Tips Memilih Moda Transportasi di Eropa

Tips Memilih Moda Transportasi di Eropa

Melakukan perjalanan di Eropa sebenarnya bisa jadi hal yang sangat challenging bagi orang yang pertama kali datang kesini. Setelah mencari tahu tempat tujuan yang kita tuju, kita langsung akan mencari informasi ‘how to get there’ di Google.

Ada yang perlu menjadi pertimbangan ketika memilih moda transportasi, yaitu :

  1. Waktu
  2. Kenyamanan
  3. Seberapa jauh moda transportasi bisa dicapai dari tempat tujuan
  4. Harga

Bis

Budget : Rendah

Waktu : Lama

Kenyamanan : Siap tidur di dalam bis

Tempat tujuan : Biasanya terminal bis agak jauh dari pusat kota

Seperti yang kita ketahui, moda transportasi ini menjadi salah satu favorit para backpacker. Karena dengan biaya rendah, kita bisa menjelajahi banyak kota. Bis yang bisa kita pilih berdasarkan tingkat kenyamanannya dan juga dari segi waktu. Jika kebetulan hanya punya waktu yang terbatas, jangan coba untuk menaiki bis jarak jauh. Karena hal ini hanya membuat Anda banyak kehilangan waktu untuk perjalanan saja.

Tips bepergian dengan bis

Pesan tiket dari situs website yang terpercaya. Ada beberapa situs yang bisa digunakan untuk mencari tahu range harga bis antar kota di Eropa. Untuk situs pencarian harga bis di Indonesia, bisa cek disini cek rute dan harga bus Lorena untuk informasi lebih lanjut tentang jadwal bis.

Situs yang memuat informasi harga bis, biasanya masih dalam kurs Euro, jadi harus bayar dengan perubahan kurs dari rupiah ke euro. Jadi biasa pembayaran menggunakan kartu kredit. Saya terbiasa untuk menggunakan beberapa situs seperti Flixbus dan Omio.

Untuk beberapa perusahaan bis, mereka biasanya memiliki harga yang lumayan masuk akal dengan program mereka. Misalnya saja Flixbus yang menawarkan perjalanan ke 5 kota di Eropa dalam jangka waktu tiga bulan hanya dengan harga 99 euro.

Kereta

Budget : Menengah

Waktu : Cepat

Kenyamanan : Nyaman, karena tempat duduknya sudah ditentukan

Moda Transportasi : biasanya Stasiun kereta api berada di dalam pusat kota

Moda transportasi kereta ini juga bisa dipilih jika waktu yang Anda punya masih flexible dan budget normal. Karena harga tiket kereta kadang bisa jadi sangat mahal, bisa jadi sangat murah. Di beberapa negara kereta menjadi opsi satu-satunya untuk menuju kota satu ke kota yang lain, misalnya saja Swiss.

Ada sebuah tiket kereta yang bisa digunakan ke beberapa negara dalam jangka waktu yang telah ditentukan, yaitu Eurail Pass. Tiket ini sudah ditawarkan melalui website penjualan di Indonesia. Harganya juga lumayan masuk akal untuk perjalanan jauh dengan waktu beberapa hari.

Penggunaan Eurail pass ini bisa membantu kita untuk memperhitungkan berapa lama waktu yang akan kita gunakan selama menjelajah Eropa.

Tips bepergian dengan kereta

Untuk bepergian dengan kereta ada baiknya sudah menyusun itinerary dengan baik, jangan sampai salah tanggal. Karena perjalanan dengan kereta bisa memakan waktu yang sangat panjang, jadi harus perhatikan kapan waktu kedatangan dan waktu ketibaan.

Jika menggunakan Eurail Pass, ada baiknya menggunakan Eurail Pass untuk perjalanan yang jauh. Karena lumayan juga harganya, kemudian bandingkan juga dengan harga tiket lokal. Jangan sampai menggunakan Eurail pass untuk perjalanan yang dekat.

Pesawat Terbang

Budget : Tinggi

Waktu : Cepat

Kenyamanan : nyaman tergantung jenis pesawat

Tempat tujuan : Biasanya airport agak jauh dari pusat kota

Moda transportasi pesawat terbang menjadi salah satu opsi yang paling banyak diambil jika punya waktu yang sedikit dan budget yang lumayan besar. Karena di beberapa musim tertentu harga tiket pesawat menjadi sangat mahal. Coba saja pesan tiket saat summer, biasanya harga pesawat di Eropa langsung naik beberapa persen. Hal ini bisa sangat dimaklumi karena permintaan untuk menikmati summer di berbagai negara sangat tinggi.

Tahun lalu, saya sempat menikmati Italia selama seminggu dan untungnya sudah saya booked penerbangan Eindhoven – Venice dengan harga 30 euro saat musim semi. Ketika mendekati musim panas, saya sempat cek tiket lagi dan harganya mencapai 70 euro. Lumayan banget bedanya.

Tips flight pesawat terbang

Pencarian pesawat terbang bisa menggunakan beberapa website murah seperti budgetair.nl, wtc.nl, atau jika sudah tau ingin naik pesawat low budget airlines, bisa memilih langsung menuju ke website seperti Ryan Air. Selain itu biasakan beli tiket saat musim yang sedang low. Misalnya musim dingin ataupun musim gugur, biasanya orang Eropa sendiri jarang bepergian saat dua musim ini berlangsung.

Gunakan moda transportasi pesawat jika waktu yang Anda punya memang mepet dan juga saat kota yang ingin Anda datangi lumayan jauh. Misalnya Amsterdam ke Venice lebih baik menggunakan pesawat, daripada bis, karena pergi dari Amsterdam menggunakan bis bisa mencapai waktu 14 jam perjalanan. Ketika sudah tiba di Venice, baru deh cari moda transportasi lain di Italia untuk mencapai kota-kota eksotik lainnya.

Penutup

Untuk saya sendiri lebih suka perjalanan menggunakan kereta, karena kereta di Eropa bersih dan juga stabil. Saya gak suka naik pesawat, karena biasanya pesawat low budget punya biaya tambahan seperti bagasi dan lain sebagainya. Kalau kereta api, harga yang kita bayarkan, sudah termasuk biaya bagasi. 🙂

 

ditulis di Bennekom

12:00 CEST, Vrijdag 19 July 2019

astagfirullah, udah Juli aja..

 

 

You may also like

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.