Menikmati Flower Shower di Belanda

Awalnya saya pikir sakura hanya dimiliki oleh negara Jepang, namun ternyata saya salah. Setelah melewati masa-masa gelap Winter, akhirnya Spring pun tiba. Musim semi ini ditandai dengan banyaknya bunga-bunga yang mulai mekar dimana-mana. Warna tanah Belanda yang awalnya hanya tanah gelap mulai semarak dengan hijau dan warna-warna cerah.

Dan ternyata tumbuhan-tumbuhan yang selama winter hanyalah ranting-ranting botak tak berdaun mulai menunjukkan keindahannya. Mereka menjelma menjadi bunga-bunga indah di saat musim semi. Misalnya saja pohon Cherry, atau yang sering kita kenal sebagai sakura. Di Belanda khususnya di Bennekom, mereka menanamnya di pinggir jalan sepanjang rumah penduduk. Hal ini membuat jalanan di Bennekom terasa semarak dengan nuansa merah muda.

Tak hanya itu saja, selain pohon cherry, mereka juga memiliki jenis pohon lainnya yang tak kalah cantik. Semuanya memiliki bunga tanpa daun. Setelah minggu kedua, bunga-bunga pun berguguran dan daun-dan berwarna hijau pun mulai muncul.

 

cherry blossom di depan rumah penduduk

Jika bunga cherry sudah muncul, biasanya dalam waktu dua minggu kedepan, bunga-bungan akan rontok dan digantikan dengan daun-daun berwarna hijau. Jadi kalau ingin menikmati flower shower harus datang di minggu pertama bunga-bunga sedang bermekaran.

Selain bunga cherry, Belanda juga penuh dengan bunga-bunga tulip di beberapa spot. Misalnya saja di Lisse, Bollenstrek, Keukenhof, dan Amsterdam. Walaupun Belanda dikenal sebagai negara dengan bunga tulip, namun merunut pada sejarah, bunga tulip dibawa dari Turki ke Belanda. Bukan benar-benar asli dari Belanda lho..

Provinsi yang Penuh dengan Bunga

city centre di Bennekom

Selain di Bennekom, beberapa titik di Belanda seperti Amstelveen, Lisse, Bollenstreek, Keukenhof, dan beberapa tempat flower shower di wajib didatangi. Karena pada saat spring semua bunga-bunga tumbuh dan mekar dengan sempurna.

Jangan heran jika di musim semi semakin banyak penjual tanaman yang menjajakan bunga-bunga. di Belanda sendiri ada ratusan perusahaan bunga yang menawarkan tanaman atau bunga-bunga dengan warna berwarna-warni. dan di penjual bunga kita juga akan ditawarkan dengan harga-harga murah bagi satu pot bunga, biasanya bunga-bunga di banderol dengan harga 1 euro hingga 3 euro per pot.

Di saat ini juga banyak warga Belanda yang mulai sering menanam tanaman di depan rumahnya. Saat spring adalah waktu yang tepat untuk memulai menanam tumbuhan atau tanaman yang ingin kita miliki. Jadi nanti pas bulan Agustus hingga Oktober bunga-bunga yang kita tanam sudah mulai tumbuh. 🙂

sakura
foto bonus

ditulis di Beringhem, Bennekom

13:02 CET Saturday, 14 April 2018

sambil dengar alQuran yang dianggap karya fiksi

You may also like

4 Komentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.