Tempat Foto dengan Kostum Khas Belanda

Foto dengan kostum Belanda menjadi hal yang tidak boleh terlewat. Selama ini saya hanya mengenal Volendam, sebagai tempat foto baju tradisional. Namun usut punya usut ada beberapa lokasi yang menyediakan foto dengan baju tradisional.

Harga yang dipatok bervariasi, saya akan menjelaskan beberapa opsi untuk foto kostum tradisional dibawah ini.

Foto di Fotozwarthoed, Volendam

Tempat foto ini sudah menjadi langganan para turis Indonesia saat berkunjung ke Belanda. Lokasinya terletak di Desa Volendam, yang tak jauh dari Amsterdam. Sekitar 30 menit perjalanan dari Amsterdam Centraal.

Kita bisa pergi kesana dengan menggunakan bis nomor 316 atau 314 menuju Volendam atau Edam. Sebenarnya di desa Volendam banyak tempat yang menyediakan berfoto dengan kostum tradisional. Namun tempat ini lah yang paling banyak diminati oleh turis Indonesia.

foto orang-orang dari Indonesia

Saya melihat banyak sekali orang terkenal dari Indonesia yang berfoto disini, mulai dari mantan presiden Megawati, Gusdur, hingga artis-artis terkenal. Semua foto-foto dipajang di depan toko. Ketika weekend biasanya antriannya lumayan panjang. Yang saya suka dari toko ini sampai memperingatkan “awas copet” di ruang tunggu. Mungkin saking banyaknya orang Indonesia yang datang, mereka membuat papan peringatan dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Selain itu para staf juga menggunakan bahasa Indonesia yang terpatah-patah, seperti meminta kita untuk mengangkat tangan saat dipakaikan baju ataupun melepas aksesoris.

Harga?

Harga yang dipatok untuk setiap orang disini sekali foto adalah 17 euro. Setiap tambah orang, harga yang dikenakan juga berbeda. Berikut ini adalah price list untuk harga yang dikenakan per orang.

Wrapped up?

Nilai plus dari tempat ini adalah kita bisa melihat destinasi berbeda dari kota Amsterdam. Desa Volendam sendiri sebenarnya merupakan desa nelayan yang dijaga keasliannya hingga saat ini. Sehingga kita masih bisa melihat dengan jelas kepal-kapal nelayan dari pinggir laut.

Selain itu disini juga menjual souvenir-souvenir yang lebih murah dibandingkan yang ada di Amsterdam. Jadi sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. heheh. Oia, disini juga gak perlu reservasi, jadi tinggal datang aja kapanpun di jam buka, mereka akan dengan senang hati melayani para tamu.

Nama : Foto Zwarthoed

Lokasi : https://goo.gl/maps/n4jdwA3nF29zjPde9

Website : https://www.fotozwarthoed.com/

Foto di Amsterdam Costume Museum, Amsterdam

Jika hanya punya waktu yang tak banyak tapi mau foto bersama kostum khas Belanda tak ada salahnya mencoba tempat ini. Saya sendiri belum pernah kesini, tapi beberapa orang merekomendasikan untuk berfoto disini jika tak punya banyak waktu untuk transit di Amsterdam.

Lokasi tempat foto berada di basement milik National Costume Dutch Museum. Jadi kita harus bayar dulu untuk masuk ke dalam museum, kemudian bayar lagi untuk foto bersama kostum khas Belanda ini. Jadi lumayan membengkak sih harganya.

Tapi keuntungan dari tempat ini tak jauh dari pusat kota Amsterdam. Lokasinya yang terletak di Jalan Herengraacht membuat tempat ini sangat mudah dicari. Kanal Herengraact juga terkenal cantik, jadi bisa sekalian juga untuk foto-foto disekitar kanal. Selain itu bisa juga jalan-jalan ke Bloemen Market yang terkenal.

Harga?

Untuk masuk ke dalam museum kita harus melakukan reservasi terlebih dahulu melalui link dibawah ini.

Harga masuk ke dalam museum adalah 11 euro untuk orang dewasa, kemudian untuk harga foto dengan kostum sendiri adalah 15 euro per orang. Kalau foto keluarga untuk dua orang bersama dua anak kena 45 euro per foto.

Openingstijden en prijzen

Wrapped up?

Nilai plus dari tempat ini karena masih di dalam kawasan Amsterdam Centraal. Jadi kita hanya perlu naik trem (harga tiket trem 7.5 eur per 24 jam). Tiket ini gak bisa digunakan untuk pergi ke Volendam, jadi kalau cuman punya waktu yang terbatas, ada baiknya foto kostum di tempat ini saja. 🙂

Nama : Het Klederdacht Museum

Lokasi : https://g.page/dutchcostumemuseum?share

Website : https://www.amsterdam.info/museums/costume/

Foto di Something Extra, Delft

Tempat foto ini agak unik dari tempat foto yang lain. Kenapa? Karena mereka menyediakan kostum beragam dari abad ke 19 hingga kostum masa kini. Lokasinya terletak di Kota Delft, satu jam dari Amsterdam. Lumayan jauh dan menghabiskan waktu sih, tapi menurut saya worthed kalau emang mau tampil beda daripada yang lain. 🙂

Pemiliknya, Barbara sangat baik dan memberikan kita waktu untuk memilih kostum. Oia, tempat ini WAJIB direservasi. Jadi agak susah tuh kalau tiba-tiba mau datang kesini tanpa jadwal temu. Biasanya tempat ini tutup, tapi kalau pas lagi beruntung ya bisa masuk ke dalam tanpa reservasi. Tapi kata Barbara sangat jarang orang beruntung seperti itu. 🙂

Harga?

Untuk harga, tempat ini lebih mahal dibandingkan kedua tempat tadi. Tergantung dari kostum yang ingin kita gunakan. Jika hanya ingin menggunakan kostum hitam ala pejabat Amsterdam jaman dulu, kita hanya dikenakan sekitar 10 euro per person. Ini sudah termasuk foto berkali-kali kutip, baik indoor maupun outdoor. Kalau mau pakai kostum yang seperti di Volendam, harganya 15 euro per person. Kalau mau kostum yang berbeda dan terlihat lebih mewah harganya bervariasi mulai dari 25 euro hingga 50 euro.

Prijslijst Fun Photoshoot

Kalau sudah cek harga diatas, jangan lupa untuk melakukan reservasi melalui email : [email protected]

Wrapped Up?

Nama : Something Extra

Lokasi : https://goo.gl/maps/KUSWt1uyKiELrd4L6

Website : https://somethingextra.nl/

Nilai plus dari tempat ini adalah kita dilayani secara privat. Jadi gak ada orang lain yang bisa reserve tempat itu, Barbara dan tim sangat dedicated untuk merias tamunya. Jangan lupa bawa kosmetik sendiri, karena mereka hanya menyediakan kostum, tapi tidak soal riasan.

Kalau bawa kamera sendiri biasanya akan ada biaya tambahan. Jadi harus ngobrol sama Barbara soal harga diawal. Nanti kita juga akan dapat satu folder yang isinya foto kita semua sekitar 200 foto. Haha. Lebih banyak dibandingkan yang ada di Volendam maupun Amsterdam.

Penutup

Kalau dari semua tempat foto, saya paling merekomendasikan ke Delft. Karena range kostumnya banyak dan lucu-lucu. Pasti jadi hal yang sangat berbeda daripada kostum nelayan yang ada di Volendam. 🙂

Ditulis di Bennekom

2:20 CET Thursday 11 July 2019

You may also like

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.