Keseruan GLOW Eindhoven 2017

Eindhoven selalu mengadakan festival lampu atau biasa disebut dengan GLOW Eindhoven. Tahun ini GLOW memiliki tema The Source. Setiap tahunnya mereka mengangkat tema yang berbeda. Misalnya di tahun 2015 mereka mengusung tema “Nature and Architecture” dan pameran cahaya ini berlangsung di pusat kota dan sungai-sungai. Untuk tahun 2016 mereka memilih tema “City and Science”. Sedangkan untuk tahun 2018 masih dirahasiakan.

Perjalanan saya menuju Eindhoven lumayan ada drama, karena tiket kereta group yang saya beli untuk salah satu teman salah ketik. Karena salah ketik nama, ia harus membayar denda sekitar 60 euro. Akhirnya saya pun membantunya membayar 40 euro. Uang saya sampai ludes. Tapi saya mendapatkan pelajaran berarti untuk berhati-hati dalam memesan group ticket.

Saya, Lisa, dan Arif berangkat di saat gelap. Karena memang acara ini dimulai pada pukul 7.30, sehingga kami berinisiatif untuk berangkat sekitar jam 3.30 dari Wageningen. Karena perjalanan ditempuh sekitar 2 jam dari Wageningen untuk tiba di Eindhoven.

Penuh dengan Lampu

Setiap tahun gambar di gereja akan berubah

Glow Eindhoven merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh kota Eindhoven dan disponsori oleh Phillips. Acara tahun ini memperingati Phillips yang sudah berdiri sejak tahun 1870 di kota ini. Acara ini berlangsung dari 8 hingga 15 November di pusat kota Eindhoven. Festival ini gratis untuk dikunjungi bagi semua orang. Karena banyak karya seni tersebar di penjuru kota. Ada beberapa sudut kota Eindhoven yang dihiasi oleh lampu dan cahaya terang. Mulai dari masjid kota, katedral, stadium PSV Eindhoven, mall bahkan rumah bersejarah. Atraksi-atraksi ini membuat kota sangat penuh oleh orang-orang yang penasaran dengan kegiatan ini.

Foto diatas adalah ketika kami berpose di belakang Sint Catharina Kerk, sebuah gereja besar yang terletak di pusat kota. Gereja ini dibangun pada tahun 1867 dan ketika festival ini berlangsung gambar-gambar yang cantik menghiasi dindingnya. Bangunan ini dikategorikan sebagai Neo Gothic Catholic Church dan memiliki dua tower dan rose window.

Stadium PSV Eindhoven Jadi Titik Atraksi

Selain berkeliling kota Eindhoven, stadium kebanggaan PSV Eindhoven pun menjadi salah satu titik atraksi yang paling dinanti. Karena disanalah atraksi dancer dengan lampu-lampu besar disajikan. Untuk masuk kesini dikenakan biaya masuk. Harganya 10 euro bagi non student, sedangkan student mendapatkan harga diskon
Acara ini bisa menjadi salah satu objek wisata jika berkunjung ke Belanda. Tapi harus cari tahu dulu waktunya, karena setiap tahun pelaksanaannya berbeda-beda.

Kenapa stadium PSV Eindhoven menjadi titik atraksi? Karena ada ratusan dancer yang ditambahkan efek lampu membuat tarian menjadi sangat spektakuler. Semua orang memandang ke arah stage dan benar-benar terpukau dengan tarian yang disajikan.

Edisi kedua belas festival seni cahaya internasional GLOW Eindhoven menikmati lebih dari 700.000 pengunjung. Dalam waktu singkat saat malam pembukaan, jalan-jalan kota dipenuhi oleh pengunjung GLOW. Tahun ini khususnya, kami menyambut campuran seniman cahaya internasional dan lokal, masing-masing dan semua orang berfokus pada pengembangan seni dan bakat cahaya, menghasilkan festival seni cahaya serbaguna.

Tips Sebelum ke GLOW Eindhoven

  1. jangan lupa bawa tripod karena banyak pertunjukan yang dilakukan pada malam hari. Membuat kamera sangat rentan dengan goyangan, sehingga membawa tripod bisa menjadi tips yang paling berharga.
  2. bawa bekal sendiri. karena kalau saat festival seperti ini toko-toko akan penuh dan sangat banyak orang yang mengantri.
  3. ikuti rute yang telah disediakan dan jangan sampai melewatkan apapun.

GLOW 2018 Akan Datang

Menurut website, GLOW Eindhoven 2018 akan berlangsung dari 11 hingga 18 November 2018. Sama seperti 12 tahun sebelumnya, semua rute GLOW akan dipublish di website dan membawa Anda melihat lebih dari 30 proyek dari seniman ringan dari seluruh dunia. Rute GLOW dapat diakses secara gratis oleh masyarakat.

 

ditulis di Beringhem

1:39 CET Monday, 30 April 2018

sambil ketagihan dengan lagu cover Luis Graziatto – Despacito

Haunted House
di belakang Gereja Saint Catharina Kerk

 

You may also like

Tinggalkan Balasan