Sukses ala Merry Riana

Pernah membaca buku Mimpi Sejuta Dolar? Buku yang menjadi best seller pada tahun 2011 ini menjadi salah satu buku favorit saya. Dan buku ter-rekomendasi untuk dibaca. Butuh semangkat? Merasa hidup anda terpuruk? Atau perlu pembelajaran hidup menjadi orang sukses? Buku inilah jawabannya.
Covernya emang agak aneh. Ada orang masuk ke sebuah istana gitu terus ada awan-awannya. Hmmm. Saya kurang tau apa maknanya, mungkin tentang orang yang sedang bermimpi. Lalu di awal buku kamu akan membaca 
“you can take me out from Indonesia, but you can’t take Indonesia out from me”
Sebuah kata-kata nasionalis yang membuat saya merinding membacanya. Oke, tapi kita bukan membahas bukunya. Saya akan membahas empunya cerita, Merry Riana. Seseorang wanita kuat nan cerdas. Seorang keturunan Cina yang tinggal di daerah Jakarta, hingga akhirnya harus sekolah ke luar negeri karena kerusuhan Mei 98. Sekolah yang ia pilih adalah Nanyang Technologi University, Singapura. Dengan berutang 300 ribu dolar pada pemerintah Singapura. 
Ia yang bisa menjadikan kerusuhan Mei 98 sebagai berkah dalam hidupnya. Ia bertahan hidup dalam penderitaan selama tinggal di Singapura. Berbekal 10 dolar per minggu, ia harus sering-sering menahan lapar. Hanya makan mie instan dan sepotong roti tawar, ia terus mencoba bertahan. Tanpa memberitahu keadaannya oleh orang tuanya. 
Hingga pada akhirnya ia berniat untuk memiliki kebebasan finansial sebelum umur 30 tahun. Mimpi inilah yang ia deklarasikan sebagai Mimpi Sejuta Dolar. Sebuah mimpi yang akhirnya bisa ia wujudkan pada umur ke 26. 
Namun untuk menuju kebebasan finansial yang ia idamkan, banyak hal dan rintangan yang ia jalani. Mulai dari pekerjaan menyebar brosur, menjadi pelayan restaurant, penjaga toko bunga, dan banyak lagi. Semuanya ia jalani dengan penuh semangat. 
Saya salut dengan keberanian beliau untuk mencoba hal-hal baru. Misalnya ia pernah mencoba jenis usaha Multi Level Marketing (MLM), pialang saham, maupun penjual jasa asuransi. Ckckc. Sebuah kerja keras yang tak henti hingga akhirnya ia berhasil mengumpulkan uang sejuta dolar. Kalau dirupiahkan sekitar 10 miliar. Waaahhh. Keren kan? Nah, pada tanggal 29 April lalu, ia membagikan tips dan triknya menjadi orang sukses. Intip yukk…
1.       Ask your self, “where are you?”. Bertanyalah pada diri kita sendiri, dimana kita berada? Apa pencapaian yang sudah kita dapatkan? Dan pencapaian apa lagi yang mau kita dapatkan. 
2.       Don’t dare to dream. Jangan pernah takut bermimpi. Inilah yang membuat Merry Riana bisa besar dari sekarang. Ia bermimpi bahwa pada umur 30 tahun, ia harus bebas secara finansial. Dan lewat mimpilah juga kerja keras, ia berhasil mewujudkannya.
3.       Ask your self, “what your purpose of your life?”. Tanyakanlah apa tujuan hidup anda. Setiap manusia harus punya pijakan dalam mengerjakan setiap kegiatannya untuk mengejar tujuan hidupnya. 
4.       Declare your dream. Deklarasikan mimpi anda. Teriakan apa mimpi mu. Tuliskan mimpimu. Jangan pernah ragu untuk mendeklarasikannya. Saya ingin menjadi Menteri Kelautan Indonesia. Inilah cita-cita yang saya teriakkan pada sesi seminar Merry Riana. Saya ingin mengubah paradigm kelautan Indonesia menjadi lebih baik. 
Nah, itulah step untuk menuju sukses. Namun masih ada hal lain lagi yang harus kamu lakukan setelah 4 hal tersebut. Berikut langkah-langkah untuk mendapatkan sukses itu.
1.       Decide. Pilihlah untuk maju. ubah cara pandang kamu akan sesuatu. Yakinlah bahwa kamu bisa. Dan kamu bisa mendapatkan kesempatan yang ada
2.       Discipline. Disiplin adalah kunci untuk mendapatkan mimpi kamu. Karena diantara mimpi dan kenyataan ada KERJA KERAS. Menurut Merry Riana, There is NO shortcut to success. 
3.       Desire. Berhasratlah karena dengan adanya hasrat, kamu siap untuk menghadapi hidup. 
Oke, itulah sedikit ilmu yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.. 
“Ke
suksesan datang bukan dibungkus oleh kertas emas, kadang ia datang dibungkus oleh Koran bekas —Merry Riana” 
Salam perubahan…

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *