Prosedur Legalisir Akta Lahir Mudah di Kemenkumham Tanpa Agen      

Legalisir Akta Kelahiran dibutuhkan di beberapa negara, salah satunya untuk persiapan keberangkatan ke Belanda. Akta Lahir di dalam kasus saya dibutuhkan untuk nantinya izin tempat tinggal (gementee) dan juga MVV Family. Saya akan menjelaskan dalam dua postingan yang berbeda. Postingan pertama adalah tahapan di Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) : bisa dilihat disini dan Kementrian Hukum dan HAM. Kedua tempat ini adalah tahap yang sangat krusial, sehingga saya akan berusaha menjelaskannya secara detail satu per satu tahapannya.

Ada beberapa tahapan yang harus dilewati agar akta kelahiran bisa dilegalisir oleh pihak Kementrian Hukum dan HAM. Saya akan menjelaskannya dengan beberapa jenis kasus, yaitu Akta Lahir yang masih keluaran lama, Akta Lahir yang telah dwi bahasa, dan Akta Lahir yang telah diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah. Karena setiap kasus memiliki prasyarat yang berbeda-beda.

 

Berikut ini adalah penjelasan masing-masing kasus :

Jika Akta Lahir masih Akta Lama

Bagi orang yang masih menggunakan akta lahir lama yang hanya berbahasa Indonesia, dibutuhkan syarat yang agak sulit. Dan yang perlu diingat, untuk pengurusan Visa atau Izin Tinggal di Luar Negeri, akta lama tidak akan berlaku. Jadi Akta Lahir Lama sangat disarankan untuk diterjemahkan atau dirubah ke Akta Lahir Dwi Bahasa

  1. Legalisir akta lahir ke Disdukcapil yang mengeluarkan Akta Lahir
  2. Meminta surat keabsahan dari Disdukcapil. Surat keabsahan bisa diminta di bagian Akta. Jika mereka tidak mau memberikannya, kalian bisa membuat surat ke Kemenkumham terlebih dahulu agar bersurat ke Disdukcapil tersebut.
  3. Meminta spesimen tandatangan Kepala Disdukcapil yang mengeluarkan akta lahir . Sama seperti surat keabsahan, terkadang ada Disdukcapil yang tak ingin mengeluarkan spesimen. Mintalah surat keterangan ke Kemenkuham dengan membawa
  • Fotocopy Akta Lahir
  • Fotocopy KTP

Surat keterangan dapat diperoleh setelah 3 hari kerja. Bawa surat tersebut ke Disdukcapil terkait, pasti dikasih spesimen tanda tangan deh. Heheh.

Jika Akta Lahir telah Dwi Bahasa

Beruntung bagi orang-orang yang sudah menggunakan Dwi Bahasa di Akta Lahirnya. Kenapa? Karena gak ribet urus-urus Surat Keabsahan dan lain-lain.

  1. Legalisir akta lahir ke disdukcapil yang mengeluarkan Akta Lahir
  2. Meminta spesimen tanda tangan di Disdukcapil tersebut. Bagi yang di kota besar, tak perlu meminta spesimen tanda tangan. Biasanya di daerah yang agak terpencil, tanda tangan kepala dinasnya belum ada di bank data Kemenkumham.

Jika Akta Lahir sudah Terjemahan Bahasa non Indonesia

Nah, kalau akta lahir sudah diterjemahkan lebih mudah lagi. Ehehe. Biasanya banyak orang yang memilih untuk menerjemahkan dokumen akta lahirnya daripada harus berurusan dengan birokrasi yang njlimet di Disdukcapil. Tapi jangan salah tempat untuk menerjemahkan akta lahir. Cara penerjemah yang telah memiliki SK Gubernur atau telah tercatat dengan Kemenkumham .

Apa yang harus dibawa?

Sebelum ke Kemenkumham, pastikan semua berkas yang dibutuhkan telah disiapkan. Jika akta lahir telah dilaminating, buka terlebih dahulu plastik laminating. Ada tempat fotocopy dekat bagian parkir yang bisa membuka plastik laminating.

Jika Akta Lahir masih Akta Lama

  1. Akta lahir yang asli
  2. Materai 6000
  3. Fotocopy akta lahir lama yang telah dilegalisir
  4. Fotocopy KTP
  5. Surat keabsahan
  6. Spesimen tanda tangan
  7. Map

Jika Akta Lahir telah DwiBahasa

  1. Akta lahir yang asli
  2. Materai 6000
  3. Fotocopy akta lahir dwibahasa yang telah dilegalisir
  4. Fotocopy KTP
  5. Spesimen tanda tangan
  6. Map

Jika Akta Lahir telah diterjemahkan

  1. Akta lahir asli yang telah diterjemahkan
  2. Materai 6000
  3. Fotocopy akta lahir lama
  4. Fotocopy akta terjemahan
  5. Fotocopy KTP
  6. Map

Bagaimana jika legalisir ingin diwakilkan?

Gampang saja, siapkan saja satu lembar surat kuasa yang dibubuhi materai 6000. Bawa juga KTP Asli orang yang menitip legalisir. Jika KTP tidak ada, maka proses legalisir tidak akan dilakukan.

Transportasi ke Kemenkumham

Kantor Kemenkumham terletak di Jl. H. R. Rasuna Said No.Kav 6-7, RT.16/RW.4, Karet Kuningan, Setia Budi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940 . Atau terletak di seberang Plaza Festival, Jakarta Selatan. Untuk mencapai kesana ada beberapa alternatif transportasi yang bisa digunakan

Kereta

Stasiun terdekat adalah Stasiun Tebet, setelah itu menyambung naik angkot 44 dan turun di deket Graha Pengayoman. Kalau naik angkot harus jalan kaki cukup jauh.

Busway

Turun di stasiun Manggarai naik bus transjakarta tujuan Manggarai Ragunan. Turun di halte bus GOR Sumantri

Gojek

Turun dari stasiun Tebet kemudian mengarahkan ke Graha Pengayoman Kemenkumham.

Kopaja

Turun di Stasiun Manggarai, naik Kopaja 66 turun di depan Plaza Festival. Naik jembatan penyebrangan menuju Kemenkumham

 

Apa saja yang dilakukan di Kemenkumham?

  1. Pergi ke bagian Imigrasi, naik ke Lantai 3 menggunakan lift.
  2. Menemui satpam di pintu masuk. Ambil nomor antrian untuk legalisir akta lahir.
  3. Setelah nomor antrian dipanggil, datang ke loket yang disebutkan.
  4. Bawa semua persyaratan tergantung akta lahir
  5. Isi formulir yang disediakan oleh petugas. Ingat, yang dilegalisir adalah akta lahir yang asli, jangan laminating akta lahir.
  6. Petugas akan memberikan dua kertas dan mengarahkan kepada satpam
  7. Satpam akan membawa kita ke komputer untuk mendapatkan nomor AHU
  8. Catat nomor AHU dan bawa kepada teller BNI yang ada di dalam ruangan yang sama
  9. Harga satu lembar legalisir sebesar Rp. 25.000
  10. Bawa kwitansi pembayaran ke loket penyerahan berkas
  11. Kita akan diberikan lembar untuk pengambilan. Waktu kerja sekitar 3 hari. biasanya jam 13.00 baru legalisir bisa diambil.
  12. Datang ke Kemenkuman setelah 3 hari sambil membawa kertas pengambilan.

 

Itulah prosedur mudah melakukan legalisir di Kemenkumham. Saya akan melanjutkan postingan saya tentang legalisir di Kemenlu dan Kedubes Belanda .

Ditulis di kamar kos tercinta

0:40 WIB Minggu, 16 Juli 2017

Sambil denger lagu Adele – I Can’t Make You Love Me

You may also like

3 Comments

  1. Halo, terima kasih untuk infonya. Akta kelahiran saya masih yg lama & Dispenduk menolak untuk membuat kutipan akte kelahiran. Dispenduk menyarankan sy untuk menerjemahkan akte kelahiran dalam bahasa Inggris. Mereka memberi sy daftar beberapa universitas yang dpt menerjemahkan akte kelahiran. Saya memilih salah satu universitas dan menerjemahkan akte saya.

    Yang saya ingin tanyakan, apakah Kemenkumham menerima akte kelahiran terjemahan universitas? Secara saya tidak tau apakah terjemahan universitas memiliki SK gubernur /sesuai syarat Kemenkumham atau tidak?

    Terima kasih

  2. Hai Feby,

    saya sarankan untuk menerjemahkannya ke penerjemah tersumpah yang terdaftar di Kemenkumham. Mereka biasanya punya daftar penerjemah yang bisa direkomendasikan. Kalau ke universitas takutnya tidak legal sesuai dengan syarat Kemenkumham.

    Hasil terjemahannya itu bisa dilegalisir ke Kemenkumham, Kemenlu dan Kedubes. Jadi lebih baik ke penerjemah tersumpah saja 🙂

    Regards

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *