Musim Semi di Belanda, ngapain aja?

Welcome Spring!

Akhirnya setelah winter usai, saya sudah bisa melihat matahari lagi. Setelah berderai-derai airmata dan digayungi oleh perasaan sendu karena musim dingin. Akhirnya matahari pun menunjukkan dirinya. Alhamdulillah.. Berakhir sudah jaket dua lapis yang harus dikenakan. 🙂

Spring baru saja muncul tepat di tanggal 20 Maret 2018 yang lalu. Ia menyapa dengan udara yang masih dingin namun matahari nampak menyinari. Dan jam juga maju lebih cepat dari biasanya atau biasa disebut Daylight Saving Time (DST) Hal ini dikarenakan selama musim panas, cahaya matahari berlangsung lebih lama. Biasanya, wilayah yang menggunakan daylight saving time menyesuaikan jam satu jam mendekati waktu mulai dan menyesuaikannya mundur di musim gugur ke waktu standar. Jadi 

Nah, dalam rangka menyambut musim semi, ada beberapa events yang harus kalian hadiri ketika bertandang ke Belanda saat spring menjelang. Ada beberapa kegiatan yang tak boleh dilewatkan untuk menyambut Spring.

Melihat Bunga-bunga cantik

Pergi ke Kebun Bunga dimana saja! Belanda kalau pas lagi spring kayak gini, biasanya punya banyak tempat-tempat ciamik untuk dikunjungi. Di banyak nature park, bunga-bunga sedang mekar-mekarnya. Misalnya saja Keukenhof, ejak dibuka pada tanggal 22 Maret, Keukenhof akan memanjakan mata dengan banyaknya bunga-bunga di taman ini. Tiket masuk yang dikenakan bagi satu orang pengunjung adalah 17 euro. Tapi kalau bisa mendapatkan 20 orang untuk berangkat bersama-sama, kalian bisa mendapatkan diskon menjadi 14.75 euro per orang. Selain itu di minggu pertama Keukenhof membuat promo tiket masuk dan bis sekaligus dengan harga 24 euro. Untuk tema Keukenhof minggu ini adalah mawar, tapi karena tulip identik dengan Belanda, jadi jangan heran jika di Keukenhof sendiri penuh dengan tulip. Tips untuk datang ke Keukenhof pada saat tulip belum mekar sempurna di bulan pertengahan April.  

Selain itu jangan lupa untuk datang ke Festival Bunga! Selain Keukenhof akan ada juga flower parade yang terkenal yang disebut Bloemencorso Bollenstreek. Parade ini diadakan di Leiden pada tanggal 18 April hingga 22 April 2018. Atau kalau suka berpetualang, coba cari ladang bunda di Venendal atau di Bollen Routeuntuk melihat banyak bunga yang mekar disana di dekat jalur sepeda di Lisse. 

Pergi ke Pantai atau Pinggir Sungai

Spring jangan lupa untuk liburan ke Pantai. Apalagi di liburan easter, akan ada banyak restaurant yang buka dengan menu-menu yang baru. Coba beberapa makanan laut yang terkena seperti Haring, Kibeling ataupun makan friets dan ice cream di pinggir pantai.

Selain itu biasanya banyak orang yang Barbeque-an bersama keluarga atau teman. Ternyata asik banget barbeque sayuran atau daging sama teman-teman di saat spring. Karena makan diluar dibawah pohon sama teman-teman terasa menyenangkan. Apalagi kalau barbeque-an di pinggir sungai atau pantai.

Jalan ke Pasar Spring atau Spring Market

Belanda mempunyai sebuah kebiasaan pada musim semi, di berbagai kota biasanya ada Spring Market. Nah, pada saat inilah banyak sekali pedagang-pedagang di seantero negeri. Misalnya saja datang ke Pasar Keju. Bukan Belanda namanya jika tidak penuh dengan keju-keju. Ada beberapa pasar keju yang dibuka pada bulan April. Ini adalah salah satu peristiwa musim semi yang spektakuler di Belanda yang tidak boleh dilewatkan ketika Anda datang dan berkunjung. Ada pasar di Gouda, Alkmaar, Edam, Hoorn, dan Woerden. Beberapa jenis keju akan dimunculkan pada acara ini. Bisa jadi salah satu aktivitas yang menyenangkan bersama keluarga.

Sedangkan kemarin di Wageningen ada Spring Market dengan tema Boeken Day. Jadi seluruh city center penuh dengan kios dan tenda kecil yang jualannya hanya buku-buku murah. Semua buku bertema masakan, petualangan, komik ataupun buku-buku yang lain tersedia disini. 🙂

Datang ke Festival Kings Day

Kalau lagi di Belanda, jangan lupa datang di King’s Day di 27 April 2018. Acara ini adalah acara tahunan yang wajib dihadiri jika ada di Belanda pada musim semi. pada hari ini, harus banget datang ke Amsterdam karena pada saat ini, kalian akan melihat hamparan berwarna oranye. Pada tanggal 26 April sudah ada beberapa perform musik di Den Haag dan tak boleh dilewatkan. Kalau ingin merasakan perayaan Kings Day yang lebih khidmat tak ada salahnya untuk tetap stay di Wageningen. 🙂

Yuk  mengunjungi Museum

Di musim semi, semakin banyak orang yang datang museum. Musim semi di Belanda berarti berada outside. Namun, jika cuaca buruk, kalian bisa memilih museum sebagai alternatif. Pada bulan April, museum-museum Belanda menyelenggarakan kegiatan khusus dalam akhir pekan yang secara cerdik disebut Museum Akhir Pekan. Masuk di museum adalah gratis atau hanya membayar sedikit.

Aktivitas orang Belanda di saat Spring

Setelah spring tiba, saya memperhatikan beberapa aktivitas yang menjadi kewajiban bagi orang Belanda disaat Spring tiba. misalnya saja makan siang di luar ruangan. Kalau yang ini sih wajib banget karena saat makan siang, semua orang membawa bekalnya masing-masing dan duduk di atas rumput. Sinar matahari dinikmati sekali, karena setelah winter menerjang, rasanya butuh banyak berjemur.

Selain itu saya semakin sering melihat orang yang menanam bunga di kebun. Kalau ini biasanya dilakukan bagi orang yang punya rumah. Di depan rumah banyak sekali pohon ataupun tanaman bunga yang ditanam saat spring. Hal ini menambah spring vibes semakin terasa. Kalau saya sendiri menanam tanaman-tanaman sayur di beranda rumah supaya menghemat pengeluaran makanan. wkwkw.

Satu lagi, orang-orang disini jadi lebih banyak bersepeda santai. Kegiatan yang ini bakalan akan semakin sering dilakukan karena bersepeda di saat musim semi adalah bersepeda yang paling baik. Karena udaranya gak terlalu panas dan juga bunga-bunga sedang bermekaran. Jadinya terasa banget kalau pergi kemana-mana melihat bunga-bunga.

 

Are you ready for the Spring??

I am READY!! yeayyy!

 

ditulis di Bennekom,

15:04 CET Sunday, 22 April 2018

sambil dengar lagu The Beginning – One Ok Rock

You may also like

8 Komentar

  1. Lengkap banget nih ceritanya, udah baca dan lihat videonya juga barusan. Dan aku suka banget kalau sepedahan di Belanja disaat musim semi deh. Asik gitu ngabayanginnya, terlebih memang aku suka sepedahan..

  2. kalau di musim semi, sepedahan jadi pilihan yang sangat bagus. . tapi kalau pas winter, rasanya pengen naik bis terus haha. 🙂

  3. sepedahan paling asik di Spring dan Summer, kalau udah lewat musim itu rasanya pengen naik bis aja heheh. gak nahan sama dinginnya. 🙂

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.