Cara Mendaftar Asuransi Pasangan di Belanda

Di Belanda, setiap orang wajib memiliki asuransi kesehatan. Selama ini setiap mahasiswa asing yang datang pasti akan didaftarkan asuransi oleh pihak universitas.Tapi tidak dengan pasangan mahasiswa asing yang datang ke Belanda. Jadi setiap pasangan diwajibkan untuk mendaftar sendiri ke pihak asuransi.

AON insurance

Ketika datang ke Wageningen University, saya sudah didaftarkan oleh pihak universitas. Mereka memilih AON insurance for student sebagai partner asuransi setiap mahasiswa di Wageningen University.

Ketika saya mendaftar, saya hanya perlu membawa formulir pendaftaran dan juga BSN number. Semua formulir diserahkan melalui online. Tak lama saya mendapatkan nomor polis asuransi di kotak email.

Setiap hari saya diwajibkan membayar 1.99 euro sebagai asuransi selama saya di Wageningen. Asuransi dibayarkan selama dua tahun langsung.

Apa saja yang dicover oleh asuransi AON?

Selama setahun tinggal di Wageningen, saya sudah berobat sebanyak 5 kali. Pengobatan saya lakukan karena penyakit kulit yang saya derita selama musim dingin. Saya bolak balik ke dokter umum sebanyak 4 kali selama 2 bulan dan setiap kali dari dokter selalu dapat obat. Di kali ke empat saya dapat antibiotik minum tapi penyakit kulit saya gak sembuh. Setiap kali beli obat,bisa merogoh kocek sampai 70 euro! Metong!

Akhirnya si dokter merujuk saya ke dokter spesialis kulit. Saya diperiksa sebentar di Ziekenhuis Ede, kemudian dirontgen bagian kulit. Dan si spesialis menuliskan resep untuk obat oles. Setelah pengobatan selama dua minggu, luka saya kering. Dan total biaya yang saya keluarkan untuk pengobatan hampir 300 euro!

Semua uang yang saya bayarkan untuk obat, saya minta reimburse ke AON. Saya hanya tinggal menyerahkan bukti pembayaran melalui website di Claims Website . Nanti mereka akan memproses pembayarandan taraaa uang kalian akan masuk ke akun bank Belanda kalian.

Selain kesehatan, AON insurance juga mencover biaya kehilangan, kecelakaan, dan juga emergency situation. Misalnya nih, kalian beli hp di Belanda, terus hpnya ilang, bisa tuh minta claims ke AON. Yaa walaupun diganti gak sesuai dengan HP nya sih, tapi lumayan dapat sedikit uang penghibur. Ak belum pernah urus ini, tapi ada mekanismenya kok. Kalian bisa tanyakan ke bagian service center.

AON insurance bagi pasangan

Nah untuk asuransi bagi pasangan AON menyediakan juga nih. Harganya?? Sama aja dengan si student. 1.99 euro per day. Bisa dibayarkan setiap bulan, per enam bulan,per tahun atau langsung sekaligus (at once).

Saya akan menjelaskan step by step yang saya lakukan ketika mendaftarkan asuransi suami.

Pertama-tama saya mencoba menanyakan melalui email service ke AON, berikut ini adalah jawaban dari pihak AON untuk asuransi pasangan.

Berdasarkan email, saya diminta untuk melakukan pendaftaran online di websitw AON. www.aonstudentinsurance.com

Kemudian pilih tombol “advise me and get a quote”. Setelah itu kita akan diminta untuk mengisi formulir online yang tersedia di website tersebut.

Isi kolom kosong sesuai data yang benar. Di bagian ini harus sangat hati-hati, jika ada data yang salah,akan sulit untuk memverifikasi di kemudian hari. Isi juga bagian student pasangan yang sudah memiliki asuransi AON sebelumnya.

Saya memilih pembayaran setiap bulan. Agak berat juga kalau harus membayar biaya asuransi selama setahun. 656 euro per tahun.๐Ÿ˜‚ Lumayan juga..

Saya menggunakan opsi Direct Debit, sehingga saya tak perlu ribet dengan urusan pembayaran melalui transfer. Hehe.

Setelah itu kita akan diperlihatkan kembali data yang telah kita masukkan di lama Verify Request. Periksa dengan baik data-data yang telah kita masukkan.

Setelah proses verifikasi selesai, kita akan masuk ke laman pertanyaan lanjutan tentang kondisi kesehatan kalian.

Setelah kalian jawab, kita masuk ke laman pengesahan. Dimana disini kita diminta untuk mengesahkan permintaan untuk pengajuan asuransi bagi pasangan.

Setelah mengesahkan dokumen secara online. Kita akan melihat laman Confirmation. Kita diminta untuk menunggu selama 4 hari. Pihak AON akan memberikan notifikasi melalui email ke pemohon (dalam hal ini si pasangan).

Emang butuh banget ya asuransi di Belanda?

Di Belanda, biaya pengobatan sangattttt mahal. Jadi dengan adanya asuransi bisa sangat terbantu kalau ternyata harus masuk RS.

Soalnya banyak banget yang cerita tentang manfaat asuransi. Ada yang cerita tiba-tiba pingsan dan langsung dibawa ambulans. Tiba-tiba dapat tagihan di rekening bank๐Ÿ˜…. Atau yang tiba-tiba sakit gigi dan melihat tagihan sekitar 350 euro. Kan lumayan tuh kalau harus bayar segitu sendiri. Mending langsung bayar asuransi aja. Heheh.

Doakan ya semoga gak kenapa-kenapa selama di Belanda. Aamin ya rabbal alamin.

Ditulis di Bennekom

9:57 PM Monday 15 October 2018

Sehabis nonton film Searching. Kereeen banget.

You may also like

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.