Festival Budaya Banda Neira 2015

Ketika saya ke Banda tahun lalu, saya benar-benar terpana dengan keindahannya. Masih banyak situs sejarah yang memiliki nilai sejarah penting disana, namun belum diperkenalkan kepada dunia. Jujur, saya suka Banda yang tenang, damai serta asri. Namun sepertinya Banda mulai mempublikasikan dirinya. Salah satunya dengan mengadakan Festival Budaya Banda Neira, yang dilaksanakan tahun ini. 
Acara yang dilaksanakan adalah lomba memancing, lomba empang, lomba mendayung perahu, dan lomba foto bawah laut. Selain itu akan ada pesta kuliner yang diadakan bersamaan dengan pesta rakyat yang akan digelar pada Senin – Selasa, 9 – 10 November 2015.
Item kegiatan Festival Banda Neira ini sangat unik dan membingungkan. Hehe. Untuk Lomba Memancing, saya masih bisa membayangkannya. Tapi untuk lomba Klompen Raksasa??
Saya tertarik dengan kata Klompen, kemudian saya mensearch di search engine Google, dan menemukan fakta bahwa kata Klompen adalah bahasa Belanda yang berarti sepatu kayu. Sehingga saya bingung dengan lomba yang akan diadakan, seperti apa ya? Apakah akan ada sepatu kayu besar yang dihias? Atau menggunakan sepatu kayu raksasa dan berjalan mengeliling pulau Banda? 😀
Selain itu ada lomba Empang? Saya bingung dengan maksud kata ini? Mungkin nanti lomba menguras Empang? Lebih baik lihat dan saksikan sendiri bagaimana lomba Empang dan Lomba Klompen Raksasa.
Sedangkan untuk lomba Perahu Belang kabarnya akan diikuti puluhan perahu dari berbagai desa di Kepulauan Banda. Perahu Belang adalah sebuah kapal yang didayung oleh 30-40 orang. dulu disebut sebagai perahu Kora-kora. Perahu ini sangat bersejarah, karena ketika memerangi penjajah Belanda, para warga Banda menggunakan perahu ini untuk menyerang. Selain itu kapal ini berfungsi juga sebagai kapal dagang.
miniatur kapal belang
Ketika penjajah Belanda sudah sangat bengis dan membunuh orang-orang kaya Banda, sisanya mengungsi dari kekejaman Belanda menggunakan kapal ini. Pelarian inilah yang tersebar hingga di ke selatan Maluku.
Nah, ingin mengenal Banda Neira lebih dalam lagi? Mungkin bisa ikut acara ini..

Agenda Kegiatan Festival Akbar Budaya Banda Neira 2015

Senin 9 November 2015
08.45                     : Upacara pembukaan
09.00 – 12.00        : Lomba Memancing
13.30 – selesai      : lomba klompen raksasa
15.00 – selesai      : lomba empang
Selasa 10 November 2015
10.00 – 13.00       : Lomba perahu belang dan foto bawah laut
15.00 – selesai     : kuliner
19.30 – selesai     : upacara penutupan sekaligus pengumuman hasil lomba
ditulis di kantor kak Agus
0:08 WIB Rabu 28 Oktober 2015

You may also like

2 Comments

  1. Mbak Adlien, mungkin gak sih Klompen itu semacam sendal kayu yang orang Sunda sebut kelom?
    Duh festival Empang, apa pula ya itu. Ikutan ingin tahu jadinya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *