International Team Work

Berteman dengan orang asing berbeda negara menjadi sebuah kesempatan langka yang saya dapat di program SUSI GEI 2013 ini. Malaysia, Fiji Island, Marshall Island, and Papua New Guinea adalah negara yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Paling seru itu Malaysia dan Indonesia tidak menggunakan bahasa  inggris sebagai native languange, makanya terkadang saya susah untuk menyampaikan sesuatu dalam bahasa inggris. 
Make a clear communication and be confident for the first time is very hard for me. Karena bahasa inggris saya yang masih sangat berantakan, jadi beberapa kali bingung mau ngomong apa sama teman-teman. hehehe. 
Tapi, mungkin karena penambahan gerakan tangan dan kedipan mata, mereka jadi mengerti apa yang saya katakan. Hahaha, dan terkadang apa yang saya sampaikan tidak sampe ke mereka. itu adalah masalah pertama. Belum lagi kalau culture mereka yang berbeda, jadi beda persepsi. 
Tapi itulah asiknya bisa membangun sebuah team work secara internasional. Belajar apa yang terjadi di negara mereka, apa yang mereka pikirkan tentang sebuah isu, apa yang mereka pelajari dari kita, dan lain sebagainya. Sebuah kolaborasi yang sangat asik.. Dan itulah yang saya dapat di SUSI, setelah beberapa kali ELC dengan team work yang berbeda, saya merasa semakin bisa mengenal mereka. πŸ˜€

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *