Melihat Kegiatan Pasar Malam di Sebatik #3

Selasa, 3 Juli 2012
Sebatik Barat, Desa Setabu adalah wilayah kerja gue selama KKN di Pulau Sebatik. Lokasi posko kita tuh enak banget. Ga kerasa kayak KKN, hahaha. Di Rumah Dinas Dokter Rahma, jadi kita tinggal di Perumahan Puskesmas Induk Setabu. Hehehe. Lumayan..
Tapi,, teteup aja, air susah.. harus nunggu ujan untuk dapat air minum atau nyuci beras. Belum lagi kalau lagi air kering, kita harus jalan ke sumur deket sawah untuk mencuci baju. Ala film-film jadul gitu, untungnya gue ga ketemu sama Keong Mas. Hahaha. 
Oia, Gue ditunjuk sebagai Koordinator Kecamatan. Oh yess!! :D. Alin sebagai sekretaris dan Ghea sebagai bendahara. 😀 sedangkan Ifa, dia ga punya jabatan di desa, cuz dia punya jabatan di wilayah. So, singkat kata, kita melakukan observasi dan PeDeKaTe dengan warga disini. Mulai dari belanja di dekat rumah, makan mie ayam di dekat rumah, nyuci di sumur dekat rumah, bahkan ngajar di SD dekat rumah. Hahaha. Jauh kan??
Terus kita juga jalan-jalan observasi ke sekolah-sekolah dan posko anak Univ. Mulawarman Samarinda. Kenal-kelanan gitu. Kan kita wajib silaturahmi. Heheh. Gue, Ghea, Alin dan Ifa masih terus melakukan observasi di Desa Setabu, Sebatik Barat. Pokoknya yang bisa didatangin, datengin aja. Ngajakin rebut, ajakin makan. Hahaha. 
Kita juga ngajar gerak jalan di SDN 006 Mantikas. Alin dan Ifah yang ngajar, cuz mereka uda ngerti soal baris berbaris. Hahaha. 😀
Oia, di Sebatik Barat itu gag ada mall ataupun pasar kayak di Tanah Abang atau di Sentral. Jadi tuh, desanya sepi. Jalanan poros udah bagus, tapi penduduknya kurang. Jadi, agak gimanaaaa gituuu.hehehe. nah, pas denger ada Pasar Malam, kita langsung girang banget.. PASAR MALAM, kawan-kawan.. akhirnya ada juga keramaian di kampung ini. Hahaha. Secara gue lebih suka rame daripada sepi.. 😀
Nah, sebelum kita ke Ps Malam, gue uda punya list apa aja yang bakalan gue searching di Ps Malam itu. Gue rencana mau beli Cakar = Cap Karung, kalau disini disebut Roma = Rombengan Malaysia. Hahaha. So, gue rencana cari baju-baju bekas dan masih layak pakai. Karena gue cuman bawa baju sedikit banget. Kebiasaan cuman nginep 5 hari di pulau, jadi cuman bawa 5 potong baju, hehehe.
Suasana Ps Malam disini ga pake kincir angin, roda maut, ataupun cangkir ajaib.. cuman pasar di pinggir jalan, tapi sumpah, setelah sekian lama, akhirnya gue melihat keramaian juga. Hahah. :D. di pasar malam gue nyari “Roma”. Dapat celana olahraga dan jaket seharga 15 ribu. Modelnya keren dan bermerek pula. Hehehe.

Setelah puas nyari “roma”, gue coba telusur kuliner disini. Dan akhirnya dapat jenis minuman baru,, Jely Milo. Rasanya manis plus kenyel-kenyel.. karena smua jenis jelly yang rasanya macam-macam dicampur dengan milo dingin. Terus ditaburi dengan jagung manis kaleng.. yummmyy. Enak…

Belum lagi,, PANTAT AYAM… yaa,, pantat ayam kawan-kawan.. disini, pantat ayam dijadiin kudapan. Jadi, potongan pantat ayam di tusuk dengan tusuk sate dan dibakar… oohhh noooo… :D. tapi disini jadi kudapan favorit lhooo, sayangnya ayam-ayamnya dibawa dari Tawau.. ckckcck.
Menurut orang-orang disini, harga bahan-bahan lebih murah kalau dibeli di Tawau (Malaysia) daripada dibeli di Nunukan (Indonesia). Inilah kenapa orang-orang di Sebatik lebih memilih belanja di Tawau. Harus lebih diperhatikan lagi keberadaan para warga di Sebatik Barat, supaya mereka ga masuk dalam menjadi kewarganegaraan Malaysia. 
Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Harga Mati!!

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *