diklat ONE STAR SCUBA DIVER

kamis, 16 juli 2009

kemarin guw nginep di Identitas,,so guw ude prepare untuk ke pulau Barrang Lompo dari kemarin. sumpah, guw deg-degan bgdh. mulai hari ini guw bakalan ikut Pelatihan n Pendidikan Selam One Star Scuba Diver. takut. nervous. seneng. bahagia. semua bercampur jadi satu. pko’a jadi rujak perasaan deh.
setelah semua siap, guw berangkat ke Selam dulu. disana guw prepare alat-alat yang mau dibawa. guw juga mulai latihan angkat tabung. turun-naik tangga untuk bawa tabung yang berat. hhikz. tapi ini baru permulaan. kayaknya guw bakalan dapet yang lebiuh dari ni di pulau. hhe
setelah angkat semua barang n kebutuhan hidup ke angkot, kita berangkat ke kayu bangkoa. guw masih ikutan angkat-angkat tabung ke kapal. hemmmm… badan ude mulai ‘terasa‘..
di kapal guw nyoba tidur, cuz takud disana kurang tidur. hhe
***adlien tidur***
jam 12.34 WITA
kapal merapat ke dermaga baru P.Barrang Lompo. guw angkat tabung lagi.(kyaknya hari ini diisi dengan angkat tabung dh). nyampe di asrama langsung siap-siap makan. bize makan ganti baju. kita mulai dengan pemanasan dengan cara lari-lari siang. trus peregangan otot-otot. trus dibagi kelompok. guw kebagian kelompok 4. bareng ama Anto kopasuss, muchmin, n hendra. trus di bawa ke kelas untuk buat perjanjian dengan asisten n panitia. baru deh angkat tabung n peralatn ke dermaga lama. kita mulai SCUBA!! yippi!!
di dermaga dapet arahan dari asisten. guw dikawal oleh kak Wawan. diajarin apa-apa yang akan dilakukan di bawah air. mulai dari Mask Clearing, Lepas pemberat, Fins Pivot, Neutral Bouyancy, Regulator Recovery, n Buddy Breathing. guw semakin gag sabar untuk turun.hhe
tapi, sebelum turun ada pemanasan dulu di air. yaitu berenang sampe pelampung yang nun juah ditengah laut. hhikz.
setelah selese berenang-renang akhirnya siap-siap turun. kita set alat SCUBA. kita gag pake teknik entry untuk masuk ke air, cuz lagi surut. so lempar tabung ke bawah deh. yang pertama turun hendra n muchmin. so, guw ama Anto bermain-main di air dulu alias Water trap n lakukan apa yang disuruh oleh asisten. mulai dari Tuck dive, Duck dive, Up-nea, dll.
setelah bosan menunggu, akhirnya tiba juga giliran guw untuk turun. setelah set alat, guw ama Anto turun ke bawah. di bawah kita lakukan apa yang diminta ma Kak Wawan. untung guw udeh equalisasi, jadi gag sakit kuping. dibawah guw banyak melakukan gerakan-gerakan yang aneh. neutral gag bisa, fins pivot kacau, dll. ampe kak wawan cari tempat baru untuk latihan, cuz tempat yang pertama seudah terlalu keruh karena pasir. hhe.
sesudah turun, kita naik n bersih-bersih dh. peralatan OK!! semua lengkap,,langsung dicuci dengan air tawar. mandi deh.
abies mandi, kita makan malam dengan ikan. hmmmm…. terasa enak semua yang masuk ke perut.hhe. trus evaluasi deh. hha. yang ini
secret ya!!msa mau guw ceritain disini??hhe
tidur jam 9.00 WITA…….
***adlien tidur***
–end of 1
st day–

Juma’t, 17 juli 2009
huwaaaaa…bangun jam 5, tapi karena balum ada aktifitas so guw tidur lagi. dan bangun jam 6. kita langsung lari-lari pagi. trus pemanasan seperti biasa deh. tapi sekrang ada yang beda. yaitu senam tabung!!! sumpah, bukan senam namanya tapi penyiksaan. tabung yang udah keisi diangkat-angkat!! imagine that!! guw udeh kewalahan abies,,nyaris ajj jatuh. hhe. habis itu makan pagi deh. n langsung SCUBA lagi. hha.
di dermaga kita turun untuk berenag lagi,,,tapi pagi ini kita dapat spesial!!
ubur-ubur nemenin kita selama berenang. hhikz. badan guw gatel-gatel karena disengat ma ubur-ubur. abies tu kita SCUBA lagi dh. masih sama kayak kemarin. guw masih agak ancur untuk seorang diver. hhe. setelah SCUBA kita fins swimming n masih ditemanin oleh ubur-ubur!! hha. semua pada teriak-teriak cuz disengat terus. hha
gokil. guw c malah asik memperhatikan karang-karang yang indah tapi hancur oleh ulah tangan manusia. hhikz
naik ke atas untuk makan n bersihkan diri.
jam 13.20 WITA
nyebur lagi. hha. tapi,,sekarang bukan kak wawan yang bawa kelompok guw. Kak Ronbid yang bawa!! guw takut n langsung deg-degan. ikz. apa yang guw takutkan terjadi juga!!!
di bawah guw gagal melakukan semua yang disuruhkan!! gaswad…guw panik setengah mati., cuz tabung yang guw pake udah mo abis, n ngebuat tabung jadi melayang n susah dikendalikan!! tamat deh guw!!
setelah makan n bersih-berish alat n mandi,,kita evaluasi!!
di evaluasin kali ini guw ngerasa tertampar pak! kak ronbid bener-bener ngerasa guw gag layak jdi diver. ikz. guw dibilang bner-bener ancur. ikz. menyedihkan iaa??
***adlien tidur***

–end of 2nd day–

Sabtu, 18 Juli 2009
pagi-pagi guw telat bangun. guw bangun ketika yang lain udah lari-lari. jdi, guw cuma ikut pemanasan ajj. yang yang pasti senam tabung!! tapi kali ini lebih parah. cuz yang jadi contohnya adalah kak ronbid!! mulai dari lari-lari bawa tabung, angkat tabung, jongkok tabung, puter-puter tabung. iikz… gokil kan??
makan trus siap-siap turun untuk ujian LPT deh!! yang jdi tim penilai kelompk guw adalah kakek Palin. mulai dari berenang, fins swimming, tuck dive, duck dive, mask clearing, upnea, teknik entry. huah… n ditutup dengan fins swimming lagi dh. tapi, kali ini kita fins swimming ampe karang tengah,. so, guw puas liat-liat karang dh. hhe.
makan, trus tidur bentar. kak Uchink udah datang!!
huwaaaa… guw makin deg-degan..
final test begin——-
ujian dimulai dengan set alat SCUBA dengan hitungan waktu 2 menit. alhamdulillah guw bisa masang dengan baik dan benar. hhe. trus cara pakai alat deh. alhamdulillah lagi. guw bisa!!padahal belum pernah coba lho!!
n yang terakhir adalah ujian SCUBA di bawah air. yang turun bareng guw tuh, Anto Samin, Anto Kopasuss, Kak Edwin, Kak Cuttang, Muchmin. dibwah kita lakukan Regulator Recovery, Mask Clearing, Fins Pivot, Neutral Bouyancy, Buddy Breathing, n Rolling .. argggghhhh. guw gag bisa muter. alhasil guw jadi kecoa terbalik di dalam air. hha. gokil banget!! setelah itu kita naik deh. guw ngerasa lega karena berhasil melakukan yang terbaik!!
tapi,,guw gag bisa senang-senang dulu..masih ada ujian materi untuk lulus. tapi, setelah guw liat soalnya, guw langsung yakin bisa cuz udah guw pelajarin dengan baik dan benar tuh PAP. hhe.
gag boleh tidur!!!
*** adlien tidak tidur***
hhikz. disuruh kumpul di ruang kuliah ampe jam 3-an..cuz kita disruh nemuin kak Uchink tetang kelulusan kita. guw malah ngobrol-ngornrol ma kakek niswar n kakek palin. hha
jam 4.00 masih menunggu. n akhirnya giliran guw
yang nemuin guw tuh kak ronbid, guw disruh ulang Tuck Dive n Duck Dive alias nyebur sekarang!!!
what the????

msa nyebur jam segni?? yang bener ajj, tapi demi kelulusan guw tetap ikutin instruksi dari panitia. hhikz. so guw nyebur dh pagi-pagi. setelah selesai, guw mandi deh,,,
hha
selsei…
jam 6 disuruh kumpul untuk foto-foto,,n kita semua
dibwa ke dermaga untuk foto-foto.,…
perasaan guw ude gag enak ajj..
tnyta diumumkan kelulusan diklat.
yang jdi peserta terbaik kak Edwin. bise tu dia disuruh menceburkan diri dh. hha
trus kita semua disuruh posisi Back Roll,,n kata Kak Uching,bagi yang tidak lulus alias namanya tidak disebut tidak usah menceburkan diri. guw deg-degan mampus.
tapi, ternyata yang guw denger adalah
“semua’a lulus, jadi ceburkan diri semua!!”

hha. kita jadi water trap lagi dh, pdahal udah mandi n pake baju rapi. iikz. tapi guw tetap senang! cuz akhirnya guw lulus. guw jdi ngerasa ini “bukan akhir,,tapi ini sebuah awal!!”

–akhirnya, selesai juga diklat One Star SCUBA Diver–

thanks to :
Allah SWT, my mother, teman-teman Kla 08 n kakak-kakak di Kelautan, teman-teman magang n kakak-kakak Identitas untuk supportnya…hhe

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *