Persiapan Seleksi Wawancara, LGD dan Esai LPDP (2)

bingung mau masukkin foto apa. hahaha. my little family. 🙂
Setelah saya menjelaskan tentang proses seleksi wawancara, saya akan menjelaskan sedikit tips dan trik dalam melaksanakan seleksi Leaderless Group Discussion (LGD) dan Essay on The Spot.Kedua sesi ini memiliki porsi penilaian 40% untuk menentukan kelulusan kamu mendapatkan beasiswa LPDP. Saya akan menjelaskan tips dan trik sebelum dan pada saat hari pelaksanaan LGD. Setiap awardee mempunyai tips dan trik masing-masing, semakin banyak kalian membaca dan bertanya, semakin bagus untuk menambah pengalaman. 🙂

Sebelum LGD

 

  • 1.       Seminggu sebelum mendapatkan jadwal seleksi LGD dan Essay On The Spot, kalian bisa mencari tau teman-teman LGD kalian. Karena nanti ada daftar nama kelompok yang diberikan oleh LPDP. Tips saya, cobalah berteman dengan teman-teman kelompok LGD kalian. Carilah di google. Hubungi FB nya, cek instagramnya, ajak mereka bertemu sebelum hari H. Hubungan pertemanan ini bisa membuat kalian lebih lancar dalam melaksanakan LGD. Karena kalian sudah memiliki ikatan emosional terlebih dahulu.
  • 2.       Banyak membaca isu-isu yang sedang hangat pada saat ini. Misalnya isu pembuatan kereta cepat Jakarta-Bandung, Pencemaran nama baik oleh oknum KPK, pengangkatan duta pancasila, dan lain-lain. Banyak-banyak baca koran yang mengupas sebuah kasus dengan tuntas. Kenapa harus baca koran? Karena seringkali di media online, pemberitaan sangat singkat dan tidak selesai pembahasannya. Kalau bisa, beli Majalah Tempo dalam bahasa Inggris. Hal ini bisa menambah kosakata kalian untuk menjelaskan sesuatu.
  • 3.       Jadwalkan pertemuan dengan teman-teman LGD. Minimal satu kali, kalian melakukan pertemuan dengan teman-teman kelompok LGD. Kalian bisa melakukan simulasi untuk LGD. Pilih satu atau dua topik untuk didiskusikan. Siapa tau topik yang kalian pilih bisa keluar menjadi soal LGD. Hehe.
  • 4.       Minta bantuan Awardee LPDP untuk membantu proses simulasi LGD kalian. 🙂
Seleksi LGD

 

  • 1.       Sebelum seleksi LGD, kalian bisa membuat diskusi kecil terlebih dahulu. Perkenalan juga sangat penting disini. Karena tidak semua teman-teman dapat hadir di acara simulasi LGD. Usahakan ingat semua nama teman-teman LGD kalian. Hal ini membuat diskusi di LGD bisa lebih santai.
  • 2.       LGD hanya berlangsung selama 30 menit. Usahakan semua orang di dalam kelompok diskusi mendapatkan kesempatan bicara.
  • 3.       Ini adalah Leaderless Group Discussion, jadi tidak ada pemimpin diskusi. Yang ada hanyalah fasilitator. Jika kalian memilih kampus di Luar Negeri, pastikan kalian menggunakan bahasa inggris.
  • 4.       Pada saat LGD jangan lupa untuk membaca instruksi topik yang diberikan. Cari solusi dari masalah tersebut. Buat statemen atau solusi yang berbeda dari yang lain. Kalian bisa mencatat ide kalian di kertas. Kembangkan gagasan tersebut, jangan lupa soal waktu yang hanya 30 menit.
  • 5.       Ketika memulai LGD, jangan lupa memperkenalkan diri terlebih dahulu.
  • 6.       Buat forum diskusi menjadi sangat berbobot. Jangan mengulang statemen orang lain, buat statemen yang berbeda.
Setelah pelaksanaan Leaderless Group Discussion kalian akan dihadapkan dengan proses seleksi Essay On The Spot. Tahap ini murni dari pengetahuan peserta. Saya sangat lemah dalam penulisan esai bahasa inggris. hiks. Jadi sebelum proses seleksi saya banyak membaca artikel-artikel. Saya mulai dengan menyaring berita-berita yang sedang hot saat ini. Dari artikel-artikel itu, saya mulai belajar untuk menuliskannya kembali dengan bahasa inggris. kunci dalam menulis esay adalah sering membaca. Karena kita tidak akan bisa menulis esay bagus jika tidak pernah membaca. 
Waktu untuk menulis esay 30 menit, usahakan membuat pembuka, isi esai dan penutup. Satu lembar saja sudah cukup asalkan pertanyaan topik yang diajukan bisa dijawab dengan baik. Seringlah latihan. 
Jika ada pertanyaan, bisa langsung tanya-tanya ya ke email : [email protected] . saya akan coba bantu menjawab pertanyaan temen-temen. J
Baca tulisan saya tentang seleksi Wawancara :Persiapan Seleksi Wawancara, LGD dan Esai LPDP (1)
 
 
Ditulis di Rancho Indah Dalam
20:07 WIB Saturday, 7 Mei 2016
Sambil denger lagu Float – Sementara

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *