Cara Kirim Barang dari Belanda Melalui Pulang Kampung

Setiap kali selesai studi, seringkali mahasiswa kelabakan barang-barang kenangan yang ingin dibawa pulang. Keterbatasan bagasi dari maskapai penerbangan, membuat mahasiswa mencari alternatif lainnya. Salah satunya menggunakan jasa pengiriman via laut. Ada beberapa jasa pengiriman dari Belanda ke Indonesia, salah satunya Pulang Kampung.

Jasa Pengiriman Barang dari Belanda

Tulisan ini merupakan resume dari sebuah postingan di Facebook PPI Wageningen. Karena grupnya tertutup, jadinya saya tulis di dalam blog agar sebagai pengingat bagi saya nantinya dan juga teman-teman yang membutuhkan ketika akan pulang ke Indonesia.

Setiap tahunnya, mahasiswa seringkali ingin mengirimkan barangnya melalui jasa pengiriman melalui laut. Karena apa? Karena lebih murah dibandingkan harus beli bagasi di ariport kalau ternyata bagasinya kelebihan. Padahal banyak benda-benda yang sarat kenangan. Ataupun buku-buku yang sudah dibeli selama tinggal di luar negeri. Atau juga alat-alat masak yang sudah dikumpulin selama tinggal di Belanda. Banyak kenangan yang ingin ikut dibawa pergi ke Indonesia.

Nah, sebenarnya ada beberapa jasa pengiriman barang yang digunakan oleh teman-teman di Wageningen selama ini, yaitu : Pulang Kampung atau disingkat PK dan Holindo. Menurut informasi, PK memiliki gudang di Jerman, sedangkan Holindo di Belanda.

laman pulangkampung.eu

Kenapa Pulang Kampung?

Kalau lihat dari informasi yang teman-teman berikan, banyak yang memilih untuk menggunakan jasa pengiriman via Pulang Kampung. Ada beberapa hal yang membuat teman-teman merekomendasikan untuk memilih Pulang Kampung, yaitu :

  1. lebih murah untuk biaya kirim ke Indonesia. Beberapa teman bilang kalau harga pengiriman barang melalui PK lebih murah dibandingkan jasa pengiriman lainnya. Salah seorang teman memberikan contoh harga dua kardus gede cuman €48.50 untuk Jerman – Bandung.
  2. kalau dapat maskapai balik ke Indonesia gak pake Garuda Indonesia, PK menyediakan paket untuk kirim sepeda kamu dengan selamat ke Indonesia. Seperti yang sudah kita ketahui, Garuda Indonesia memberikan free bagage untuk bagasi alat-alat kesehatan salah satunya sepeda. Jadi kalau gak pake GI, yaa bisa pake PK ini untuk bawa sepeda kesayangan kamu.
  3. kalau bagasi yang mau dikirim ke Indonesia terkumpul secara kolektif (min 150 liter) kalian dikenakan charge penjemputan yang lumayan murah (Pick Up Cost). Contoh, PickUp cost paket M (max. 60 liter) dikenakan 6€/box dan paket di atas 60 liter dikenakan sesuai volumenya. kalau mau barangnya dijemput di Wageningen, ada tarifnya dan berat minimal 0.15 m3 atau ukuran box 2XL atau max total weight 37kg per 1 titik penjemputan. Just info, tarif PostNL ke gudangnya pulangkampung.eu di Gronau Jerman sekitar 50euro untuk berat max 30kg. Mayan mahal. So, mending barangnya dijemput aja.
  4. waktu kirimnya 8-10 minggu setelah kapal berangkat. Jadi kalau butuh dokumen atau barangnya buru-buru, mendingan jangan pake Pulang Kampung. Minimal banget barang-barang kalian sudah dipick up 2 bulan sebelum keberangkatan kalian. Jadi pas nyampe di Indonesia barangnya juga udah sampe hehe.
  5. informasi di dalam websitenya sangat lengkap. Jadi teman-teman dengan mudah bisa menemukan segala informasi untuk pengiriman barang ke Indonesia. Websitenya menyertakan harga, cara kirim barang, bahkan cara pengurusan surat-surat.
  6. adminnya sangat responsif. kalau liat dari pengalaman teman-teman, admin di PK ini sangat responsif menjawab segala pertanyaan tentang pengiriman barang ke Indonesia. Hal ini juga sangat memudahkan teman-teman yang ingin mengirimkan barangnya.  kalau mau tanya soal administrasi bisa ke : administrasi(at)pulangkampung(dot)eu. kalau mau tanya soal kondisi barang bisa ke : info(at)pulangkampung(dot)eu

Cara Kirim Barang

Saya belum pernah kirim barang ke Indonesia melalui PulangKampung, karena itulah untuk bagian ini, saya akan mengambilnya dari website PulangKampung secara langsung.

  1. isi formulir melalui link berikut ini http://pulangkampung.eu/media/formulir-pendaftaran.xls sesuai dengan info yang diminta untuk mendapatkan nomor dan rincian harganya, lalu kirimkan kembali formulir pendaftarannya (tetap dalam format excel, bukan pdf) kepada kami ke emailorder(at)pulangkampung(dot)eu
  2. Jangan lupa untuk mencatat daftar barang Anda sebelum dikepak, lalu dicantumkan di kolom Daftar Barang pada formulir pendaftaran. Misalnya box tersebut berisi buku, tuliskan buku, panci dan lain sebagainya. Isi kolom ukuran karton/boks/koper sesuai dengan ukuran dimensinya dalam satuan centimeter, begitupula isi kolom perkiraan beratnya dalam satuan kilogram.
  3. Gunakan karton yang sesuai dengan permintaan PulangKampung agar memudahkan penghitungan biaya. Saya cantumkan harga beserta dimensi karton yang bisa digunakan dibawah tulisan ini.
  4. Setelah mendapatkan konfirmasi Nomor Kode karton/boks/koper dari kami, tuliskan Nomor Kode tersebut pada setiap sisi karton/boks/koper dengan ukuran tulisan yang besar agar terbaca (bisa ditulis dengan menggunakan spidol atau di-print-out). Tulis atau tempelkan keterangan Nama Penerima, Alamat Lengkap Penerima, dan Nomor Handphone Penerima pada karton/boks/kopernya (cukup pada satu sisi atau dua sisi luar karton/boks/koper).
  5. Jangan lupa untuk membungkus paket dengan plastik. Bungkus karton/boks/koper dengan jenis dan warna plastik apa saja, asalkan kuat dan tidak menutupi keterangan Info Penerima karton/boks/koper dan Nomor Kode karton/boks/koper. Khusus karton/boks/koper berisi Pecah Belah diharuskan double-packaging, sedangkan karton/boks/koper berisi Pecah Belah tujuan Luar Pulau Jawa diharuskan triple-packaging.

Agar lebih jelas, bisa masuk ke website PulangKampung tentang prosedur pengiriman barang disini.

Berapa Biayanya?

biaya kirim menggunakan PulangKampung dihitung berdasarkan berat dan dimensi kardus. Jadi harus diperhatikan ya dimensi yang diperbolehkan untuk dikirimkan. Untuk Harga pengiriman barang lebih jelas bisa dilihat disini

Tips untuk Kirim Barang?

Ada beberapa tips dari teman-teman yang saya kumpulkan mengenai pengiriman barang menggunakan PulangKampung, yaitu :

  1. bungkus kardus menggunakan plastik, kalau tidak dibungkus dengan plastik nanti bisa kena charge pembungkusan plastik 3 euro di gudang PulangKampung. Untuk plastic wraping bisa dibeli di Action atau Gamma, kalau gak mau ribet, bungkus aja dengan plastik sampah yang gede dan warna hitam. Karena pihak PulangKampung gak masalah dengan plastik warna apapun, asalkan paket dibungkus plastik.
  2. kalau banyak orang, lebih baik minta pihak PulangKampung untuk menjemput barang di housing kalian. Koordinir teman kalian untuk sama-sama mengirimkan barang pada waktu yang sama, sehingga pick up costnya bisa diminimalisir.
  3. untuk kardus yang sesuai dengan dimensi dan kuat bisa ditemukan di Action terdekat. Kalau dari pihak PK, mereka minta kardus yang kuat dari IKEA, IKEA, Suriname, Umzugskarton, dan sejenisnya yang kuat dan tahan.
  4. Hubungi pihak PulangKampung sebulan sebelum pengiriman, karena biasanya ada kuota yang diberlakukan oleh pihak PulangKampung. Kalian bisa cek jadwal keberangkatan PK melalui link ini. atau bisa tanyakan langsung ke admin pihak PK

Semoga catatan kecil ini bisa saya gunakan ketika pulang tahun depan. Aamin ya rabbal alamin. 🙂

 

ditulis di Beringhem

13:21 CET Sunday, 3 June 2018

Sambil denger murotal

You may also like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.