Pantai Cantik Terbalut Cerita Mistik


Majene banyak memiliki keindahan yang tak terjamah dan belum terekspos secara nasional. Keindahan yang terpendam karena adanya cerita mistik. 
Keindahan panorama pantai pasir putih dibalut dengan tebing curam di sekelilingnya. Membuat mata tak berhenti takjub. Hanya beberapa orang yang terlihat menikmati pagi di pantai Dato. Pantai yang terletak di daerah Bogor Lappe termasuk sepi pengunjung. Padahal pantainya memiliki kontur bebatuan karang besar dan pantai yang masih bersih. 
Syahdan, Pantai Dato pernah menjadi objek wisata, namun setelah adanya berita kematian yang disangkutpautkan dengan cerita mistik, jadilah Pantai Dato tak dikunjungi. Padahal pantai ini memiliki keindahan yang tak kalah dengan pantai Tegalwangi di Pulau Bali. 
Pasirnya yang putih dan lautnya yang masih bersih membuat pantai ini memiliki daya jual. Sayang, karena masalah cerita mistis tersebut, pantai ini sepi pengunjung dari tahun lalu. Menurut Ancha, selaku guide kami, selain pantainya yang cantik, terumbu karang disini menyimpan keindahan lainnya. Menurutnya ada banyak ikan Napoleon wrasseyang hidup di daerah pantai Dato. Selain itu, terumbu karang juga masih terbilang sehat. Karena jarang nelayan ingin memancing di daerah ini. 
Gag jelas di Pantai Dato

Selain Pantai Dato, ada juga Pantai Taraujung. Pantai ini lebih eksotis lagi. Sekilas saya mengingat Pulau Lombok, ketika datang ketempat ini. Jika anda pernah ke Pantai Sengigi, pasti akan mengingat kontur pantai yang melengkung dan diisi oleh ombak-ombak yang membuat orang bisa bermain papan seluncur. Tapi di pantai ini juga kurang diminati karena cerita mistik. 

Di atas bukit yang disediakan untuk melihat sunset terdapat sebuah makam. Karena makam tersebut, banyak orang tak ingin mengambil resiko untuk surfingdi pantai ini. Padahal selain kontur landai, pantai ini juga memiliki batu karang yang indah. Panorama yang cocok untuk menikmati sunset.  
Berpose gila di Pantai Taraujung

Mungkin saran dan masukan bagi pemerintah daerah Majene untuk segera menghapus ketakutan masyarakat dan mempromosikan keindahan alam yang dimiliki oleh Majene. Karena wisata pantai bisa menambah devisa pemda jika dikelola dengan baik.

#Explore Indonesia!

Laboratorium Toksikologi Laut
3 Januari 2013
Tulisan ini adalah tulisan lama yang terendap di dalam laptop. 😀
Tapi saya tuliskan lagi karena pergi ke Majene tanggal 24 Desember 2013 untuk menghadiri pernikahannya Rosdiana Natsir (Diana).

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *