24 Jam di Belanda? Simak 5 hal Seru ini

Jangan sampai pulang tanpa membawa kesan menyenangkan, karena ada banyak cara seru menikmati waktu di bawah 24 jam di Belanda. Ciptakan pengalaman yang asyik dengan 5 cara tepat serta optimal. Siapkan perlengkapan Anda, saatnya menjelajah negeri kincir angin!

Welkom in Nederland – Selamat Datang di Belanda

Sebagai negara dengan sistem monarki alias kerajaan, Belanda jauh dari kesan kaku. Justru, Anda dapat mengeksplor berbagai macam destinasi wisata menarik di sana. Namun sebelum mengunjungi negara tersebut, ada baiknya untuk mempelajari lebih dalam.ย Berdasarkan geografis, Belanda terletak di kawasan Benua Eropa Barat Laut. Ia berbatasan dengan Jerman di bagian Timur dan Belgia di bagian Selatan. Semenara itu, bagian barat dan utara adalah pesisir Belanda dan dibatasi Laut Utara. Mata uang resminya adalah euro.

pemandangan dari kanal cruise

Belanda terdiri dari 12 provinsi, yakni Holland Utara, Holland Selatan, Utrecht, Gelderland, Brabant Utara, Overijssel, Flevoland, Drenthe, Friesland, Groningen, Limburg, serta Zeeland. Setiap provinsi memiliki area dan suasana berbeda, sehingga menarik untuk disambangi.

Sementara itu, zona waktu Belanda adalah GMT +1. Memasuki musim panas, Daylight Saving Time diterapkan dengan menyesuaikan waktu menjadi 1 jam lebih awal. Durasi yang terkadang tak tentu, menuntut kita untuk mampu memaksimalkan waktu saat berada di sini.

Pagi hari di Belanda bisa saja masih sangat gelap, atau jam 7 malam pun masih terang. Mengatasi hal tersebut, tentu kita harus mengatur waktu seoptimal mungkin. Jadi, apa saja cara seru menikmati waktu di bawah 24 jam di Belanda? Simak sebagai berikut:

Menyaksikan Festival-festival Menarik

Terdapat banyak festival Belanda, khususnya Amsterdam sebagai ibu kota. Festival tersebut biasanya digelar secara gratis. Simak saja Vondelpark Open Air Theatre yang berlangsung sekitar bulan Juli hingga Agustus, menampilkan pertunjukan seni khas negara kincir angin.

Tak sampai di situ, Anda juga dapat menikmati Kingsday Festival yang biasa digelar tanggal 27 April. Festival tersebut digelar untuk memperingati hari kelahiran Raja Belanda. Masih banyak lagi festival menarik lainnya yang bisa Anda kunjungi kelak.

national tulpen dag di Amsterdam

Berikut ini adalah daftar festival di Amsterdam yang mungkin bisa kalian coba datangi :

a. Amsterdam Light Festival 28 November 2019 – 19 January 2020

b. Christmas Market near to Museumplein 23 December – 31 December 2019

c. New Year Eve’s Party 31 December 2019

d. Turn on The Lights di De Bijenkorf 14 November 2019

e. National Tulip Day setiap bulan Januari

Datang ke Landmark Terdekat

Masih dari Amsterdam, cara seru menikmati waktu di bawah 24 jam di Belanda selanjutnya adalah mengunjungi landmark-landmark utama. Jika momen ini jarang Anda alami, maka jadikan sebagai pengalaman menarik dengan mengabadikan lewat foto atau video. Kalian bisa mencoba datang ke Dam Square, disana kalian bisa mengunjungi National Monument, Royal Palace dan juga museum Madame Tussaud.

Berjalan menyusuri alun-alun, gang, jalan, lalu berfoto di spot Instagramable, bisa jadi cara seru untuk Anda lakukan. Bagi para pecinta seni dan budaya, tentu Belanda adalah tempat yang tepat untuk menuntaskan hasrat tersebut karena museum dan galeri di hampir setiap sudut kota. Ada beberapa pilihan museum yang keren untuk didatangi, misalnya saja Museum Van Gogh, Museum Anne Frank, Museum Rijksmuseum atau Troppenmuseum.

lukisan di Rijksmuseum

Selain itu jika datang saat musim semi, jangan lupa untuk datang ke Keukenhoff. Sebuah tempat yang penuh dengan bunga tulip di setiap sudutnya.

Wisata Kanal Sambil Belajar Sejarah

Bagaimanapun, satu cara seru menikmati waktu di bawah 24 jam di Belanda ini tak boleh terlupakan. Susuri kota lewat kanal dengan menaiki perahu boat, lalu simak keindahan Belanda dari titik tersebut. Meski lambat, namun hal itu takkan terasa karena Anda bakal dibuat kagum!

canal cruise dengan Plastic Whale Amsterdam

Pemandangan rumah warga sepanjang sungai, lalu masyarakat yang menghabiskan waktu sambil duduk dan menatap permukaan air, hingga melewati kolong jembatan adalah pengalaman paling berharga. Sambil melaju, ada penjelasan sejarah yang bergema lewat audio. Ada beberapa opsi cruise canal yang bisa kalian coba, misalnya saja Lovers atau Amsterdam Canal Cruise. Kalau ingin mencoba hal baru, kalian bisa coba naik kapal bersama Plastic Whale Amsterdam.

Mendatangi Kanal-kanal terkenal di Belanda

kanal di Amsterdam

Amsterdam sendiri terkenal dengan kanal-kanal cantik yang ada di sekeliling kota. Setiap kanal memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri. Ada beberapa kanal yang wajib banget dikunjungi. Misalnya saja Gouden Bocht atau Golden Curve, masih masuk dalam kawasan Herengracht antara Leidsestraat dan Vijzelstraat, menunjukkan rumah-rumah kapal paling indah di Amsterdam.

Tak hanya itu, kanal di sudut Reguliersgracht dan Herengracht juga menawarkan kesan unik tersendiri. Menurut holland.com Magere Brug atau Jembatan kurus adalah yang paling indah dari semua jembatan. Jika Anda datang di malam hari, tempat ini adalah tempat teromantis di Amsterdam.

Mencicipi makanan tradisional ala Belanda

Jika datang ke Belanda, jangan lupakan makanan khas ala Belanda yang paling jamak ditemui, Stroopwaffle. Kalian bisa menemukan jajanan ini dijual di supermarket. Jika ingin mencoba stroopwaffle hangat, kalian bisa menuju ke Lanskroon cafe dekat canal Singel atau mencoba ke Albert Cuyp Market.

kibbeling

Selain itu kalau jalan di Amsterdam Central, jangan lupakan untuk mencoba kentang goreng MannekenPis. Beli dengan saus mayonais ataupun saus yang lain. Kalau saya paling suka dengan saus Joppie Saus dan Truffle Saus.

Oia, jangan lupakan untuk mencoba ikan goreng yang biasa disebut dengan kibbeling (ikan kod) atau coba herring. Kalian akan disuguhkan ikan herring yang tidak dimasak, hanya ditaburi onion diatasnya. ๐Ÿ™‚

Sistem Transportasi di Belanda

Untuk yang ingin berkeliling Amsterdam dibawah 24 jam, ada baiknya menentukan ingin pergi kemana. Jika hanya ingin mengunjungi kota Amsterdam, beli tiket GVB yang harga 8 euro. Namun tiket ini tidak cover perjalanan kereta dari Schipol ke kota Amsterdam. Untuk memahami sistem transportasi di Belanda, silakan cek tulisan ini – transportasi di Belanda.

Tips Keliling Belanda dengan Kartu Murah + Amsterdam Tour

Penutup

Itu tadi 3 cara seru menikmati waktu di bawah 24 jam di Belanda. Baik itu urusan bisnis atau berniat liburan, sesuaikan agenda kegiatan Anda secara efisien berdasarkan zona waktu sekitar. Jika kalian berangkat dari Indonesia, yuk cek taksi online bandara. Ada tambahan opsi baru dari rumah menuju bandara dengan mudah. ๐Ÿ™‚

Semoga bermanfaat.

 

ditulis di Bennekom

10:11 AM Sunday, 19 Mei 2019

You may also like

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.