Cara Klaim Tax Free di Schipol

Klaim Tax Free di Belanda cukup mudah bagi para turis non-EU. Bagaimana step by step yang harus dilakukan dan diperhatikan? Saya akan menjelaskan sedikit cara mengklaim tax refund di Bandara Schipol, Belanda. Saya belum tahu cara tax refund di negara lain. Jadi ini berdasarkan pengalaman saya membantu teman yang datang ke Belanda dan ingin mengklaim tax refund. Setiap barang bisa kena bebas pajak hingga 13.75%, lumayan banget kan.. πŸ™‚

Roermond, Surga Belanja

Ada beberapa toko barang branded di Belanda yang menjadi incaran orang Indonesia. Karena itu pembelanjaan di Belanda bisa mencapai ratusan euro. Buat para turis yang belanja sampai mencapai puluhan atau ratusan euro ada baiknya melakukan Tax Refund. Oia, kalau mau titip beberapa barang di Roermond, bisa temui saya di @belanjadibelanda ya.

Banyak sekali toko-toko barang branded yang menawarkan harga Factory Outlet dibandingkan harga toko asli. Kalian bisa lihat beberapa brand yang ada di kawasan belanja Roermond di link ini. Biasanya harga bisa diskon hingga 40% per item. Jadi jangan heran jika banyak turis Indonesia yang kalap ketika datang ke tempat ini.

Tata Cara Belanja di Roermond

Beberapa toko bekerjasama dengan pihak tax refund yang berbeda. Ada yang bekerjasama dengan Premier Tax Free seperti toko Fossil atau yang bekerjasama dengan Global Blue seperti Furla atau Sketcher. Nah ini yang perlu diperhatikan bagi para turis ketika berbelanja di Roermond.

  1. Jangan lupa minta struk belanja dan minta tax free jika belanja diatas 50 euro. Saran saya jika belanja harus dalam satu struk yang sama. Jangan dipisah-pisah ke dalam struk yang berbeda. Karena nanti ketika pembayaran tax refund, pihak tax refund akan memotong uang per struk belanja.
  2. Perhatikan struk belanja, apakah sudah di stempel oleh pihak toko atau tidak. Karena tanpa stempel dan tanda tangan kasir, kita tidak akan bisa melakukan tax refund di airport nantinya.
  3. Simpan semua struk dan tax free yang kalian dapatkan. Saran saya ambil gambar struk belanja, karena nantinya struk akan diambil oleh pihak tax refund di Schipol. Jadi untuk amannya, kalian ambil gambar struk terlebih dahulu.

Yang disiapkan untuk Tax Refund di Schipol

Sebelum melakukan tax refund ada baiknya sudah mempersiapkan beberapa hal dibawah ini :

  1. Print boarding pass atau tiket pesawat yang akan kalian naiki.

  2. Paspor

  3. Struk belanja dan struk tax free yang telah diisi dengan biodata kalian

  4. Barang-barang yang kalian beli (kadang mereka melakukan random checks)

Tata Cara Tax Refund di Schipol

Setibanya di Schipol, kalian bisa langsung menuju meja Tax Free Validation yang terletak di bagian Arrival 3. Di samping meja check-in 29 dan 30. Jika check-in Anda di Arrival 1 atau 2, saya sarankan untuk mengkonfirmasi lokasi Tax Free Validation terlebih dahulu sebelum berjalan ke Departure Hall 3.

 

Tax Free Validation tutup pada pukul 22.00 dan buka kembali pada pukul 06.00 pagi.Β Datang lebih awal, karena biasanya ada antrian panjang di bagian ini. Jadi jangan datang mepet dengan jadwal penerbangan ya. Kadang-kadang, tax free validation ini akan memakan waktu sekitar 1 jam lebih. Itu belum termasuk dengan check in ya. πŸ™‚

  1. Antri di tax free validation dengan membawa semua perlengkapan yang dibutuhkan, yaitu paspor, boarding pass atau tiket pesawat, struk belanja, struk tax free yang telah diisi, dan barang-barang yang kalian beli.
  2. Setelah bertemu dengan petugas pajak, kalian akan diminta untuk menunjukkan semua perlengkapan.
  3. Jika semuanya sudah di cek oleh petugas pajak, mereka akan memberikan stempel merah di struk belanja dan struk tax free. Jika kalian punya banyak struk, pastikan semua struk sudah di stempel oleh pihak pajak (no Customs stamp, no refund!)

Tax Refund dari Global Blue

Setelah itu ada yang harus diperhatikan, jika kalian mempunyai struk belanja dari Global Blue kalian harus datang ke loket Global Blue yang terletak tak jauh dari tax free validation. Struk belanja dan struk pajak akan diperiksa oleh petugas. Kalian akan mengantri lagi disini. Konter ini buka dari pukul 8.00 hingga 19.30 CET ya..

Petugas Global Blue akan meminta dokumen yang telah disahkan oleh pihak pajak. Saya sarankan untuk mengambil uang secara tunai. Setiap satu struk akan diminta 4 euro sebagai kompensasi melalui tunai. Jika kalian ingin dibayarkan refund melalui kartu kredit akan memakan waktu hingga 1 bulan lebih. Kalau butuh cepat, lebih baik minta pajak dengan uang tunai.

Tax Refund dari Premier Tax Free

Jika kalian mempunyai struk belanja dari Premier Tax Free, kalian harus menuju ke meja GWK Travelex. Ada dua meja GWK Travelex, satu di dekat loket Global Blue, ada juga di lantai satu dekat dengan ABN Amro. Disana kalian akan diminta paspor dan dokumen yang telah diberikan stamps oleh petugas pajak. Konter ini buka dari jam 9.00 – 17.00 CET.

Sama seperti Global Blue, saya menyarankan untuk meminta uang tunai saja. Mereka akan meminta 5 euro per struk. Lebih mahal 1 euro dibandingkan dengan Global Blue. Karena itu saya sangat menyarankan untuk belanja di satu struk besar dibandingkan harus dibagi ke dalam struk kecil. Karena berapapun nilai pajak yang akan dikembalikan, mereka akan memotong 5 euro per struk.

Penutup

Semoga membantu dalam meminta pajak di Schipol ya. Buat yang punya verblifj atau izin tinggal tidak akan bisa untuk meminta tax refund karena dianggap harus membayar pajak di negara ini sama dengan warga negara disini. Hehe.

ditulis di Bennekom

13:47 AM Wednesday, 28 November 2018

 

 

You may also like

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.