Untuk Indonesia Dari Wageningen – Atrasina Adlina PPIW 2018 #bersatuwageningen

If you want to go fast, go alone. If you want to go far, go together – African Proverb

Berangkat dari pepatah tua tersebut saya dan anda bisa bekerja bersama-sama mewujudkan PPI Wageningen yang inovatif, inklusif dan akademis. Saya harap itu bisa jadi mimpi kita bersama, kerja kita semua. Saya bukan siapa-siapa, tanpa kalian semua.

Inovatif? Inklusif? Akademis? Kenapa harus tiga kata itu?

Singkat kata, Indonesia dengan segala masalah yang dihadapi, negeri ini yang merentang dari Aceh sampai Papua, sejak Rote hingga Bekasi, butuh manusia Indonesia terbaiknya untuk ikut berupaya menyelesaikan masalahnya. Karena itu dengan program kerja inovatif, kami berusaha ikut memberikan solusi kepada bangsa.

Sampah merupakan masalah terbesar yang dihadapi oleh Indonesia saat ini. Sebagai penghasil sampah terbesar kedua di dunia, harus ada yang dilakukan untuk memperbaikinya. Selain sampah, pendidikan juga belum terasa di daerah-daerah pedalaman. Sebagai warga Indonesia yang diberikan kemewahan untuk bisa berkuliah di Wageningen, kami berharap bisa menjadi solusi bagi persoalan bangsa. Di dalam kepengurusan kami menggaungkan kampanye “1 Euro per bulan untuk Menanggulangi Masalah Sampah dan Pendidikan di Indonesia”. Kita akan berkontribusi langsung kepada Indonesia tanpa menunda-nunda. *Kalau bisa sekarang, kenapa harus menunggu pulang?* Dana ini nantinya akan disalurkan dengan organisasi non-profit di Indonesia yang bergerak dalam bidang sampah dan Pendidikan.

Selain itu, di masa kepengurusan ke depannya kami akan membentuk Pusat Studi Mahasiswa Wageningen yang memberikan solusi bagi bangsa. Karena kami yakin, semua mahasiswa Indonesia adalah manusia pilihan tanpa terkecuali.

Inklusif merupakan kata sifat yang berarti “termasuk di dalamnya”. Secara istilah berarti menempatkan dirinya ke dalam cara pandang orang lain/ kelompok lain dalam melihat dunia. Kami mengajak agar seluruh anggota PPI Wageningen menjadi akrab satu sama lainnya. Hal ini membuat komunikasi antar anggota menjadi lebih mudah dan tak berjarak. Dalam mencapai hal ini, akan diadakan kegiatan-kegiatan internal affairs di dalam lingkup keluarga mahasiswa Indonesia di Wageningen.

Akademis adalah hal yang tidak bisa terpisahkan dalam kultur di kampus Wageningen ini. Program kerja yang ditawarkan adalah Training Pembuatan Jurnal Ilmiah dengan target minimal “1 orang 1 Jurnal” selama kuliah di Wageningen. Selain itu membuat training penulisan tulisan popular sehingga mahasiswa Wageningen semakin banyak menghasilkan tulisan-tulisan berkualitas untuk masuk dalam media-media nasional dan internasional.

Motivasi saya untuk maju sebagai Ketua PPI Wageningen adalah kami ingin mengajak semua orang Indonesia di Wageningen untuk ‘menyumbangkan’ dirinya dan bersama-sama melakukan hal yang baik untuk Indonesia dari Wageningen.

Mengutip kata-kata seorang pemimpin “Kehormatan hidup bukanlah ditentukan seberapa tinggi pendidikan, seberapa banyak ijazah akademismu, seberapa banyak bintang-bintang jasa bertaburan di dadamu, tapi kehormatan hidup itu ada ketika namamu melekat di hati orang-orang sekitarmu, kerjamu bermanfaat untuk rakyat banyak, dan doamu tiap bangun tidur memohon agar hari ini lebih baik dari hari kemarin.”

 

Sehingga slogan “Wageningen untuk Indonesia” tidak cuma slogan semata. Semangat Indonesia!

 

Wageningen penuh cinta,

 

 

Atrasina Adlina

Kandidat Nomor 1

 

Jika ingin memberikan dukungan dalam bentuk aspirasi dan pesan untuk kepengurusan tahun depan, kami sangat mengapresiasinya. Silahkan anda masuk ke dalam link ini à https://tinyurl.com/AspirasiTanpaBatas

 

#bersatuwageningen

You may also like

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.