Menapak "Dunia" Lain – Cerita dibalik Ujian Skripsi

Pengamatan makroskopik jamur simbion. 😀
Hari ini, ya hari ini. 20 November 2013 pukul 12.30 WITA saya akan dihadapkan dengan dosen yang memiliki kompetensi sesuai dengan apa yang telah saya teliti sejak bulan September 2012 lalu. Saya akan melakukan dialog akademik dengan mereka. Dialog yang sarat dengan pengetahuan mengenai sponge dan mikroba bahkan hal-hal mendasar tentang apa itu fotosintesis, apa fungsi bakteri, apa fungsi antibiotik yang dihasilkan oleh mikroorganisme, atau seperti apa bentuk spons di alam? pertanyaan yang harus bisa saya jawab di dialog akademik.. Bismillah.. 
Tahap ini, fase yang harus dilalui oleh semua mahasiswa di seluruh Indonesia (belum tau kalau S1 di belahan negara lain). Mempertahankan hipotesa yang dilontarkan saat seminar proposal bulan Maret lalu. Setelah ada perbaikan di sana-sini setelah seminar hasil, akhirnya datanglah fase ini.
Saya ingin menceritakan sedikit seluk beluk proses menapaki dunia lain di Fakultas Ilmu Kelautan dan perikanan Universitas Hasanuddin. Awalnya kita harus punya judul skripsi dan dipresentasikan pada dosen yang telah ditunjuk oleh Ketua Jurusan untuk membimbing penelitian. Seminar Proposal namanya dan disini kita mendapatkan kritik di skripsi. Apa yang harus kamu lakukan dengan penelitian ini. Metode apa yang harus kamu gunakan, tinjauan pustaka yang masuk dalam skripsi, seperti apa hasil yang diinginkan, latar belakang dalam melakukan penelitian akan dirombak oleh para dosen tersebut. Saya berhasil melewati tahap ini pada Jumat, 6 Maret 2013 bersama dengan partner penelitian saya Andi Rizka FM. 
Skripsi saya dengan judul “Skrining dan Uji Bioaktivitas Jamur Simbion Spons Clathria sp dan Aplysina sp Sebagai Penghasil Antimikroba” berhasil dipertahankan dan lanjut ke tahap penelitian. Oia, penelitian ini adalah hasil kerjasama antara Universitas Hasanuddin dan Santa Cruz University. Dan penelitian pun dimulai. Ini adalah cerita panjang, kayaknya harus punya satu cerita lagi tentang masa penelitian. Tapi penelitian ini benar-benar seru dan menantang. Banyak variabel yang harus diteliti dan benar-benar kerja di bawah tekanan. 😀
Pembuatan medium agar miring
Akhirnya masuk ke tahap akhir penelitian dan penulisan skripsi dengan baik dan benar. Walaupun banyak terkendala di berbagai skala masalah, alhamdulillah saya masih bisa menyelesaikannnya. Dan ketika penulisan skripsi saya yang benar-benar diselesaikan di akhir waktu, saya pun membahasnya bersama dosen-dosen. Tanggal Jumat, 8 November 2013 jam 14.30 WITA, seminar hasil saya pun dimulai. Disini ditemukan beberapa masalah tapi saya lolos untuk melanjutkan tahap selanjutnya. Masalah yang paling besar ketika berkas untuk ujian skripsi terlambat masuk di Rektorat. Arrghh. Ini adalah sebuah mistake yang besar banget. Saya sempet nge-down dan nge-drop untuk beberapa saat. Putus harapan istilah kerennya. Tapi saya sempat berpikir, jika masih punya status mahasiswa akan lebih baik lagi. Saya masih bisa mengikuti berbagai lomba yang dilaksanakan oleh Unhas dan lainnya. So, saya sudah punya plan B jika ternyata plan A (ujian skripsi) gagal total.
Salah satu jamur yang berhasil saya isolasi
Dan Alhamdulillah, kemarin (Selasa, 19 Nov jam 10.00 Wita) para kasubag akademik mengadakan rapat di rektorat untuk membahas ada atau tidaknya perpanjangan pemasukan berkas wisuda. Berkas saya pun masuk dan ujian skripsi hari ini.. Tadi malam adalah malam panjang, nyebar undangan dan minta tandatangan. So, be prepare for this phase yang harus saya selesaikan siang ini untuk mendapatkan gelar “S.Kel”. UJIAN SKRIPSI. Menapaki Dunia Lain..
Welcome, to the REAL world… 😀

tulisan ini saya buat agar saya tidak lupa (menolak lupa) bagaimana alur yang telah saya lalui selama penelitian hingga mendapatkan kesempatan untuk melakukan ujian skripsi.
Identitas, 20 November 2013
6:18 Wita, Yeeee. Bangun pagiii.. 😀

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *