oseanografi fisika

 

Angkatan 2008 Ilmu Kelautan mengadakan praktek lapang Oseanografi Fisika di Pulau Samalona, Jumat-MInggu (22-24/04). Kami berangkat pukul 8 pagi dari kampus menuju Pelabuhan Kayu Bangkoa. Sebelum berangkat, gue harus menyiapkan peralatan dan lain-lain. Sempat terpikir bahwa gue ditinggal rombongan, ternyata ada dua kloter yang berangkat dari kampus.
Kami sampai di Pelabuhan Kayu Bangkoa pukul 9. Tapi, dikarenakan menunggu penumpang umum yang lain maka kami berangkat pukul 11.00 wita. Dengan kapal Hj Dahrin kami menuju Samalona. Sekitar 45 menit perjalanan, akhirnya kami sampai juga di Samalona island.
Huaaaaa… langsung disuguhkan pemandangan pasir putih dan air yang jernih. Subhanallah. Indah sekali. Langsung pengen terjun langsung. Hha. Setelah beres-beres barang, kami langsung makan siang. Setelah lunch sekitar 20 menit dan menikmati keindahan pulau, akhirnya kita Respon. Hha. Gue piker gag ada respon di pulau, ternyata malah ada respon. Hha. Cumin belajar 15 menit, dan dapet penjelasan mengenai tata cara praktek oleh asisten.
Kami disuruh mengamati tiang pasut (pasang surut), arah arus, dan suhu air laut setiap satu jam. Dan pengukuran akan dilakukan sejak jam 5 sore nanti. Huaaa.. gue dapet giliran jaga jam 6 pagi dan 3 sore besok. Satu kelompok ama emma lagi. Hha.
Sehabis itu, sekitar jam 4. Kami semua turun ke laut dan merasakan indahnya pulau Samalona. Wwaaa…. Swru bgdh. Kami mersakan slope yang ditaburi karang (walau hancur semua). Hha. Trus main-main pasir sambil moto-moto. Hha. Seru deh.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *