Pantai Jikumerasa di Pulau Buru

Siapa yang tak kenal dengan Pantai Jikumerasa di Pulau Buru? Pantai ini telah masuk menjadi salah satu objek wisata yang paling terkenal di Pulau Buru. Jika datang ke Kota Namlea, selalu sempatkan singgah untuk datang ke pantai ini. Berjarak sekitar 27 kilometer dari Kota Namlea, terletak di Desa Jikumerasa.

Menurut Lonely Planet, pantai ini termasuk salah satu pantai yang wajib didatangi ketika singgah di Buru. Dengan pasir berwarna putih terang yang mirip tepung terigu menjadi pantai yang sangat cantik. Apalagi ketika sunrise atau sunset dihabiskan di tempat ini.

Saat ini pantai ini masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat. Tidak ada biaya masuk ke pantai ini jika di hari-hari biasa, karena letaknya di pinggir jalan besar dari Namlea menuju Kecamatan Airbuaya. Tapi saya kurang tau jika di hari libur, karena saya selalu mengambil waktu di hari-hari biasa agar merasa pantai ini sebagai pantai pribadi. Hehe.

Ketika masuk ke dalam kawasan Pantai Jikumerasa, mata langsung dimanjakan dengan warna putih dan biru lautnya. Belum lagi rindangnya pohon-pohon kelapa yang ada di sekitar pantai membuat suasana Pantai Jikumerasa sangat cocok untuk tempat tidur siang. Sayangnya untuk teman-teman yang ingin melihat keindahan bawa laut, tidak ada tempat penyewaan alat snorkeling disini, jadi pengunjung harus membawa alat snorkelingnya sendiri. Ada beberapa spot indah untuk snorkeling disini.

Waktu terbaik ke Pantai Jikumerasa

Kalau sedang datang ketika musim sedang baik, maka anda bisa dikatakan beruntung. Jika datang di bulan-bulan sedang ombak besar, jangan harap bisa melihat apapun. Semua tertutup oleh pasir. Hiks.. Perlu dicatat, di Pulau Buru musim ombak datang pada bulan-bulan Desember hingga Februari. Biasanya pada bulan-bulan tersebut ombak sedang ganas dan tidak disarankan untuk snorkeling. Karena hanya bisa melihat pasir. It happen to me.. Jika mau mendapatkan pemandangan bawah laut yang menyenangkan bisa mencoba snorkeling pada musim timur yaitu bulan Juni- Agustus.

Selain itu, ketika menghabiskan waktu di Pantai Jikumerasa dan beruntung kalian bisa menemukan nelayan yang baru saja keluar dari sampan dan membawa ikan. Biasanya harga ikan yang dijual oleh nelayan masih sangat murah, satu ikat ikan dihargai sekitar 10 ribu saja. Bayangkan! Kalau ramai-ramai pasti seru bisa bakar ikan bareng-bareng sambil menikmati pemandangan laut.

Saya sarankan datang di sore hari. Di hari-hari biasa, pantai ini relatif sepi pengunjung. Tapi jangan datang ketika hari libur, pantai ini menjadi salah satu pantai teramai yang saya lihat.

Nah selain Pantai Jikumerasa yang menawan, ada satu spot yang sebenarnya bagus untuk tempat foto. Yaitu Danau Air Asin yang dinamakan oleh penduduk lokal. Kenapa? Karena ketika air laut pasang, maka air laut akan masuk ke ceruk kecil tersebut. warnanya turqoise dan ditumbuhi oleh alga hijau dan juga bulu babi. Di belakang Danau Air Asin ada bukit-bukit yang sangat indah untuk menjadi latar belakang foto.Β 

Fasilitas Umum

Walaupun tidak ada retribusi yang pasti untuk masuk ke pantai ini, tapi fasilitas kamar mandi sudah ada dan dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar. Selain itu ada juga gedung yang bisa disewakan untuk orang yang ingin mengadakan kegiatan di Pantai Jikumerasa. Tempat parkir sudah ada. Tidak ada tempat penyewaan alat snorkeling. Tapi sudah ada penyewaan ban ketika hari libur. Ada juga beberapa penjual makanan kecil ketika hari libur, tapi jangan harap kalau datang kesini pas lagi hari kerja.

Transportasi Murah Ke Pantai Jikumerasa

Untuk datang kesini anda bisa menggunakan angkutan umum dari Kota Namlea. Ada beberapa angkutan menuju Kec. Airbuaya, Waplau, Waeura, atau Jikumerasa. Angkutan umum bisa ditemukan di terminal Namlea. Harga satu kali naik angkot sekitar 10 ribu dari Kota Namlea. Tapi jika ingin mengmabil gambar sunset, saya tidak menyarankan menggunakan angkutan umum. Seringkali jika sudah malam, angkutan sulit untuk ditemui.

Selain menggunakan angkot bisa juga menggunakan ojek ke Pantai Jikumerasa, tapi harganya bisa mencapai 50 ribu lebih. Ada beberapa penyewaan motor di Pulau Buru, tapi agak sulit ditemukan saat ini. Saya kemarin menggunakan motor teman heheh. πŸ™‚

Jadi kalau ke Pulau Buru, jangan lupa singgah di Pantai Jikumerasa yang cantik ya. πŸ™‚

 

ditulis di ISKINDO

0:43 WIB Sabtu, 22 April 2017

sambil denger lagu Symphony – Clean Bandit

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *