Monumen Mandala, Peringatan Sejarah Pembebasan Irian Barat

Sebuah bangunan dengan bentuk seperti Monumen Nasional (Monas) di Jakarta. Namun bentuknya lebih “gendut”. Bangunan yang didirikan sebagai tanda pembebasan Irian Barat pada tahun 1962 kembali ke pangkuan Indonesia dan diberi nama Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat. 
Didirikan pada 11 Januari 1994 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto.
Monumen ini terletak dengan Pusat Kota Makassar (Lapangan Karebosi). Kalau dari Lapangan Karebosi, kita bisa jalan kaki ke arah Jl Jend Sudirman. Bangunan ini ber”tetangga” dengan bangunan Kodam yang sudah dibangun sejak zaman colonial Belanda. 
Jika kita masuk ke Monumen Mandala, di dasar bangunan kita bisa menemukan Museum Nasional, namun saat ini sudah tidak bisa di masuki lagi. Kalau kita bisa naik ke atas menggunakan lift, maka pemandangan kota Makassar bisa terlihat dengan jelas. Salah satu view yang bisa menarik wisatawan. Namun, sama seperti museum nasional, lantai paling tinggi sudah tidak bisa dimasuki oleh turis.
Di luar monument, kita akan melihat relief-relief yang menggambarkan perjuangan di masa tersebut. Relief-reliefnya seperti bercerita, 😀
Selamat berwisata kota…

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *