Tips Keliling Belanda dengan Kartu Murah + Amsterdam Tour

Saya pernah mencoba satu kali pergi ke beberapa tempat di Amsterdam dengan menggunakan tarif reguler. Hasilnya? MAHAL. Pengeluaran membengkak. Karena jujur saja, Belanda merupakan salah satu negara dengan sistem transportasi termahal. Kalau paling mahal itu di Swiss.

Sebelum memulai, ada baiknya, kalian membaca tulisan saya tentang Apps wajib ketika datang ke Belanda disini. Baca di bagian Apps 9292, apps untuk transportasi selama di Belanda. Bisa juga pakai Google sih sebenarnya. Haha. Tapi kalau di 9292 atau NS Planner lebih komprehensif aja rasanya.

Naik Kereta

Buat teman-teman yang sedang datang di Belanda dan mengharuskan naik kereta jarak jauh, saya sarankan untuk membeli kartu Daagkaart. Dagkaart adalah kartu seharian yang bisa digunakan untuk naik kereta (beberapa bisa digunakan untuk bis juga). Harga dagkaart sangat bervariasi mulai dari 16 euro hingga 19 euro tergantung kapan keluar.

Ada beberapa toko yang mengeluarkan dagkaart secara berkala seperti AlbertHeijn, Etos, Primera, atau HEMA. Tapi waktunya gak menentu. Kalian bisa mengecek di website ini kalau mau cari tau dagkaart yang available. Atau kalian bisa ngecek di Google dengan kata kunci Daagkaart dan bulan kalian membeli dagkaart. Misalnya saya butuh Dagkaart di bulan November 2018 “Dagkaart November 2018”. Maka akan muncul hasil pencarian dagkaart di tanggal tersebut.

Tata Cara Penggunaan Dagkaart

Penggunaan Dagkaart pun tak leluasa pada hari kerja. Kartu ini hanya bisa digunakan pada jam-jam tertentu. Mulai dari jam 9 pagi hingga jam 4 sore. Kemudian dilanjut setelah pukul 6.30 sampai tengah malam. Hal ini dikarenakan mereka hanya memberlakukan dagkaart pada off peak time. Tapi untuk hari sabtu-minggu, dagkaart bisa digunakan sesuka hati.

Selain itu dagkaart juga memiliki beberapa jenis. Ada dagkaart yang bisa digunakan untuk kereta dan bis keliling Belanda, ada yang hanya tertentu di dua kota, ada yang hanya tertentu di tiga kota, tertentu ke satu kota dengan tiket masuk ke tempat wisata, dan lainnya. Jadi kalian harus baca baik-baik ketentuan yang dimiliki oleh setiap dagkaart.

Amsterdam Tour dengan Kartu Murah

Nah bagi kebanyakan turis Indonesia ke Belanda hanya berkutat di Amsterdam. Kenapa Amsterdam? Saya juga kurang paham, tapi emang banyak banget turis Indonesia di Amsterdam. Selain itu, biasanya para turis mengunjungi tempat seperti Zaanse Schan, Volendam, dan Marken Dimana tempat ini bisa dikunjungi dengan menggunakan kartu transportasi yang hanya berlaku di Amsterdam.

Nama kartunya GVB Region Card. Harganya 19.5 euro per 24 jam. Kalau dua hari 28 euro. Kalian bisa lihat informasi lebih lengkap di website ini GVB Amsterdam and Region Card. Buat yang mau mengunjungi tempat-tempat yang saya sebut, saya sarankan untuk menggunakan kartu ini. Daripada harus beli tiket kereta, trem, dan bis berkali-kali. Saya pernah nyobain dan harganya lebih mahal daripada tiket harian ini.

 

kartu Ams region

Kalian bisa lihat peta penggunaan kartu region ini disini. dan kalian bisa membelinya di Holland Tourist Information, SchipholService & Tickets counter.

Selain itu ada juga kartu Amsterdam Travel Ticket yang harganya lebih murah yaitu 16 euro per 24 jam. Tapi bedanya, kartu ini gak bisa digunakan kalau kalian tiba-tiba mau ke Volendam. Karena bus yang digunakan tidak termasuk dalam kategori GVB. Jadi harus lihat kemana tujuan kalian dalam menentukan tiket yang akan kalian beli nantinya.

Kalian bisa membelinya di I Amsterdam Visitor centre: Amsterdam Centraal Station, Schiphol Airport, Arrivals 2 at Schiphol plaza (Holland Tourist information). Atau bisa juga membeli melalui website ini.

Kalau Hanya Keliling di Amsterdam?

kartu trem

Buat kalian yang hanya ingin keliling Amsterdam ada juga opsi murah yang bisa kalian gunakan. Ada kartu yang bisa digunakan untuk trem, bus dan metro seharga 7.5 euro per 24 jam. Dengan kartu ini, kalian bisa sepuasnya keliling kota Amsterdam tanpa capek. Kalian bisa cek disini.

Kalian bisa mendapatkannya di AKO Schipol Airport, GVB Yellow Machine, GVB Webshops, dan GVB Vending Machine.

Misalnya mau ke IAmsterdam Sign di Museumplein, kalian tinggal naik trem saja. Atau mau mencoba ke Anne Frank Museum. Kalian tinggal naik trem dan kalian akan diantar tak jauh dari tempat yang kalian tuju. Oia, untuk mengecek tujuan, saya sarankan untuk mendownload apps 9292. Aplikasi ini sangat membantu untuk travelling selama di Belanda.

Penutup

Nah, buat kalian yang mau keliling Belanda, mungkin ada baiknya membeli Dagkaart untuk kereta, namun bagi yang hanya ingin keliling Amsterdam Region bisa membeli kartu Amsterdam Region saja. Selamat berpetualang. 🙂

ditulis di Leuwenborch

14:44 PM

Sembari belajar tentang perkartuan di Belanda.

You may also like

24 Komentar

  1. Mbak, kalau sprinter train apakah bisa dicover menggunakan GVB Regional Card?
    Bisakah mengcover dari Schipol airport sampai ke Zaadam ?
    Terima kasih.

  2. Iya mbak. Kartu Regional Card mengcover dari Volendam, Marken, Zaandam hingga Zaanse Schaan. Itu juga cover Schipol kok mbak. Jadi kalau tiba di Schipol ada baiknya langsung beli kartu itu aja kalau di hari yang sama mau langsung jalan2.

  3. mbak mau nanya, inikan aku lagi ngecek dagkaart, tapi aku masih belum paham, misal AH treinkaartje – onbeperkt reizen v.a. €14,50 –> ini itu aku bisa naik kereta berkali2 dalam satu hari atau 1 kereta di 1 hari ulimited time?. soalnya aku check yang Twee los van elkaar te gebruiken treinkaartjes enkele reis voor maar € 25,- bij VakantieVeilingen.–> harganya 25 untuk 2 ticket ?. masa lebih murah yang unlimited time?

  4. Halo mbk Amanda, bisa naik kereta kemanapun dalam satu hari unlimited. Ini biasanya digunakan ke luar kota. Lebih murah daripada beli ketengan.
    Kalau yang 25 eu itu untuk dua kali perjalanan saja.

  5. Kalau saya tiba jam 13.00 sebaiknya saya ikut city tour atau tetap bisa bepergian sendiri

  6. Kalau waktunya mepet mungkin ide bagus untuk ikut Hop On Hop Off, tapi karena saat ini sedang Spring, jadi matahari baru terbenam pukul 9 malam. Banyak waktu yang bisa digunakan untuk keliling Amsterdam Region sendirian 🙂

  7. Selamat siang Bu Adlienerz.

    Saya mau tanya dong, untuk GVB day card, apakah bisa di pakai di sprinter?

    Saya apabila cek di google map, selalu di refer pakai sprinter untuk kemana mana. Termasuk dari amsterdam central ke amsterdam Sloterdjik. Apakah memang lebih enak naik sprinter daripada tram dan metro?

    Saya rencana 3 malam di Amsterdam. Sampai di Amsterdam central dan akan kembali via Schipol.
    dan jalan jalkan di sekitar amsterdam dan harlem. Apakah worthed untuk beli Amsterdam region card? dan belnya dimana ya?

    Thanks atas info nya

  8. Selamat siang. Sprinter tetap bisa digunakan dengan Amsterdam Region Card. haarlem juga masih masuk dalam area Amsterdam Region , jadi masih bisa.

    Sebenernya dari Amsterdam Centraal banyak opsi untuk ke Sloterdijk, kalau saya suka naik sprinter karena lebih cepat. Hehe. Tapi metro juga bisa kok. Terserah waktunya mana yang lebih cepat sampai ke Sloterdijk.

  9. Terima kasih atas informasinya. Berarti apabila beli GVB day pass, sebenarnya bisa sampai juga ya dari Central ke Sloterdjik by Tram atau MRT, cuma lebih jauh dan lama? Dan nanti untuk ke Harleem dan airportnya baru beli tiket satuan.

    Apabila beli online, nanti tetap harus ambil ticket nya di Amsterdam central ya?
    Thx

  10. Kalau lihat dari website ini : https://en.gvb.nl/gvb-dag-meerdagenkaart bisa pakai GVB day pass ke Sloterdijk. kalau naik kereta cuman 6 menit, kalau naik bis dan trem jadi setengah jam.

    Amsterdam Central ke Schipol juga termasuk di GVB Day Pass ini. Tapi ak gak tau beli ini dimana. Mungkin di toko buku AKO di Schipol bisa didapat.

  11. tolong tanya untuk dagkaart bisa di gunakan unlimited 1 hr dalam kota amsterdam dan luar kota amsterdam termsk ke giethorne,roermond outlett dan zaanse schans dan airport schipol : utk 1 hari kecuali peak hour ya?

  12. dagkaart hanya bisa digunakan untuk kereta saja, jadi kalau mau ke stasiun Steenwijk (untuk ke Giethoorn), Roermond, Zaanse Schaan dan juga Schipol masih bisa dijangkau. Tapi yang harus diingat, bis tetap harus bayar secara terpisah. Jadi kalau pusat atraksi seperti Giethoorn yang harus naik bis, tidak bisa menggunakan dagkaart tersebut.
    dagkaart juga tidak bisa digunakan saat peak hour. semoga membantu.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.