Tips Menghadapi Wawancara Beasiswa LPDP

Wawancara adalah salah satu tahapan terpenting dalam seleksi untuk mendapatkan beasiswa. Kenapa? Karena pada tahap ini pemberi beasiswa dan calon penerima beasiswa bisa bertatap muka. Untuk beasiswa LPDP, tahap wawancara merupakan salah satu poin penting. Tapi tak bisa menafikkan poin yang bisa didapatkan pada tahap Esai di tempat dan Leaderless Group Discussion.

Saya telah menuliskan beberapa tahap awal untuk mendaftar beasiswa LPDP

  1. Langkah awal mendaftar Beasiswa LPDP -> http://adlienerz.com/langkah-awal-mendaftar-beasiswa-lpdp/
  2. Persiapan wawancara, LGD dan esai (1) LPDP -> http://adlienerz.com/persiapan-seleksi-wawancara-lgd-dan-esai-lpdp-1/
  3. Persiapan wawancara, LGD dan esai (2) LPDP -> http://adlienerz.com/persiapan-seleksi-wawancara-lgd-dan-esai-lpdp-2/
  4. Perubahan Seleksi LPDP 2017 -> http://adlienerz.com/perubahan-seleksi-lpdp-2017/
  5. Tahap-tahap menggapai kampus impian -> http://adlienerz.com/tahap-tahap-menggapai-kampus-impian/
  6. Cara buat surat keterangan bebas narkoba untuk LPDP -> http://adlienerz.com/cara-buat-surat-keterangan-bebas-narkoba-lpdp/
  7. Cara buat SKCK untuk LPDP -> http://adlienerz.com/cara-buat-skck-untuk-syarat-lpdp/
  8. Cara dapatkan LoA Wageningen University -> http://adlienerz.com/step-by-step-dapatkan-loa-unconditional-dari-wageningen-university/

Tulisan ini adalah hasil wawancara dari beberapa orang yang telah berhasil mendapatkan beasiswa, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Mereka membagikan tipsnya ketika menghadapi seleksi wawancara. Tapi yang perlu diingat, setiap penerima beasiswa menghadapi situasi yang berbeda-beda ketika bertemu dengan interviewer. Yang perlu diingat, jadilah dirimu sendiri. Be yourself. And prepare yourself sebelum menghadapi interview.

Jadi ketika wawancara kita akan dihadapkan dengan tiga orang. Dua orang sesuai dengan jurusan kita. Misalnya saya ambil jurusan Kelautan, maka dua orang tersebut adalah ahli dalam bidang Kelautan. Sedangkan yang satu lagi adalah seorang Psikolog.

Dua orang ahli akan lebih fokus menanyakan tentang jurusan kita, sedangkan satu orang lainnya akan banyak menilai attitude dan jawaban-jawaban kita. Kenapa harus ada psikolog? Karena LPDP akan menilai apakah kita siap untuk kuliah di Luar Negeri dengan segala kesulitannya. Kuliah di luar negeri tidak bisa dikatakan mudah, sehingga LPDP sangat selektif untuk memilih calon penerima beasiswa.

Oia, wawancara dilakukan tergantung tujuan kampus. Jika mengambil kampus tujuan di Dalam Negeri, maka wawancara dilakukan menggunakan bahasa Indonesia. Jika mengambil tujuan kampus di Luar Negeri maka wawancara dilakukan dengan menggunakan bahasa Inggris.

Persiapan Sebelum Memulai Wawancara

Ada beberapa persiapan yang bisa kamu lakukan sebelum wawancara dimulai :

  1. Berdoa terlebih dahulu sebelum memasuki ruangan wawancara
  2. Jangan lupa sarapan, agar perut tenang dan jiwa pun tentram
  3. Datang lebih awal ke tempat yang telah ditentukan. Jangan terlambat!
  4. Bersikap yakin dan optimis. Tapi jangan berlebihan.
  5. Tenang ketika menjawab pertanyaan
  6. Mempersiapkan sertifikat, diploma, dan surat-surat penghargaan yang dimiliki sebagai bukti yang telah dimasukkan ke dalam CV
  7. Jangan terlalu tegang. Tersenyum secara wajar ,tetapi jangan tersenyum terus menerus
  8. Berpakaian sopan dan rapih.
  9. Tunggu sampai dipersilakan duduk atau minta izin duduk ketika sudah dekat dengan meja reviewer yang telah ditunjuk
  10. Tunjukkan kemampuan diri anda kepada reviewer jika diminta , namun jangan berlebihan
  11. perhatikan dan pahami setiap pertanyaan pewawancara dengan baik. Fokus!
  12. Bicaralah dengan jelas dan tegas
  13. Atur nada suara dengan tepat seperti bicara dalam suasana formal
  14. Eye contact dengan reviewer sangat penting. Jangan hanya fokus kepada satu reviewer saja.
  15. Tunjukkan minat/ketertarikan dan kesungguhan anda dalam terhadap apa yang interviewer katakan.
  16. Bersikaplah jujur dan jangan bertele-tele dalam menjawab pertanyaan

Tapi yang harus diingat tetap jadi dirimu sendiri. Jangan pernah mencoba jadi orang lain. Ketika wawancara, saya lebih banyak bercanda dengan reviewer. Karena pertanyaan mereka ada yang sangat lucu dan saya tak bisa menahan untuk tidak tertawa. Hahah. Tapi di saat lain saya benar-benar serius ketika pertanyaan mereka sudah terasa sangat serius. Jadi saya berusaha menjadi seimbang ketika mereka mengajukan pertanyaan yang serius.

FYI, waktu wawancara saya mencapai 1 jam lebih. Karena apa? Karena banyak bercanda dan diskusi panas tentang dunia kelautan. Tapi wawancara tersebut adalah salah satu sesi terbaik dalam hidup saya.

Tips Ketika Wawancara Berlangsung

Agar bisa menjawab pertanyaan para reviewer nantinya, ada bagusnya kalian simak tips di bawah ini :

  1. Pelajari Esai yang sudah kamu tulis dengan baik. Dalam kasus saya, interviewer banyak menanyakan Rencana Studi saya. Karena menurut mereka masih sangat jarang orang yang ingin mengambil Tesis tentang “Eco-label dalam dunia perikanan”. Karena itu reviewer menggali lebih dalam tentang eco label dalam perspektif saya. selain itu reviewer banyak mengajukan pertanyaan tentang solusi dari beberapa hal yang terjadi di dunia kelautan Indonesia.
  2. Sebelum menghadapi wawancara ada baiknya menyiapkan list pertanyaan dan jawaban yang akan kamu jawab dalam bahasa inggris. List pertanyaan LPDP saat ini sudah tersebar luas di internet. Kalian bisa menggunakan pertanyaan tersebut untuk latihan sebelum menghadapi wawancara betulan. Karena banyak pertanyaan dalam wawancara LPDP yang berulang, seperti
  • Kenapa kami harus memilih Anda dibandingkan orang lain untuk menjadi Awardee?
  • Jelaskan siapa Anda dan kenapa anda memilih jurusan ini?
  • Apakah sudah dapat LoA (letter of acceptance)? Kalau belum dapat, kenapa belum dapat?
  • Apa kelebihan kamu? Apa kelemahan kamu?
  • Bagaimana kamu memandang diri kamu sendiri?
  • Apakah kamu tau apa saja Visi Misi LPDP? (yes, kadang ada pertanyaan tentang LPDP juga)
  • Apakah kamu tau lagu Indonesia Raya? Coba nyanyikan..

3.Latihan dengan teman-teman yang akan interview beasiswa LPDP juga. Atau cari teman yang sudah lulus beasiswa LPDP sebelumnya. Hal ini bisa membantu kamu agar mengetahui atmosfir keadaan wawancara beasiswa LPDP. Tak perlu kumpul-kumpul dalam kelompok besar. Cukup latihan dengan dua atau tiga orang. Ketika berlatih dengan teman, pelajari kelemahan dari jawaban kamu atau jawaban temanmu agar bisa saling memberikan masukan.

4. Jika kamu ingin melihat hasil wawancara kamu, rekam dengan webcam di laptop. Hal ini membantu untuk mengetahui bagaimana kamu bereaksi dengan pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh temanmu. Atau coba berlatih sendirian dan melihat bagaimana eye contact kamu dengan webcam

5. Memberikan jawaban dengan langsung akan lebih baik. jangan terkesan kamu bertele-tele atau bahkan tidak menguasai materi yang kamu ajukan kepada LPDP. Sama seperti tes Speaking pada IELTS, berikan jawaban jangan lebih dari 2 menit. Pelajari dengan baik semua esai.

6. Jangan terlalu arogan ketika menjawab pertanyaan. Misalnya “Saya akan merubah negara dengan jalan saya,” jawaban seperti ini akan memancing reviewer untuk memberikan pertanyaan lain. Jadi bijaksana dalam memberikan jawaban sangat disarankan dalam wawancara

7. Be profesional. Karena wawancara beasiswa hampir sama dengan wawancara pekerjaan. Mereka akan menilai diri kamu apakah kamu cocok untuk mendapatkan beasiswa ini atau tidak.

Indikator Penilaian Wawancara

Itu adalah beberapa tips dalam menghadapi wawancara. Tapi sebenarnya apa saja yang dinilai oleh reviewer ketika memberikan nilai kepada calon penerima beasiswa. Berikut ini adalah Indikator Penilaian Wawancara yang saya kutip dari blog www.kikyedward.com :

1.Justifikasi/ Argumentasi

2) Penampilan fisik

3) Gerak gerik dan sopan santun

4) Nada suara (tone voice)

5) Rasa percaya diri

6) Inisiatif

7) Kebijaksanaan

8) Daya tanggap dan kerjasama

9) Ekspresi wajah

10) Kemampuan berkomunikasi

11) Sikap terhadap pekerjaan ataupun beasiswa

12) Selera humor

 

Itulah beberapa tips dalam menghadapi wawancara beasiswa LPDP yang bisa saya berikan berdasarkan pengalaman beberapa awardee dan saya sendiri. Semoga bermanfaat! Semangat mengejar impian!

Ditulis di ISKINDO

22:45 WIB Sabtu, 22 April 2017

Sambil dengar lagu Sakura-sakura Aitai Yo

 

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *