Berkontribusi Pada Lingkungan Dengan Cara Sederhana

Ada beberapa cara kecil yang bisa kita lakukan selama “numpang” tinggal di Bumi. Sebuah planet yang semakin tua dan renta. Kebiasaan lama yang mengurangi umur bumi bisa kita lakukan untuk mendukung proses peremajaannya kembali. Hal-hal kecil yang saya kemukakan disini adalah beberapa cara yang saya lakukan selama ini untuk berkontribusi pada lingkungan. Ga usah yang berat-berat, hal-hal ringan dalam kehidupan sehari-hari. Kan lama-lama menjadi bukit… 😀
1. Gunting rambut anda menjadi lebih pendek. Kenapa saya sarankan hal ini? Karena rambut yang lebih panjang akan membutuhkan shampoo yang lebih banyak dan air yang lebih banyak pula untuk mencucinya. Karena itu, potong rambut anda agar bisa mengurangi penggunaan air. 
2. Bawa botol air minum sendiri. Pasti kalian udah tau kenapa saya sarankan ini? Karena setiap kali kamu membeli air minum kemasan yang harganya 500 rupiah, tapi punya dampak besar pada 50 tahun kemudian. Plastik ga bisa di daur ulang oleh tanah dalam waktu singkat. Butuh waktu puluhan tahun untuk bisa hancur dengan sempurna. 
3. Tolak kantong plastik yang diberikan penjual atau apapun. Walaupun kamu dianggap FREAK atau aneh sekalipun. Bilang aja mau diet plastik. Kebanyakan penjual akan maksa kita bawa plastik karena kasian kalau bawa-bawa barang banyak. Makanya saya selalu sediakan tas besar kemanapun. Sebuah cara sederhana untuk menghilangkan sampah. 
4. Jalan kaki ke kampus atau naik sepeda. Mungkin banyak yang bilang, “coba rumah aku deket, pasti aku juga jalan kaki,” atau “Buru-buru ke kampus ni, ga mungkin jalan kaki,” atau alasan apapun yang biasanya selalu terlontar setiap kali kita mau berbuat baik. Makanya selalu perhatikan waktu, kalau kamu punya kuliah jam 7.30 WITA, kamu harus bangun lebih awal. Atau jalan kakinya dipercepat. Biasakan hidup sehat, karena tubuh butuh olahraga setiap hari. 

5. Kurangi mandi berlebihan. Biasanya ada orang yang mandi sampe 2 kali. Kalau dalam kasus saya, saya lebih baik mandi pagi dan tidak memilih mandi sore. Karena saya butuh kesegaran pada pagi hari ketika sudah beraktifitas. Sedangkan ketika sore hari, saya hanya mengganti baju saja dan mencuci muka. Hal ini saya mengurangi penggunaan air.
6. Kurangi penggunaan air berlebihan ketika mandi. Banyak orang yang tidak sadar dalam menggunakan air ketika mandi. Mereka menganggap bahwa mereka sudah membayar untuk menggunakan air sepuasnya. Padahal anggapan seperti itu akan merugikan diri mereka sendiri di suatu saat nanti. Dalam kasus saya, saya membiasakan mengguyur tubuh dengan 3 kali gayung. Kemudian dilanjutkan dengan shampooan, tanpa membilasnya terlebih dulu, saya langsung memakaikan sabun ke seluruh tubuh dan juga cuci muka. Jadi ketika membilas langsung satu kali guyur saja. Simple kan?? Sila liat video di bawah ini, pas saya selalu nginep di Identitas, dan kehabisan air, saya selalu melakukan cara di bawah ini.. (HAHAH.. curhat.. )
7. Ketika cuci baju, gunakan pembilas satu kali. Keliatannya saya ngiklan banget, tapi sebenarnya hal ini bisa mengurangi penggunaan air yang berlebihan. Karena ketika mencuci baju, terkadang sabun belum hilang dari baju, kita akan terus menambahkan air. Padahal penggunaan air bisa kita reduksi dengan pemberian pembilas pakaian satu kali. Mudah kan? Atau gunakan air hujan untuk mencuci, jadi ga usah gunakan air ledeng untuk menghemat air.

Mencuci baju di tengah guyuran hujan. 😀

8. Matikan handphone ketika dicharge. Hal ini akan membuat handphone lebih cepat terisi dan baterai tidak cepat lemah. Jadi, penggunaan listrik bisa lebih hemat dan bahan bakar fosil yang digunakan untuk menciptakan listrik tidak cepat habis. 
9. Jangan sering mengganti baju. Dalam kasus saya, biasanya saya menjemur baju yang sudah saya gunakan. Jadi, tiga hari kemudian baju yang sudah dijemur akan saya gunakan lagi. 
Terkesan jorok, tapi itu hal yang bisa saya lakukan bagi bumi. Jangan tanyakan apa yang sudah orang lain lakukan untuk bumi, tapi apa yang bisa KAMU lakukan untuk bumi.. 😀
Tulisan ini hadir ketika saya sedang mandi dan ditulis di kampus
23 Oktober 2013 

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *