Identifikasi Jenis Mangrove di KKPD Setabu, Sebatik Barat #4

Kali ini gue mau berbagi cerita tentang rencana gue membuat Program Kerja Identifikasi dan Inventarisasi Mangrove di Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KKPD) Setabu, Sebatik Barat, Kalimantan Timur.
Kawang-kawang pasti tau kan kalau Kalimantan adalah surge buat pohon Mangrove? Kalian tau kana pa Mangrove itu? Kayaknya gue ga perlu jelasin lagi deh.. (ceilleee.. )
Gini, di desa tempat gue diinapkan selama sebulan ada sebuah Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KKPD) Setabu. Luasnya seluruhnya adalah 76 ha, kalau ga pake laut jadi Cuma 56 ha. Gede gilaaa kan?? Terus apa yang jadi masalah??
Masalahnya adalah, Sedikitnya data penunjang untuk pendirian KKPD. Jenis mangrove tidak ada, jenis fauna belum diidentifikasi, zonasi plan masih belum jelas. Pokoknya lumayan kacau lah administrasinya. Padahal kalau kalian liat tingkat keanekaragaman jenis disini, pasti bakalan berdecak kagum deh.. 
Di hutan Mangrove ini hidup Bekantan (monyet hidung besar), monyet jenis simpanse, biawak besar, ular, dan burung-burung warna cantik. Jangan lupa dengan kepiting mungil nan cantik berwarna cerah (hijau, biru, merah dan orange). Pasti ga percaya deh?? Tapi gue betulan, banyak kepiting aneh warnanya. Warna biru kawang-kawang… rencanannya mau gue identifikasi.. (ceeillleee)…
Terus untuk jenis mangrove disini ada 8 jenis yang uda berhasil gue identifikasi dengan menggunakan bentuk ujung daun, helaian daun, susunan daun dan akar. Gue ga bisa identifikasi dengan bunga atau buah karena belum bermusim sekarang..
1.       Rhizophora apiculata
2.       Ceriops tagal
3.       Nypa fruticans
4.       Bruguiera cylindrica
5.       Avicennia officinalis
6.       Lumnitzera racemosa
7.       Acrostichum speciosum
8.       Osbornia octodonta
Itu baru sepanjang dermaga aja alias masuk dalam wilayah zona dalam. Belum masuk zona tengah dan zona luar. Nah, karena itulah Mahasiswa KKN Unhas bekerjasama dengan Departemen Kelautan dan Perikanan untuk mengadakan Identifikasi Jenis dan Inventarisasi Mangrove di Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KKPD). 
Wah, bangga banget kalau data survey gue kepake untuk data acuan DKP. Hehehe. :D. tapi gue ga bisa bangga dulu, karena belum mulai. Doain aja ya, gue bisa melakukan survey seperti saat praktek lapang eksplorasi. 😀
dan juga semoga gue gag diculik Bekantan Jantan untuk dijadikan pembantunya.. hikkzzz..

You may also like

2 Comments

  1. jadikan pembantunya..(atau dijadiin permaisurinya)ha.haha., kpn balik k adlin orang di ident menunggumu.

  2. hahaha, jahat bener. masa dijadiin permaisuri, emang satu jenis ya gue sama Bekantan.. hehehe.
    insyaAllah tanggal 4 Agustus. itupun kalau tidak ditunda. hehehe. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *