Tips Penting Bagi Snorkeler Pemula #saveourcoral

Pernah lihat foto kumpulan orang yang membuat tenda di atas terumbu karang masif? Pernah melihat orang yang foto di bawah air kemudian menginjak terumbu karang? Atau mungkin pernah melihat orang yang mencabut terumbu karang kemudian mengangkatnya ke permukaan air? Saya menganggap mereka tidak mengetahui fakta tentang terumbu karang. Sehingga muncul tulisan ini karena saya merasa resah dengan foto-foto tersebut. 
Guys, please do concern with our coral reef condition. Why we need to concern about this? Fyi , Indonesia memiliki luas sekitar 2.915.000 kilometer persegi. Dan hebatnya, daerah terumbu karang kita terdiri dari 51.020 kilometer persegi. Sungguh kekayaan alam yang sangat besar. Namun menurut ReefBase tahun 2016, ada 82% daerah terumbu karang kita sangat beresiko untuk hilang atau rusak. Padahal Indonesia memegang 17% dari total area terumbu karang dunia.
Terumbu karang yang dicoret-coret gak jelas. hiks (source : secore.org)

Bagi teman-teman yang sangat cinta dengan keindahan bawah laut harus mengetahui fakta terumbu karang di Indonesia agar terus berhati-hati dengan terumbu karang.
Fakta 1 : Karang adalah HEWAN! Bukan tumbuhan! Jangan salah lagi ya guys. Kenapa bisa karang dikatakan sebagai hewan? Secara sederhana, terumbu karang atau coral reefs dapat diartikan sebagai sekumpulan hewan laut yang berupa karang tunggal atau polip, kemudian bersimbiosis dengan alga atau zooxanthellae. Karena aktivitas biologinya yang aktif di bawah permukaan laut, struktur fisik terumbu karang membentuk sedimen kalsium karbonat. Warna-warni karang yang terlihat adalah hasil kerja zooxanthellae. So, lebih hati-hati ya ketika snorkeling. Banyak kehidupan yang kalian pertaruhkan ketika snorkeling. 
Fakta 2 : Terumbu karang itu menghasilkan oksigen bagi biota laut yang hidup bergantung padanya. Kok bisa? Karena Zooxanthellae adalah suatu jenis algae yang bersimbiosis dalam jaringan karang. Zooxanthellae ini melakukan fotosintesis menghasilkan oksigen yang berguna untuk kehidupan hewan karang
Fakta 3 : Pertumbuhan karang sangat lambat. Pertumbuhan karang bercabang seperti jenis Acropora sp. mempunyai kecepatan tumbuh antara 10-15 cm per tahun. Sedangkan karang masif (yang umumnya berbentuk bulat) umumnya pertumbuhannya sangat lambat yakni sekitar 0,8 – 1,0 cm per tahun. Gak sampai 2 cm per tahun, guys! Jadi jika kalian mematahkan karang lebih dari 20cm, bayangkan berapa tahun yang dibutuhkan untuk membentuk sebuah terumbu? Sekitar puluhan tahun untuk membentuk sebuah terumbu karang. 
Fakta 4 : Terumbu karang adalah rumah bagi ribuan ikan dalam arti tempat memijah, mencari makan dan bertelur. Terumbu karang yang merupakan ekosistem menjadi rumah bagi 25% spesies ikan laut. Biota laut seperti ikan hiu yang notabene berada di laut dalam pun memijah di kawasan terumbu karang. Bisa dibayangkan betapa berartinya sebuah ekosistem terumbu karang bagi biota laut. 

 

ikan hiu di gugusan terumbu karang ( source : seasky.org)

 

Fakta 5 : Laporan status terumbu karang dunia yang dikeluarkan Global Coral Reef Monitoring Network (GCRMN) menyebutkan bahwa pada periode 2004 hingga 2008, 19 persen luasan terumbu karang dunia telah hilang, 15 persen terancam hilang 10-20 tahun ke depan, dan 20 persen luasan terancam hilang 20-40 tahun mendatang. Jadi, please, jangan menjadi penyumbang kerusakan terumbu
karang yang sudah rusak. Jika tingkat kerusakan terumbu karang tetap berlanjut, 70% terumbu karang dunia akan hancur pada tahun 2050. 
Sekarang paham kan kenapa saya agak gemas dengan foto-foto nakal di Instagram dengan terumbu karang? Karena kawasan terumbu karang makin menyusut. Ini fakta yang tak bisa dielakkan. Tak jarang saya melihat terumbu karang yang hancur, memutih, bahkan menjadi butiran pasir kasar di lokasi wisata. Nah sekarang apa yang bisa kita lakukan agar kepunahan terumbu karang tidak terjadi? Sebagai salah satu snorkeler pemula, saya ingin sedikit berbagi cara-cara aman ketika ingin memasuki kawasan terumbu karang. 
Cara 1 : Jangan menggunakan sun screen terlalu banyak ketika snorkelling! Kok bisa? Nanti kulit saya terbakar? Jawabannya karena bahan yang digunakan oleh sunscreen yang bisa berefek pada terumbu karang. Kebanyakan sunscreen menggunakan zinc oxide dan titanium oxide, bahan yang tidak hancur dan punya potensi besar untuk menghancurkan karang. Selain itu mineral (petroleum) punya kadar kelarutan yang sangat rendah sehingga sulit untuk hancur dan fatal untuk biota laut dan burung-burung. Trus pakai apa ketika snorkeling agar tidak sunburn? Tergantung masing-masing orang, kalau saya memilih untuk menggunakan lengan panjang kalau berenang. 
Cara 2 : Latihan menggunakan alat sebelum snorkeling di laut. Latihan bisa dilakukan di kolam berenang untuk membiasakan diri menggunakan alat snorkeling yang terdiri dari masker, snorkel dan fins (kaki katak). Kenapa harus latihan? Banyak pemula yang kaget menggunakan snorkel dan meminum banyak air. Sehingga ia pun panik dan mulai mencari tempat berpijak. Ketika mencari tempat berpijak, seringkali terumbu karang yang terluka. Karena itu latihan sangat disarankan sebelum memasuki area terumbu karang. Selain itu juga dibutuhkan untuk mengetahui kode-kode jika mengalami bahaya. 
perhatikan jarak aman ketika snorkeling (source : notey.com)
Cara 3 : Perhatikan jarak antara terumbu karang dengan permukaan laut. Jika air sedang surut dan jarak antara permukaan laut dengan terumbu karang kurang dari 3 meter, lebih baik urungkan menggunakan kaki katak. Lebih baik berenang dengan kaki telanjang (bare feet). Karena kibasan kaki katak bisa melukai terumbu karang jika permukaan laut sangat rendah. 
Cara 4 : Jangan menyentuh terumbu karang, menginjak, atau mematahkan terumbu karang. Apapun alasannya. Harap hati-hati dengan terumbu karang. Seperti fakta diatas, terumbu karang sudah memasuki masa kritis. Selain itu hal ini merupakan tindakan preventif agar anda tidak terluka. Ada beberapa jenis terumbu karang yang bisa membuat kulit melepuh. Jenis karang api yang berwarna kuning terang atau pucat diketahui memiliki racun yang sangat kuat  dan membuat tangan seperti terbakar. 
Cara 5 : Jangan beri makan ikan di alam bebas. Biarkan ikan tersebut mencari makan dari terumbu karang. Jika mereka ketergantungan manusia, ikan tersebut tidak akan bertahan. Selain itu makanan yang diberikan seperti roti belum tentu cocok untuk pencernaan ikan. Selain itu roti yang tidak dimakan oleh ikan bisa jadi bahan pencemar bagi terumbu karang. So don’t feed the fish.

 

sampah di terumbu karang, alga mulai menggerogoti (source : teachoceanscience.net)

 

Cara 6 : Jangan buang sampah ke laut ketika sedang berlibur di pantai atau pulau. Apalagi sampah plastik. Karena sampah plastik tidak akan terdegradasi dengan baik namun berubah menjadi micro particle. Partikel kecil ini dikonsumsi oleh ikan-ikan. Dan ikan-ikan akan dikonsumsi oleh manusia. Secara langsung, ikan yang kita makan mengandung plastik yang kita buang. Selain itu jika plastik menurupi badan terumbu karang, polip tidak bisa menyerap sinar matahari untuk melakukan fotosintesis. Hingga karang pun berubah menjadi putih, ditumbuhi alga dan mati. 
Cara 7 : Don’t take anything from the sea. Apapun itu. Bintang laut, kerang, siput laut, teripang, dan lain-lain jika hanya ingin dijadikan hiasan. Trust me, gak akan terpakai. Karena hewan tersebut akan mati dan mengeluarkan bau busuk. Kalian akan kerepotan dan membuangnya.
Mencari Lokasi Snorkeling yang Seru dengan tiket2.com
Ribuan lokasi terumbu karang yang ada di Indonesia. Hingga saat ini, Lava Flow di Banda Neira masih menjadi lokasi snorkeling favorit saya. Kenapa? Karena tutupan karang di lokasi tersebut masih sangat bagus. Ratusan ikan mengikuti ketika saya mulai melakukan duck dive. Biota laut warna warni memanjakan mata. Tak hanya di Banda Neira, keindahan bawah laut di gugusan Kepulauan Takabonerate juga juara. Banyak pul
au-pulau kosong di Kepulauan Takabonerate yang menjadi lokasi penyelaman keren. 
website tiket2.com untuk tiket pesawat promo
Masih banyak lokasi penyelaman keren di Indonesia. Jika kamu sudah siap untuk tidak berkontribusi dengan kerusakan terumbu karang yang semakin masif, segera cari tiket pesawat promo ke penjuru Indonesia. Kalian bisa masuk ke website tiket2.com untuk segera mencari tiket murah ke lokasi snorkeling. Di menu Promo kalian bisa melihat ratusan tiket pesawat promo ke beberapa daerah. Seperti contoh dari Jakarta (CGK) ke Lampung hanya Rp. 253.000 untuk sekali jalan. Kalian bisa mencoba snorkeling di Teluk Kiluan yang terkenal dengan lumba-lumba dan keindahan bawah lautnya. Atau mau mencicipi keindahan Karimun Jawa yang terkenal itu? Di laman tersebut, ada juga tiket promo ke Semarang hanya dengan Rp. 318.000 sekali jalan. Mudah dan murah. Silakan berburu tiket pesawat murah dan tiket pesawat promo dari sekarang untuk melihat keindahan bawah laut Indonesia. Happy hunting, guys!
 
Oia, tiket2.com juga sedang mengadakan lomba untuk mendapatkan tiket gratis ke dalam dan luar negeri. Caranya mudah hanya perlu cek ke website tiket2.com kemudian share status keinginan kamu untuk pergi ke suatu tempat dan disertai alasan. Semoga menang ya gengs!
Apakah kalian punya tips lain untuk snorkeler pemula seperti saya? #saveourcoral #Indonesiareefs Silakan share. Mari berbagi.
Ditulis di ISKINDO
2:39 AM Kamis, 13 Oktober 2016
Sambil dengar lagu Secret Love milik Little Mix

You may also like

14 Comments

  1. Nih artikel keren dan wajib dibaca oleh semua yang udah seneng snorkling, baru mau mulai snorkling apalagi yang suka snorkling asal2an.
    Makasi kakak adlien utk sharenya

  2. great article adlien…. suka gemes banget juga klo lihat para snorkel'ers pemula yang main injak2 coral. Sedih banget sampai kadang timbul pikiran usil mau bilang ke mereka "awas ada hiu di kakimu" 😛
    Setuju juga sama quote "Don't feed the fish". Di Amed, Bali, ikan Batfish yang besar-besar sampai tidak takut lagi sama manusia saking seringnya para snorkel'ers yg memberi makan ikan. Mereka jadi tergantung dan menunggu agar makanan datang. Kasihannya itu bisa buat species mereka punah 🙁
    Semoga banyak para new snorkel'ers yang lebih bijak dalam bertualang menikmati keindahan laut kita 🙂

  3. Kakak Manager kesayangan kita semua.. Hehe. ak cuman nulis berdasarkan pengalaman aja sih kak.. Thank you yaa udah mampir kak.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *