Mendorong Industri Otomotif dan Rekreasi di Acara IIMS 2015

Mobil Presiden Soekarno

Acara akbar International Indonesia Motor Show (IIMS) 2015 selesai dihelat di JIEXPO Kemayoran. Perhelatan akbar yang dilaksanakan sejak tanggal 20 – 30 Agustus lalu mampu membuat ratusan ribu orang untuk datang kesini. Saya termasuk dalam 359,374 pengunjung yang menghadiri acara ini. Dengan mengusung tema “The Essence Motor Show“, PT Dyandra Promosindo telah berhasil membuat animo pengunjung bukan hanya sekedar membeli mobil, namun juga melakukan ‘piknik’. Kenapa bisa ‘piknik’ di acara ini? 
Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 40.000, pengunjung bisa mengakses seluruh kawasan di dalam Indonesia International Motor Show. Untuk weekend (Jumat-Minggu), tiket masuk naik menjadi Rp. 60.000. Pertama kali masuk ke dalam arena pameran, saya langsung menuju Hall B. Karena menurut peta yang diberikan oleh mbak-mbak di depan pintu masuk, Hall B menjadi salah satu pusat keramaian di IIMS 2015
Memasuki Hall B, saya disuguhi Bat Mobile milik Superhero Legendaris : Batman. Disini pengunjung bisa mengabadikan mobil milik Batman ini. Mobil replika yang berharga 4 miliar menjadi salah satu primadona acara ini. Selain itu ada juga mobil milik RI 1 dari tahun 1964. Cadillac Fleetwood series 75 Limousine lansiran tahun 1964 ini merupakan mobil terakhir yang digunakan Ir. Soekarno di masa akhir jabatannya hingga menjelang wafat pada 1970. 

Bat Mobile milik Batman

Mobil ini dipamerkan bersama Mercedes-Benz 500SEL Limousine W126 1989 dan puluhan mobil antik dan kuno lainnya. Pihak Dyandra bekerjasama dengan Otoblitz Media Synergy, dan Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno (PPMKI) untuk mendapatkan list mobil-mobil keren dengan gaya vintage, classic, sport, youngtimer, retro, modern classic, hingga future classic sport cars milik para kolektor Indonesia dan mancanegara.
Tak hanya Otoblitz yang digandeng oleh Dyandra Promosindo, Museum Transportasi Malang juga ikut hadir di acara ini. Karena itu kita bisa melihat Ford Model T 1915, Dodge 116 1924, Citroen DS Palace 1973 suspensi hidrolik yang sudah sulit ditemukan. Mereka juga memajang sepeda motor klasik seperti MV Agusta 1954 tipe scooter 150 cc. Ini adalah sebuah ajang yang bisa mengenalkan nilai sejarah kepada anak-anak dengan cara seru.

Rolls Royce 1976!

Mobil antik 😀
Selain itu IIMS didukung oleh Movie Cars, jangan heran jika anda melihat mobil yang pernah bermain film pun juga hadir di acara ini. Seorang anak di sebelah saya kegirangan karena melihat mobil milik Batman yang legendaris, Bat Mobile. Kemudian replika mobil Pontiac 1949 bergigi tonggos milik Dono yang pernah dibawa ke kampus pada film “Gengsi Dong” pun dipamerkan di acara ini. Selain itu muscle car type Dodge Charger R/T milik Dominic Toretto dalam dalam film Fast and Furios juga hadir di dalam kegiatan ini. Mobil yang digunakan pada FF 1, 4, 5 dan 7 ini menjadi ikon IIMSyang sangat digemari. 

Mobil Tonggos milik Dono Warkop DKI
Merujuk pada konferensi pers yang diadakan pada bulan Juli lalu, Direktur Dyandra Hendra Noor Saleh, mengatakan acara ini akan dibuat sebagai sarana rekreasi keluarga. Tak ayal, selain memamerkan mobil-mobil keren, mereka pun menyediakan game-game interaktif bagi anak-anak dan pe
ngunjung. Saya pun menjajal permainan virtual balapan mobil di sebuah booth. Tak hanya itu, Dyandra juga menyediakan fasilitas yang ramah keluarga seperti arena bermain anak dan ruang khusus ibu dan anak. 
Apalagi sebuah area khusus Military Zone yang disediakan oleh pihak penyelenggara, menjadi ajang ‘perkenalan’ anak-anak dengan alat-alat tempur yang selama ini hanya dilihat di layar kaca maupun komik. Tak pelak, anak-anak berebutan menaiki tank-tank yang tertata rapih di stage area. Menjadi salah satu booth yang menyedot atensi pengunjung. 
Beware!
Semua orang mencoba menaiki tank asli
Selain itu, ada juga area Test Drive yang dihadiri oleh beberapa Agen Pemegang Merk (APM) berhasil membuat pengunjung untuk mengantri. Ada sekitar 7 APM yang mempersilahkan pengunjung untuk menjajal motor atau mobil terbaru mereka. Hanya dengan menunjukkan SIM C dan menandatangani surat perjanjian, kita bisa mencoba semua motor yang ada. Mulai dari motor listrik, motor kopling dan juga motor matic. Saya sendiri mencoba hingga tiga motor yang berbeda. Mulai dari Harley Davidson, Zero dan Benelli. 
Rockcrawling! keren!!
Tak cuman motor dan mobil, pihak penyelenggara juga memberikan space bagi pecinta mobil off road yang tergabung dalam Indonesia Off-road Federation untuk unjuk gigi. Mereka mendapatkan space untuk melakukan rockcrawling. Saya sampai terpana dan ingin mencobanya, namun dibutuhkan keahlian untuk sekedar menjadi ‘kernet’ dalam mobil off road seperti itu. 
Setelah puas bermain di luar area hall, saya pun kembali ke Hall B untuk mengagumi keindahan mobil-mobil keluaran terbaru yang dipamerkan. Misalnya saja APM Ferrari yang membawa Maserati Quattroporte S, Lamborghini Huracan, Porsche Cayman, Porsche 911 hingga BMW M4. Mata puas memandang mobil-mobil dengan warna yang mencolok seperti merah, kuning, putih dan biru tua. Semua orang mengambil pose di depan mobil-mobil mewah tersebut. sepertinya mereka merapal doa yang sama “Semoga suatu saat saya diberikan rejeki untuk menaiki mobil ini,” 😀
uuuuu. Ferrari
ini juga keren!
Selain memerhatikan mobil, saya pun memerhatikan tenaga pembersih yang ada di dalam kawasan pameran. Petugas yang menggunakan baju berwarna hijau putih sangat sigap dalam melakukan pekerjaannya. Selain itu pihak penyelenggara juga menyediakan tempat sampah di titik-titik strategis. Sehingga area pameran sangat bersih tanpa sampah.
Petugas Kebersihan yang sangat sigap dengan sapu dan pengki di tangan

IIMS dan Pesta Komunitas
Merujuk pada jadwal acara yang disiarkan pada website resmi IIMS, saya mengamati banyak yang berbeda pada acara IIMS tahun ini. Setelah ‘berpisah’ dari Gaikindo pada tahun ini, banyak kegiatan dan acara interaktif kepada pengunjung. Misalnya saja tur bagi penyandang cacat. Pada hari saya datang, sedang ada tur bagi kaum difabel. Mereka diajak untuk mengenal keadaan di dalam acara pameran. Ada sekitar 20 orang yang menggunakan kursi roda dan diarahkan ke setiap booth pameran. Mereka dijelaskan produk yang menjadi andalan di booth masing-masing. 

peserta dalam tur difabel
Selain itu salah satu hajatan besar IIMS, Thousands Car March (TCM), yang menghadirkan konvoi mobil vintage, retro, dan klasik, secara gotong royong mengumpulkan bibit mangrove untuk ditanam di Kepulauan Seribu. Tak hanya itu saja, mereka juga melakukan 800 buah bibit terumbu karang untuk transplantasi karang di tempat yang sama. 
Donor Darah pun dilakukan oleh Dyandra pada acara IIMS kali ini. Menurut Ezra yang saya temui secara langsung di Ruang Konferensi Pers Lantai 2, mengatakan acara tahun ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. “Kalau tahun lalu lebih banyak hard selling, kalau tahun ini kami menggabungkan banyak konsep yang bertemakan keg
iatan sosial. Mengundang lebih banyak komunitas dan membuat acara semakin banyak,” jelas Public Relation Dyandra untuk IIMS 2015. 
pernik pernik mobil dan motor yang dijual di acara IIMS oleh komunitas

Mungkin karena acara IIMS 205 yang sangat bervariasi, Dyandra mampu membukukan Rp. 1,636 Triliun dari hasil penjualan 4.894 unit mobil dan motor. Sebuah prestasi yang mengagumkan, dimana prediksi beberapa pengamat mengatakan bahwa IIMS hanya mampu membuat transaksi Rp. 1,323 Triliun dengan pengunjung sebanyak 92.238 (inilah.com). Disini IIMS membuktikan bahwa para pengamat salah dan mendapatkan tanggapan positif datang dari banyak kalangan. 

Pada hari penutupan IIMS di Semeru Room Gedung Pusat Niaga Kemayoran Direktur PT Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh, mengumumkan tanggal untuk IIMS selanjutnya yang jatuh pada tanggal 8-17 April 2016. “Konsep yang berbeda dari tahun lalu yang semakin inovatif, kreatif dan visioner sehingga status IIMS semakin kuat sebagai event akbar tahunan dunia otomotif baik untuk industri lokal maupun skala internasional,” harap Hendra. 
tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Menyongsong IIMS 2015 kerjasama Komunitas Anging Mamiri 
Ditulis di Kantor Kak Agus sambil dengan lagu Bon Jovi dengan judul Always
2:07 AM 14 September 2015
pengunjung mencoba sepeda listrik
mobil impian saya!

petugas kebersihan yang selalu membawa pengki dan sapu

motor asli nih!

mobil balap asli yang unyu-unyu
penanda mobil mobil bersejarah memberikan edukasi kepada pengunjung
mobil buatan anak Indonesia, finkomodo.com

You may also like

5 Comments

  1. Kok saya gak tau yah, kalau ada acara sekeren ini.
    sayang bener gak bisa ngeliat mobil-mobil mahal, siapa tau mereka kasian sama saya terus dikirilamlah ke rumah…**Ngarep**

    Kok SPGnya gak terlalu seksi yah..dari tadi nyari tapi penampilannya standarnya semua. hahhaha

  2. Saya terpaku melihat penampakan mobil soekarno .. baru lihat.. 🙂

    Oia, FIN Komodo itu yang buat sudah dewasa tau, bukan anak-anak … #hihihi.

  3. masa kamu gak tau?? astagaaaaa….
    ini acara gede banget loh padahal. 😀

    banyak yang sexy sih, tapi ak gak tampilkan. takutnya dibaca sama anak-anak. hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *