Mengurus Barang Tertinggal di Kereta NS Belanda

Saya secara tak sengaja meninggalkan tas kain berisi makanan, botol minum, payung dan mukena saya di kereta menuju Schipol. Saya segera menghubungi kondektur di kereta selanjutnya yang saya naiki. Kalian bisa membaca cerita lengkapnya di link ini.

Mengurus Barang yang Tertinggal di Kereta NS

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan ketika barang kita hilang atau tertinggal di kereta NS.

  1. Hubungi call center Lost and Found milik NS di nomor +31 30 751 51 55 nomor ini bisa dihubungi selama 24 jam, namun setelah pukul 18.00, agak lama diangkat. Jika menelpon, lebih baik jika kalian mengingat nomor kereta yang kalian naiki dan waktu keberangkatan kereta. Biasanya operator akan menanyakan hal detail.
  2. Hubungi melalui Twitter https://twitter.com/ns_online . Mereka sangat responsive dan cepat dalam memberikan tanggapan
  3. Setelah itu kita akan diminta untuk mengisi Form secara online . Formulir ada disini. https://www.ns.nl/registratie-ketendienst/verlorenvoorwerpen?0
  4. Setelah semua form dan informasi diisi, kita akan diminta untuk menelpon atau menanyakan kembali kepada pihak Lost and Found secara berkala. Saya menanyakan informasi tentang tas saya setiap pagi.
  5. Jika beruntung barang bisa ditemukan, barang kalian bisa diambil dalam waktu lima (5) hari, jika barang diambil diatas lima hari, maka secara otomatis barang akan dikirim ke rumah kita. Namun biaya pengiriman gak gratis. Kita akan discharge 15 euro untuk biaya pengiriman. Jadi mending ambil sendiri.
  6. Barang yang sudah ditemukan bisa diambil ke kantor Lost and Found di Utrecht Central Station.

Jika barang seperti ID atau Paspor yang ketinggalan di kereta?

Unfortunately, jika barang yang tertinggal adalah kartu tinggal (verblijf) dan paspor, secara otomatis pihak NS akan mengirimkannya kepada Marracause (pihak berwajib) untuk dihancurkan. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan identitas. Jadi kalian harus say goodbye to your ID or passport.

Seperti yang tertulis di dalam website, kalian akan disuruh untuk membuat ulang ID dan passport kalian dari awal. Jadi jaga baik-baik ID dan passport kalian ketika melakukan perjalanan ya.  Informasi lebih lanjut bisa dibaca disini 

Hilang barang di moda transportasi lain?

Kalau kalian kehilangan barang di moda transportasi lain seperti bis ataupun trem, ada sebuah platform yang dibikin untuk mempermudah pencarian. Kalian bisa masuk ke dalam website ilost.co . Di dalam website kalian bisa melihat beragam barang jenis yang hilang mulai dari kunci, tas, buku, bahkan telepon genggam. Mungkin kalau share platform seperti ini lebih mudah mengorganisirnya. Hmmm. ide bagus nih untuk bikin platform yang sama di Indonesia nantinya. hoho.

 

ditulis di Bennekom

14:26 AM Senin 10 Desember 2018

disela-sela bikin proposal

You may also like

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.