Cara Daftar Pemilu 2019 Indonesia di Belanda

Setiap 4 tahun sekali, Indonesia merayakan pesta demokrasi. Tinggal di luar negeri bukan berarti melupakan negara tercinta. Jika kalian warga Indonesia yang bertempat tinggal di Belanda saat Pemilihan Umum berlangsung? Jangan lupa daftarkan diri kalian di https://www.pplndenhaag.org/pendaftaran/pendaftaran-online/.

Pemungutan suara di luar negeri dijadwalkan dimulai lebih dulu yaitu pada tanggal 8 – 14 April 2019. Lebih awal dibandingkan dengan pemungutan suara di Indonesia. Hal ini dikarenakan KPU mengambil kebijakan untuk pemungutan suara di LN itu early voting atau pemilihan lebih awal. Kalau di LN itu diberikan kesempatan pada 8-14 April 2019, tapi penghitungannya (hasil pemungutan suara) tetap sama, yakni tanggal 17 April 2019.

Berikut ini adalah alur panitia pemilihan umum luar negeri.

Metode Pemungutan Suara di Luar Negeri

Dari informasi yang saya himpun di internet, ada beberapa metode untuk pengumpulan suara di luar negeri. Pertama, pemilih luar negeri mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS). TPS ini akan dibuka di kantor kedutaan RI di Den Haag. Kedua, kotak suara keliling yang akan mendatangi pemilih pada jam tertentu. Ketiga melakukan pemungutan suara dengan menggunakan pos.

Alur Pendaftaran Peserta Pemilu

Merunut pada website resmi Panitia Pemilihan Luar Negeri Pemilu 2019 di Belanda (https://www.pplndenhaag.org/pendaftaran/) , ada dua pilihan yang bisa dilakukan oleh WNI yang berada di Belanda, yaitu melalui pos dan online.

Pendaftaran Melalui Pos

WNI yang sudah tinggal lama di Belanda, dianjurkan melihat namanya dulu melalui link berikut ini  https://www.pplndenhaag.org/pendaftaran/daftar-wni-di-belanda/ . Jika tidak ada nama anda, silakan mengisi formuli online melalui link ini https://www.pplndenhaag.org/pendaftaran/pendaftaran-online/

Sedangkan bagi yang ada namanya di dalam list pemilih, nantinya WNI akan mendapatkan surat pendaftaran dari PPLN Den Haag yang akan dikirimkan ke alamat yang tercatat. Adapun WNI yang datanya tercatat di KBRI Den Haag adalah WNI yang pernah membuat dan memperpanjang paspor di KBRI Den Haag serta WNI yang telah melaporkan diri pada saat kedatangannya di Belanda.

Pendaftaran Online

Pendaftaran online pada website PPLN akan disediakan bagi WNI yang datanya belum tercatat di KBRI Den Haag. Silakan mengisi form pendaftaran ini. Dalam melakukan pendaftaran online, peserta akan diminta memasukkan lembar awal paspor atau verblijft (kartu tinggal) di Belanda. Selain itu informasi pribadi mulai dari alamat di Belanda, tempat tanggal lahir, kota lahir, dan beberapa informasi lainnya.

Pendaftaran akan berakhir pada tanggal 16 Mei 2018, segeralah isi biodata diri anda di dalam link yang telah saya sebutkan. Setelah kita mendaftarkan diri via online, kita akan mendapatkan email yang menandakan bahwa diri kita telah terdaftar di dalam sistem.

 

Mari berdemokrasi!

 

ditulis di Forum C0766

13:47 CET Senin, 14 Mei 2018

sambil mengisi Belbin Test

Pendaftaran

You may also like

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.