacetan di pintu 1 buatlah usaha penjualan air minum atau rokok. hha
2.       Setelah dapat ide, lihat ide yang paling anda sukai atau minati. Ide tersebut bisa sesuai dengan minat, hobi atau bakat anda.
3.       Jajaki ide itu, apakah ada nilai di pasaran. Misalnya usaha penyewaan pendakian gunung untuk mahasiswa.
4.       Diskusikan dengan orang yang experience dengan bidang tersebut.
5.       Dan berfikirlah kreatif agar konsumen pertama tidak bosan.
Tambahan dari gue.
 jadi ide itu menjadi titik awal. Bacalah banyak buku, diskusi dengan banyak orang, karena ide berada dimana-mana ketika kau bisa membacanya.
Keep spirit!!

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *