Mimpi dan Cita-cita Seorang Petualang

 

gue ALAY

Pas umur 17 tahun, ada beberapa hal-hal yang mau gue coba! Pas masih ngiler liat tayangan travelling di layar kaca. saat itu, petualangan gue sebatas dekat rumah, Bojong, Depok, dan Jakarta. Sebagai anak Bogor, gue belum tau seluk-beluk tentang Bogor sepenuhnya. #ketauan anak Depok. πŸ˜€

Lanjut,,, jadi pas umur segitu gue pernah menantang diri gue untuk mencoba jenis-jenis petualangan. Dan akhirnya gue mendeklarasikan diri sebagai petualang yang akan berubah menjadi peneliti. #lah kok??

Wah, kalian harus tahu, seorang peneliti itu pada hakikatnya adalah seorang petualang sejati. Coba saja liat Darwin, dia berani berpetualang di kapal H.M.S Beagle dan akhirnya berhasil menemukan teori evolusi. #teori yang belum gue percaya sampai saat ini. Selain itu masih ada Marcopolo, Copernicus, Ibnu Sina, dll. Masih banyak daftar peneliti dalam bidang ilmu pengetahuan terapan yang pada dasarnya mereka adalah petualang sejati.

Nah, karena itulah gue menantang diri gue melakukan petualangan-petualang sendiri. Di atas secarik kertas gue mencoretkan keinginan gue pada masa itu. dan ternyata beberapa hal itu sudah gue wujudkan sekarang, walaupun belum semuanya. Paling tidak, selama 5 tahun sudah ada perkembangan soal cita-cita gue di umur 17. πŸ˜€
Yang sudah tercapai :
1. Swimming
Hahahah, ini cita-cita gue yang paling utama. Karena pas SMP gue pernah trauma ditenggelamkan oleh sepupu-sepupu yang gila abis. Mereka pikir gue bercanda tenggelam, eh padahal tenggelam beneran. Colek Ghea, Giska, dan Ghina.Β  Akhirnya trauma ini membekas sampe SMA, gue biasanya bayar guru olahraga untuk dapetin nilai berenang. hahaha.
Tapi, alhamdulillah berkat senior-senior dan teman-teman di Ilmu Kelautan, gue akhirnya bisa berenang! Yang paling pertama adalah gaya anjing di film Sinchan. hahaha. Gokil abis kalau diinget. πŸ˜€ Sekarang mah alhamdulillah uda bisa berenang di lautan. Melawan ombak sambil angkat-angkat tangan plus teriak-teriak β€œKami anak Kelautan!”. Hahaha.
2. Diving
Ini gara-gara keseringan liat dunia bawah laut di sebuah program televisi, Jejak Petualang. Dimana Riyani Djangkaru menyelami birunya laut di Bunaken, Sulawesi Utara. Waahhh, indah banget. Dari situ, gue mulai kepikiran untuk jadi peneliti bawah air. Syukur-syukur bisa menemukan obat anti kanker dan HIV AIDS dari biota-biota laut. #insyAllah jadi penelitian skripsi. doain! πŸ˜€
Sekarang gue uda belajar diving pas kuliah di Ilmu Kelautan, Universitas Hasanuddin. Tergabung dalam skuad Marine Science Diving Club (MSDC), gue dapat lisense tahun 2009. #alhamdulillah satu impian terwujud. Mau tau cerita pas gue diklat One Star Scuba Diver, bisa dilihat disini.
3. Flying Fox
Kalau ini karena sering liat juga di acara travelling kalau ada orang yang “terbang” dengan seutas tali. Keliatan keren kalau diambil gambarnya dari bawah. Pasti seru deh kalau bisa terbang kayak gitu. Karena pikiran itulah, akhirnya gue nyoba Flying Fox pas tahun 2010. Hmmm. pas di Danau Unhas, ketika Korpala mengadakan pencarian biaya. πŸ˜€Β #Eh, betul gag Baso?
Walau treknya gag seserem yang ada di tipi-tipi, paling tidak bisa menyembuhkan keingintahuanku terhadap flying fox. πŸ˜€
4. Hiking
Wah, ini udah mau banget untuk dilakukan ketika SMA. Ada sebuah organisasi Pecinta Alam di SMAN 1 Bojonggede dulu, tapi gag boleh ikutan karena Bunda takut kalau anak ter-ganteng ini akan kenapa-kenapa. #anak rumahan. Tapi, pas kuliah, gue malah ketagihan dan pengen terus untuk hiking. Ada perasaan gembira ketika udah naik gunung dan bercengkrama dengan keindahan alam. Sebuah anugerah yang tak akan dilupakan ketika kita bisa melihat bintang secara dekat dan bercerita tentang kepenatan hidup dengan mereka.
5. Naik kuda
Hahah, ini mimpi yang kesekian sebenernya. Tapi alhamdulillah berhasil naik kuda beneran, walaupun cuman kuda poni di Malino. Hehehe. Biasanya ngeliat kuda-kudaan di Timezone dan tempat game berbayar. Hehehe
Β 6. Nyetir perahu
Cita-cita ini tercapai ketika Ilmu Kelautan lagi mengadakan praktek lapang di Pulau Sabangko. Sepulangnya dari Sabangko, tiba-tiba gue dipersilahkan oleh Empu Kapal (Pak Muhajji) untuk mengemudikan kapal. Hahaha. Otomatis gue yang gag berpengalaman malah membuat kapal jadi oleng dan bergoyang-goyang. Untung aja, kapalnya gede, jadi ga sampe terbalik. Hhehe. πŸ˜€
7. Cycling
Punya sepeda pas kuliah juga termasuk mimpi gue pas SMA. Karena menurut gue, sepedaan di kampus yang hijau (dulu ngeliat UI sebagai pilihan kampus) pasti bakalan asik banget. Dan ternyata di Unhas asik gila untuk sepedaan πŸ˜€
Β Yang belum tercapai :
8. Rafting
Ini mimpi yang ingin gue capai
. Menyusuri sungai di Toraja dan mencoba terciprat air sungai! πŸ˜€
9. Paragliding
Wah, ini mimpi yang pernah gue bayangkan akan terjadi. Tapi gue ga sanggup bayar. Hahaha. Insya Allah akan ada waktunya untuk naik ini.
10. Caving
Pernah diajakin sama seorang kawan, tapi sampai saat ini, janjinya belum pernah ditepati. Hhikz. Siapa yang mau ajak saya ke Gua Leang Pute di Maros? Heheh
11. Banana Boat
Wah, kalau ini sebenernya karena ngiler aja liat orang-orang yang berjatuhan dari atas kapal berbentuk pisang. Tapi, pengen banget nyoba teriak-teriak kegirangan kayak begitu. hehehe
12. Nyetir Mobil
Wah, ini mimpi yang sangat penting. Karena mengemudikan mobil bisa jadi salah satu kemampuan dalam mencari pekerjaan nanti. Heheh.
13. Bungee-Jumping
Pengen lompat-lompatan dari tempat yang tingggggiiiiiiii.. πŸ˜€
Oke, sekian cita-cita dan mimpi gue ketika masih umur 17 tahun, kalau mimpi petualangan anda apa??

You may also like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *