mangrove

Definisi Mangrove merupakan karakteristik dari bentuk tanaman pantai, estuari atau  muarasungai, dan delta di tempat yang terlindung daerah tropis dan sub tropis. Dengan demikian maka mangrove merupakan ekosistem yang terdapat di antara daratan dan lautan dan pada kondisi yang sesuai mangrove akan membentuk hutan yang ekstensif dan produktif. Karena hidupnya di dekat pantai, mangrove sering juga dinamakan hutan pantai, hutan pasang surut, hutan payau, atau hutan bakau. Istilah bakau itu sendiri dalam bahasa Indonesia merupakan nama dari salah satu spesies penyusun hutan mangrove yaitu Rhizophora sp. Sehingga dalam percaturan bidang keilmuan untuk tidak membuat bias antara bakau dan mangrove maka hutan mangrove sudah ditetapkan merupakan istilah baku untuk menyebutkan hutan yang memiliki karakteristik hidup di daerah pantai (Anonim, 2009).
Ekosistem mangrove memiliki peran yang penting bagi lingkungan pesisir. Pemanfaatan yang berlebihan mengakibatkan kerusakan pada ekosistem mangrove. Oleh karena itu, perlu digalakkan berbagai kegiatan rehabilitasi, dalam kegiatan rehabilitasi perlu dilakukan pemeliharaan dan pemantauan untuk melihat dan mengukur tingkat keberhasilan kegiatan ini (Harjo, 2008).
kondisi ekosistem hutan mangrove saat ini sangat memprihatinkan dan pada umumnya disebabkan oleh konversi lahan yang tak terkendali. selanjutnya, hutan mangrove tersebut akirnya berubah menjadi pemukiman, lahan pertanian dan tambak karena selama ini hutan mangrove dianggap tidak penting. selain itu, hutan mangrove selalu pada poisis yang kalah atau dikorbankan apabila ada kepentingan ekonomi yang lebih menjanjikan. konversi lahan ekosistem mangrove terjadi karena ilmu pengetahun dan teknologi pemanfaatan masih sangat minim, padahal hutan mangrove apabiola dikelola secara lestari dan berkelanjutan akan memberikan multiple efek yang cukup diandalkan (anonim, 2009)

  1. 1. Tujuan dan kegunaan

Tujuan praktek lapang kali ini adalah :

  1. sebagai prasyarat kelulusan dalam mengambil mata kuliah teknik rehabilitasi.
  2. Selain itu untuk memotivasi masyarakat untuk terlibat secara aktif dalam gerakan nasional rehabilitasi hutan dan lingkungan.
  3. Diharapkan bisa memberikan pemahaman dan skill kepada mahasiswa untuk pengembangan merehabilitasi mangrove mulai dari pembenihan, pembibitan, dan penanaman.

Kegunaan praktek lapang kali ini untuk

  1. memulihkan kondisi lingkungan yang telah mengalam degradasi melalui rehabilitasi mangrove.
  2. Selain itu untuk menghijaukan lingkungan pesisir dan pantai melalui rehabilitasi mangrove.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *