Flip, Aplikasi Gratis Biaya Transfer antar Bank

Sering kesel gak dengan biaya admin antar bank yang nominalnya lumayan? 6.500 boook, bisa beli nasi uduk dan tempe itu mah. Apalagi kalau ngirimnya ke berbeda bank dan rutin. Bisa-bisa habis ratusan ribu kalau gitu terus. Nah, kali ini saya mau memperkenalkan aplikasi milik anak bangsa yang kece beudh.

Flip namanya. Seperti apa sih cara kerja Flip?

Flip, Apps Gratis Kirim Antar Bank

Cukup lama saya baru kenal dengan apps ini setelah saya merasa rugi kenapa selalu ada biaya admin sebesar 6500 kalau mau kirim uang. Pertama kali kenal Flip pas dulu dikenalin sama Mas Heri tahun 2016. Mas Heri menjawab keresahan saya dengan mengenalkan aplikasi ini.

“Ini loh dhie, kalau kamu pakai ini, biaya transfer antar bank bakalan jadi 0,” ujar mas Heri antusias. “Kamu tinggal download, upload KTP dan tunggu diverifikasi,” tambahnya.

Cukup mudah, bukan?

Tapi setelah Flip dimarahi oleh pihak Bank Indonesia dan sempat ditutup (baca berita lengkap disini), Flip menambah cara untuk memverifikasi pengguna. Pengguna akan didatangi oleh staff Flip dan akan diverifikasi secara langsung serta menunjukkan KTP.

Sepertinya pembuatan akun Flip saat ini sudah lebih mudah. Kita tinggal mendownload aplikasi Flip di smartphone. Ketik “Flip Transfer” di Google Play, dan kita akan melihat logo Flip berwarna orange. Install deh.

Cara Penggunaan Flip

Setelah kita mendownload aplikasi Flip, kita hanya perlu mengisi data diri. Dan Flip pun bisa digunakan. Ada 3 penggunaan Flip yang bisa dirasakan manfaatnya oleh pengguna, yaitu Kirim Uang, Beli Pulsa, dan Isi Paket Data. Sedangkan opsi lainnya adalah Buat Refund.

Jika ingin mengirim uang ke beda bank, user bisa memilih ikon Kirim Uang yang ada disebelah kiri. Setelah itu klik ikon. Yang harus diingat adalah Flip punya waktu layanan yang terbatas yaitu dari jam 8 pagi hingga jam 6 sore untuk hari Senin-Jumat. Sedangkan Sabtu dari jam 8 pagi hingga jam 1.30 siang. Hari Minggu tidak beroperasi. Jadi harus diperhatikan jika ingin mengirim dalam keadaan darurat.

  1. Mengisi rekening yang biasa user gunakan. Ada 8 pilihan rekening yang bisa dipilih yaitu BNI/BNI Syariah, Mandiri, BCA, BRI, Bank Syariah Mandiri, Muamalat, CIMB Niaga, dan BTPN/Jenius/BTPN Wow!.
  2. Masukkan rekening tujuan dengan memilih opsi “Input Baru”. Sama seperti yang diatas, ada 8 pilihan bank yang bisa dikirimkan.
  3. Klik opsi “Cek Nama”. Butuh waktu sekitar 2 menit untuk melakukan pengecekan nama ini. Jika sudah selesai akan muncul nama si penerima di layar.
  4. Metode Transfer. Jika user memilih YA untuk Transfer Prioritas, maka akan ada biaya sebesar 2500 rupiah. Kita akan mendapatkan prioritas transfer sehingga uang kiriman lebih cepat tiba. Jika memilih TIDAK, maka transfer akan memakan waktu proses normal mengikuti antrian. Biasanya sih sekitar 30 menit. Gak beda jauh kok. Jadi lebih baik pilih TIDAK.
  5. Masukkan nominal. Masukkan jumlah nominal yang ingin anda kirimkan.
  6. Beritahu Tujuan. Kita bisa memasukkan alamat email si penerima uang.

Setelah semua bagian selesai, pengguna akan mengklik OK DATA SUDAH BENAR. Lalu kita akan diminta untuk menyelesaikan pembayaran.

Proses Pengiriman melalui Flip

Biasanya ketika mengirim ke Flip kita akan diminta mentransfer sejumlah uang dengan angka unik dibelakang jumlah uang. Misalnya saya mengirim 100.000, kemudian Flip memberikan kode unik 100.029. Jumlah yang harus transfer ke Flip adalah SESUAI DENGAN NOMINAL yang diminta oleh Flip. Hal ini sepertinya untuk memudahkan staff Flip bekerja. Btw, nanti jika kode unik sudah mencapai 10.000, kita bisa melakukan refund kok. 🙂 Jadi gak akan berasa rugi.

Staff Flip akan melakukan proses review jika kita sudah membayar tagihan yang diminta oleh Flip. Cara kerja Flip adalah mengirimkan uang kita ke dalam rekening BNI milik Flip. Kemudian rekening BCA Flip akan mengirimkan uang ke rekening BCA ke si penerima. Jadi kita akan bebas biaya admin transfer.

Karena itu kita gak akan bisa mengirimkan uang ke bank yang sama dengan akun bank yang kita miliki. :). Misalnya saya punya akun BNI dan mau kirim ke sesama BNI, secara otomatis akan ditolak oleh aplikasi Flip.

Keuntungan menggunakan Flip

Seperti yang telah saya sebutkan diatas, jika kita menggunakan Flip, biaya transfer antar bank menjadi sangat mudah dan murah. Selain itu aplikasi ini adalah milik anak bangsa yang dirintis oleh seorang IT bernama Rafi Putra Arriyan. Keren banget gak sih?

Semoga kedepannya semakin banyak aplikasi yang bisa memudahkan manusia. ehehe.

 

ditulis di Beringhem

16:19 PM, Friday, 4 January 2019

sambil denger Al Kahf

6 Tempat Makan Halal di Amsterdam

You may also like

5 Komentar

  1. saya gagal mulu buat aktivasi karena ktp fotonya udah gak jelas hahah, harus pake passport tapi lagi gak bawa riweh uey hahaha

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.