Mengunjungi Pearl Harbor, Saksi Kekejaman Sebuah Perang

Sudah 75 tahun berlalu, sejak Jepang pertama kali membombardir pangkalan militer Amerika Serikat di Pearl Harbour pada 7 Desember 1941 pagi.  Pearl Harbor merupakan pangkalan militer milik Amerika Serikat yang terletak di Pulau Oahu, Hawai’i. Disinilah kekejaman sebuah perang dimulai.

Pesawat-pesawat buatan Jepang menyerang pangkalan militer dalam diam. Kapal selam milik Jepang yang berjumlah 6 buah mulai melancarkan serangan pertamanya dari 181 pembom torpedo, pengebom selam torpedo, hingga pesawat pembom dari udara. Serangan itu tepat terjadi pada pukul 07:53 waktu setempat. Saat banyak pasukan Amerika masih tertidur nyenyak dalam barak mereka.

Awalnya pihak militer Amerika Serikat berpikir kedatangan ratusan pesawat adalah pesawat pembom yang baru datang dari latihan militer. Tapi ternyata ratusan pesawat itu adalah alarm kematian. Serangan Jepang di Pearl Harbor sangat tidak terduga. Video tersebut menunjukkan bagaimana kepanikan terjadi di pangkalan militer tersebut. Saya membayangkannya dengan bulu kuduk yang berdiri. Bagaimana seandainya saya ada di dalam posisi seperti itu.. Semuanya berlarian kesana kemari karena bingung merespon dengan apa yang terjadi.

Menurut sejarah, dua kali penyerangan Jepang terhadap Pearl Harbor. Serangan pertama pukul 07:53 waktu setempat dan serangan kedua terjadi pukul 08:30 waktu setempat.  Laksamana Madya Chuichi Nagumo yang memimpin pasukan Jepang, membatalkan serangan ketiga. Karena dua serangan Jepang, Pearl Harbor hancur lebur.

kissing statue. patung yang terkenal karena berciuman tepat setelah Jepang menyerah

Bom Jepang seberat hampir 800 kilogram menghantam USS Arizona. Akibatnya, bom tersebut menyalakan 180.000 galon bahan bakar pesawat, 500 ton mesiu, dan lebih dari 500.000 amunisi. USS Arizona meledak dan tenggelam menyebabkan 1.100 orang tewas, hampir separuh dari tentara Amerika disana yang mati. Dan sampai sekarang, jasad mereka tidak diangkat, tetap dibiarkan menyatu dengan laut. Sedangkan dua belas kapal perang dan kapal lain ditenggelamkan atau kalau tidak tenggelam mengalami kerusakan yang parah, sekitar 188 kapal terbang hancur oleh pasukan udara Jepang, dan yang terparah 2.403 tentara Amerika tewas.

Video berdurasi 12 menit ini membawa saya dan seluruh pengunjung Pacific Aviation Museum Pearl Harbor terhipnotis. Alur cerita tentang kengerian sejarah itu membuat bulu kuduk meremang. Menurut sejarah, 4 tahun setelah penyerangan Pearl Harbor, Jepang diserang oleh Amerika Serikat menggunakan bom atom. Dua kota besar, Nagasaki dan Hiroshima luluh lantak. Puluhan ribu orang tewas dan lebih dari 60.000 ribu orang luka-luka.

Betapa perang benar-benar menghancurkan..

Museum Pearl Harbor bisa didatangai menggunakan bis dari pusat kota Honolulu. Ada 5 museum yang wajib dikunjungi oleh pengunjung.. U.S.S Arizona Memorial, U.S.S Bowfin, Battleship Missouri, U.S.S Oklahoma Memorial, dan Pacific Aviation Museum. Tiket masuk untuk mengunjungi 5 museum ini adalah 159 dollar. Tapi worth it kok. Hahah.

U.S.S Arizona Memorial

bangkai kapal USS Arizona

Perjalanan pertama kami menuju Kapal U.S.S Arizona yang hancur luluh lantak. Tujuh puluh lima tahun berlalu, kapal tempur U.S.S. Arizona masih berbaring di kedalaman 12 meter di dasar laut berlumpur Pearl Harbor. Hampir seribu dari 1.177 prajurit Kapal Arizona masih terkubur dalam lambung kapal yang perlahan berkarat ini.

Setiap 15 menit sekali akan ada tour gratis mulai dari jam 7:30 hingga 3:00 yang termasuk 23 film dokumentari tentang sejarah penyerangan Pearl Harbor. Setelah menonton film, pengunjung akan diajak menaiki kapal untuk menuju ke U.S.S Arizona Memorial.

U.S.S Bowfin

baju selam yang digunakan pada perang dunia kedua
di bagian mesin USS Bowfin

Terletak tak jauh dari Arizona Memorial, kapal U.S.S Bowfin Submarine Museum terlihat. Kapal selam ini masih terlihat kokoh di atas permukaan laut. Kita bisa memasuki bagian dalam kapal. Memasuki dalam bagian kapal, kita akan disuguhkan peralatan perang maupun peralatan-peralatan yang ada pada waktu perang dunia kedua. Misalnya saja poster perekrutan tentara, bendera perang, hingga peralatan selam tertua yang digunakan pada saat peperangan terjadi.

Battleship Missouri

di depan kapal USS Missouri

Pernah nonton film Battleship? Di dalam film ini, kapal U.S.S Missouri digunakan sebagai lokasi shooting film. Kapal yang berdiri kokoh ini merupakan kapal terbesar yang ada di lokasi museum Pearl Harbor. Dengan berat sekitar 58.000 ton, kapal ini sekarang merupakan “penjaga” di museum Pearl Harbor.

Kapal yang biasa disebut “Might Mo” merupakan kapal perang Amerika yang telah melewati 50 tahun perjalanan perang.

Pacific Aviation Museum

salah satu pesawat di dalam hangar

Museum ini dirilis pada Desember 2006, hingga saat ini tercatat memiliki dua hangars besar yang berisi pesawat-pesawat pada perang dunia kedua. Banyak jenis-jenis pesawat yang terdapat dalam hangar ini. Paling banyak adalah pesawat tempur yang dulunya bertugas melakukan pengeboman pada wilayah-wilayah musuh.

Perjalanan ke Pearl Harbor mengajarkan saya bahwa perang hanya akan membawa derita. Semoga tak ada perang.. Just peace!

 

ditulis di kamar kost tercinta

23:48 WIB Senin 29 Mei 2017 / 3 Ramadhan 1438 H

sambil banyak membaca catatan sejarah tentang Pearl Harbor

You may also like

9 Comments

  1. Menyerang pearl harbour sebenarnya adalah kesalahan terbesar jepang 😀 mungkin kalau pangkalan ini ndak diserang, Asia masih berada pada genggaman jepang! Soalnya amerika kan bakal lebih sibuk di front barat, alias sibuk sama jerman 😀 ada filmnya juga kan? favorit nih!

  2. iya, “I fear all we have done is to awaken a sleeping giant and fill him with a terrible resolve.” Itulah yang dikhawatirkan Laksamana Isoroku Yamamoto, sang arsitek serangan. Dan itu benar-benar terbukti..

    tapi menurut kakak kalau Jepang gak diserang, Indonesia bisa merdeka gak ya? hmmmm… agak bingung sih sama pertanyaan ini sebenernya..

  3. manusia mencipatkan raksasa raksasa besi untuk menhancurkan manusia :(. Dan setiap era memiliki kisah perangnya sendiri-sendiri. LAlu kisah perang kita sekarang apa? Dengan kata dan komunikasi?

  4. sepertinya perang dengan kata-kata lebih mematikan. karena banyak perang berdarah dimulai dari kata-kata. semoga kita terhindar dari hal=hal demikian. aaminnnn

  5. wahhh kak adlin, aku merinding liatnya.
    jadi keinget film pearl harbor, ngeri sih.
    pengen kesana juga haha

  6. iya. apapun dilakukan agar bisa memeroleh predikat terkuat. kalau baca-baca tentang sejarah Nagasaki dan Hiroshima katanya ada konspirasi di balik itu. Jadi serem deh. kayaknya nyawa manusia itu terlalu murah. hiks

  7. Di U.S.S. Arizona ada semacam tour buat diving liet shipwreck gitu ga kak?

    Anyway, kalau melihat dari sudut pandang yang lebih luas, perang tidak selamanya buruk sih
    Banyak perkembangan teknologi atau penemuan tercipta karena adanya perang dan penjajahan 😂

  8. aku tuh paling males nonton film perang ya, karena banyak mikirnya dan karena warnanya monoton coklat. nah waktu akhirnya aku nonton film Pearl Harbor, aku bangga dong akhirnya nonton film perang juga.
    eeh, temenku malah bilang : ndy, itu bukan film perang, itu film romance.
    oh, okay.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *