Tempat Ibadah di Sekitar Wageningen University

Tempat Ibadah di Sekitar Wageningen University

Menjadi mahasiswa di Wageningen University terkadang membutuhkan ketenangan batin dan jiwa. Diantara tekanan kampus yang memberikan banyak tugas dan exam, sehingga ketenangan batin sangat diperlukan. Jangan sampai jiwa terguncang. Salah satunya mendekatkan diri kepada Tuhan. Karena itulah kampus ini sangat memperhatikan ini. Walaupun menurut website WUR sendiri, sebagian besar penduduk Belanda (40%) adalah ateis, namun mereka tetap menghargai kepercayaan yang lain.

Kebanyakan orang Belanda adalah orang Kristen, dengan presentase 55% penduduk Belanda adalah penganut Protestan atau Katolik. Aama Kristen adalah agama yang paling dominan di Belanda, namun ada beberapa agama lain disini seperti Yudaisme, Hinduisme dan Islam.

Di dalam websitenya, WUR merupakan organisasi yang netral, sehingga mereka membuat statement bahwa “Wageningen UR tidak mendukung kegiatan politik atau keagamaan (partai-)”. Karena itu mereka tidak memiliki ruang doa khusus bagi agama tertentu.

Silent Room

WUR menyediakan sebuah kamar kontemplasi atau bisa disebut dengan “Silent Room”. Ruangan ini bisa digunakan sebagai tempat yoga, tidur siang ataupun shalat. Jadi bagi mahasiswa internasional yang beragama Islam, banyak yang menggunakan silent room sebagai ruangan shalat berjamaah di waktu shalat.

Gedung Orion

Berikut ini adalah daftar Silent Room yang berada di WUR dan bisa digunakan untuk beribadah. 🙂

  • Radix 107, Droevendaalsesteeg 1
  • Gaia 101, Droevendaalsesteeg 3
  • Orion 103, Bronland 1
  • Atlas 104, Droevendaalsesteeg 4
  • Zodiak 122, De Elst 1
  • Leeuwenborch (LEBO) 201, Hollandseweg 1
  • Transitorium 312, Dreijenlaan 3
  • Imares, Haringkade 1 IJmuiden
  • Animal Science Group, Edelhertweg 15 & Houtribweg 39 Lelystad

Di dalam silent room sendiri ada beberapa peraturan yang harus ditaati oleh pengguna ruangan. Pertama, ruangan tidak bisa di booking, sehingga semua orang bisa menggunakannya. Untuk Silent Room di gedung Radix biasanya bisa digunakan diatas jam 1, karena ruangan tersebut juga digunakan untuk tidur siang. Silent Room di Radix ini yang paling sering digunakan untuk shalat berjamaah. Datang saja di waktu-waktu shalat, pasti banyak anak-anak Indonesia yang lagi disitu. 🙂

Selain itu ruangan harus tetap terjaga kebersihannya. Merunut pada website resmi Wageningen, peraturan ini mengikuti peraturan di Library. Minuman diperbolehkan tapi tidak dengan makanan.

Pengalaman saya ketika masuk kuliah disini awalnya bingung pas mau shalat di Forum. Males kalau mau ke Radix, saya pun mulai suka shalat di tempat-tempat sepi seperti sudut-sudut bangunan atau ruang kelas yang gak kepake. Tapi kadang saya shalat di tempat yang agak ramai. Hahah. Akhirnya membuat orang-orang pun penasaran dengan ‘yoga’ yang saya lakukan. Dari situ saya sering berdiskusi tentang Islam 🙂 Mereka dengan terbuka melihat ‘aktivitas’ yang saya lakukan. Karena itu saya pun udah gak risih untuk shalat di tempat-tempat yang terbuka. haha.

Aktivitas Keagamaan di Sekitar Wageningen University

Bagi mahasiswa internasional ada beberapa tempat ibadah yang bisa ditemukan di sekitar Wageningen University. Saya mengambil informasi ini dari website resmi WUR –> https://www.wur.nl/en/International-students-and-staff/whats-on-in-wageningen/Extracurriculair-activities/Churches-Contemplation.htm

Masjid

Bagi mahasiswa yang beragama Islam ada dua pilihan masjid yang bisa dikunjungi. Pertama Masjid Al Mouahidin (Islamitisch Cultureel Centrum) yang terletak di Peppelensteeg 1, 6715 CV Ede (situs web hanya tersedia dalam bahasa Belanda). Selain itu adalah Moskee Wageningen yang terletak di Nude 2D, 6702 DL Wageningen.

Moskee Wageningen

Kedepannya Moskee Wageningen akan dipindah ke Gymnasium yang berlokasi di Schapmanstraat 165, Nude. Karena itu donasi KitaBisa untuk membantu pembangunan Masjid Wageningen masih dibuka melalui link ini  : https://kitabisa.com/masjidwageningen

Kegiatan Gereja

Bagi mahasiswa beragama Kristen ada beberapa list gereja dan aktivitas yang bisa diikuti :

  • Gereja Siswa Internasional adalah komunitas pelajar ekumenis dan internasional dari negara-negara di seluruh dunia dan dari tradisi Kristen yang berbeda. SCW menyelenggarakan layanan bahasa Inggris setiap minggu 1 dan 3 setiap bulannya. Layanan dimulai pukul 12.00-01.30 di gereja Arboretum: Arboretumlaan 1a (sudut Arboretumlaan dan Agustus Faliseweg).
  • Layanan Taize Internasional dari Platform & Keraguan Siswa setiap senin setiap bulannya dari pukul 20.00 WIB di Arboretum Church Arboretumlaan 1a (sudut Arboretumlaan dan August Faliseweg).
  • Komunitas Katolik Internasional (ICC) menyelenggarakan setiap hari Minggu pukul 12.30 sore sebuah kelas internasional yang bahasa utamanya adalah bahasa Inggris di gereja Johannes de Doper (Bergstraat 17) di Wageningen. Setelah itu semua orang bertemu untuk minum, mengobrol, kue dan kue dan musik! Sesekali (dalam seminggu) sebuah Misa ditunda atau dibatalkan karena agenda ayah Henri ten Have. Oleh karena itu setiap bulan ICC mengirimkan jadwal Misa Kudus Inggris dengan informasi terkini tentang perayaan Misa. Jika Anda ingin menerimanya, kirimkan e-mail ke [email protected]
  • The Interdenominational Christian Fellowship atau ICF, menawarkan berbagai kegiatan di Wageningen. Bahasa Inggris dipuja pada hari Minggu pukul 10.30-12.15. Hollandseweg 328 Wageningen. Atau misalnya program keluarga angkat yang sangat sukses, di mana Anda sebagai siswa internasional atau anggota staf bisa berhubungan dengan keluarga Belanda.

Gereja Katolik Roma

Johannes de Doperkerk, Bergstraat 17, 6701 AB Wageningen. Setiap minggu Misa Kudus dalam bahasa Inggris. Pada bulan September setiap tahun menyambut semua siswa baru oleh International Catholic Community (ICC).

Gereja Protestan

Grote Kerk yang terletak di Centrum
  • Vredehorst (Reformed), Tarthorst 1, 6708 HG Wageningen. Amazing Grace Parish: setiap Sunday English Service dari pukul 13.30-15.30.
  • Grote Kerk (Reformed), Markt 1, 6701CX Wageningen (situs web hanya tersedia dalam bahasa Belanda)
  • Bevrijdingskerk (Orthodox-Reformed), Ritzema Bosweg 18 (situs web hanya tersedia dalam bahasa Belanda)
  • Vrijgezinde Kerk Arboretum church, pojok Arboretumlaan dan August Faliseweg, 6703AS Wageningen (situs web hanya tersedia dalam bahasa Belanda)

Sinagoga

Sinagoga Arnhem, Pastoorstraat 17a, 6811 ED Arnhem (situs web hanya tersedia dalam bahasa Belanda)

 

Hindu Temple

Vaidiek Sanatan Dharm, Niemeijerstraat, 6701CR Wageningen.

 

ditulis di Asserpark

1:33 CET Saturday, 23 December 2017

Sambil denger lagu Via Vallen – Kimcil Kepolen

You may also like

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.