apa itu terumbu karang???

karang-karang indah yang berwarna-warni dibawah laut yang mungkin bagi sebagian orang awam dipikir sebagai tumbuhan sebenarnya adalah hewan. mereka adalah hewan berukuran kecil yang dinamakan polip. ada dua macam karang yaitu Hard Coral (karang keras) dan Soft Coral (karang lunak). karang batu merupakan pembentuk terumbu karena tubuhnya yang keras seperti batu. karena substrat karang yang paling baik adalah tempat yang keras. kerangkanya terbuat dari kapur atau kalsium karbonat (CaCO3). karang baru bekerja sama dengan alga yang disebut zooxanthellae. karang batu hanya hidup pada perairan dangkal dimana masih mendapat cahaya matahari. sedangkan karang lunak (Soft Coral) dapat hidup di perairan dangkal dan perairan yang dalam tanpa mendapat cahaya matahari.
sedangkan terumbu karang adalah bangunan ribuan karang yang menjadi tempat tinggal berbagai ikan dan mahluk lainnya. bisa di bayangkan terumbu karang adalah sebuah kota yang besar bagi biota-biota laut.
kita membahas polip, polip adalah hewan kecil yang hidup di dalam karang. polip berbentuk seperti sarung tangan yang memiliki tentakel pada ujungnya. polip ini menyerap kalsium dario air laut untuk membangun rangka karang yang terdiri dari zat kapur untuk melindungi tubuh polip yang sangat lembut.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *