Cimaja, Surga Peselancar di Ujung Selatan Sukabumi

Berbicara soal selancar, Bali merupakan salah satu top destinasi para peselancar dunia. Tapi tahukah kamu bahwa selain Bali ada beberapa tempat yang juga memiliki ombak untuk berselancar. Salah satunya adalah Cimaja yang terletak di ujung selatan Sukabumi. Sebuah desa yang terletak di Kecamatan Cisolok, Sukabumi ini sudah terkenal di kalangan peselancar internasional. Lokasinya yang tak terlalu jauh dari Jakarta, sekitar 120 km, membuat banyak peselancar dari ibukota menjadikan Cimaja destinasi teratas.

Jalanan yang dilalui untuk menuju Cimaja juga tak terlalu rusak. Sehingga memudahkan peselancar untuk mengunjungi Cimaja.

Jika di hari libur, banyak peselancar yang datang kesini untuk ‘mengendarai’ papan surfingnya. Tak heran jika tempat ini juga didaulat sebagai tempat pelaksanaan kompetisi surfing internasional. Jadi banyak warga dari negara lain yang ikut mencicipi ombak disini. Ketika kami datang, ada beberapa turis yang membawa papan surfing dan melakukan pemanasan. Karena kebetulan sedang ada kompetisi internasional Ripcurl Grom Search diadakan di Cimaja. Sehingga beberapa lokasi surfing disana dipenuhi oleh para peselancar.

Ombak disini cocok untuk para pemula seperti saya. Walaupun memang ombak yang kemarin saya temui sekitar 4 – 7 meter. Bagi pemula, tidak disarankan untuk mencoba surfing sendirian. Selain itu ada papan surfing khusus yang bisa dipinjam dari tempat penyewaan. Ada tempat penyewaan papan surfing di Cimaja yang kemarin kami coba. Namanya AWS Pantai Sunset, kalian bisa menghubungi Andri. Papan khusus ini memang didesain untuk para pemula, sehingga bisa lebih mudah mengendarai ombak.

Jika datang sendirian kesini, kalian bisa mencoba mencari pelatih lokal. Saya banyak bertemu anak-anak kecil yang berumur 12 tahun dan sangat mahir menaiki ombak. Anak-anak ini dikoordinir oleh satu pelatih yang biasanya nanti akan mengikuti kegiatan-kegiatan internasional. Wah, masa depan Indonesia di dalam bidang selancar bakalan cerah nih.

ini lucu sih. hahaha
Ara sama anak-anak yang bisa surfing

Ada beberapa lokasi surfing yang bisa dicicipi di daerah tersebut yaitu Pantai Cimaja, Pantai Karang Aji, Pantai Cikembang, Pantai Karang Sari, Pantai Loji, Pantai Sunset dan Pantai Samudra. Untuk pemula bisa pergi ke Pantai Cikembang. Karena disini bentuk pantainya landai dan ombak cenderung lebih bersahabat.

Jika ingin meminjam papan surfing, kalian bisa hubungi Andri 085210365659. Tapi selain di AWS, ada beberapa tempat penyewaan papan surfing lainnya. Oia, ada tips sebelum meminjam papan surfing di tempat penyewaan yang harus diperhatikan :

  1. Pastikan papan surf dalam kondisi oke, dalam artian tidak ada patahan.
  2. Periksa leg rope (tali kaki) apakah terpasang sempurna. Kalau leg rope rusak takutnya papannya nanti hilang. Hehe.
  3. Pilih tinggi papan surfing yang lebih tinggi dari ukuran badan kamu. Kemudian lebarnya juga seimbang dengan badan kamu.
  4. Cari papan untuk pemula yaitu papan jenis softboard yang terbuat dari foam yang sangat ringan sehingga mempunyai kelebihan dalam hal mengapung (buoyant) dan mempermudah bagi pemula untuk mendapat ombak.

Selain surfing, kalian bisa dapat bonus matahari terbit dan terbenam di Cimaja yang sangat ciamik. Warna langit yang berwarna kemerahan dipadu dengan biru muda. Yakin gak mau coba surfing disini? Pasti tergoda deh.. J

sunrise di Cimaja

Ditulis di DFW Indonesia

19:59 WIB 23 Mei 2017

Sambil denger lagu Jiyuu e no Shoutai

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *