Filosofi 08

Mengingat kalian, membuat saya kembali tertawa. Kemarin, memori itu diputar kembali (17/11). Bersama dengan Haska, Januar, Colo, Arif, Aras, Adi, dan Fuah. Kita berceloteh tentang masa-masa kita masih selalu sama-sama. Makan sama-sama, mencalla sama-sama, gokil sama-sama, berantem sama-sama, bahkan tidur pun sama-sama. Hahaha. 

Kalian yang menjadi sumber penguat disaat galau. Penggalau di saat senang. dan pemberi kegilaan di saat saya butuh ketenangan. Kalian datang ketika di saat-saat tak terduga. Saling bertengkar. Saling berteriak. Saling calla’. Hahaha. Kalian gila and the best…
Nah..pernahkah kalian bertanya/berpikir berapa hasil penjumlahan dari SEMUA bilangan real? atau dengan kata lain berapa?? gue ambil dari sebuah blog, diketahui kalau Nol adalah hasil semua bilangan real,, lho kok bisa??
Didalam teori himpunan nol menunjukan banyaknya elemen di dalam himpunan kosong. Nol merupakan cerminan dari kosong, telah kita tunjukan nol merupakan jumlah total dari semua bilangan. Itu berarti secara filosofi kosong sebenarnya merupakan penggabungan total semua hal/isi.

“Dalam kekacauan ada keheningan, di dalam keheningan ada kekacauan”.


angka 0 dalam sistem binary berarti tiada. Dalam filosofi agama, angka 0 bisa diartikan sebagai kembalinya diri terhadap penyucian jiwa dan ketulusan hati, sehingga 0 merupakan titik keikhlasan dan penyerahan, mengosongkan dan merendahkan diri di hadapan Tuhan. Keikhlasan ini menjadi dasar tumbuhnya upaya untuk menjaga hati dari penyakit hati, mengikhlaskan hati untuk memaafkan dan menerima kekurangan dan ketidaksempurnaan dalam diri dan hidup kita, bahkan memahami kekurangan orang lain.

Untuk angka delapan,, secara tipografi angka 8 adalah angka yang sangat unik bentuknya. Dia terbentuk dari sebuah tarikan garis yang tak terputus. Apa kalian menyadari angka 8 itu begitu estetis membentuk rangkaian lengkung yang begitu anggun.  Bandingkan dengan angka-angka lainnya.. mereka terbentuk dari satu garis putus, dan bahkan 2 garis waktu kita tulis.

Bentuk angka 8 juga amat sangat konsisten, dia tetap akan terlihat sama dilihat dari sudut manapun. Bolak balik, kanan kiri, atas bawah, bentuknya bakal tetep sama, gak kayak angka 6 dan 9 yang plin-plan, atau angka-angka lain yang bakal berubah bentuk dan gak konsisten. Hal itupun berlaku untuk angka nol.

Delapan, angka tanpa ujung, tak terputus. Angka yang konsisten pada bentuknya walau dibolak-balik. Angka lambang persatuan tanpa batas, itulah delapan.

Ngerti kan kenapa kita diciptakan bersama??

Karena mengambil filosofi angko nol, kita adalah manusia yang tergabung dan akhirnya membentuk angka nol. Dan untuk angka delapan kita adalah angkatan yang konsisten dan tidak membosankan karena banyaknya warna kita…

thanks ud jadi penguatku dan lain sebagainya..

Tulisan ini saya dedikasikan juga untuk angkatan 2008 lainnya di Universitas Hasanuddin. 
Semoga kita bertemu dan dengan bangga mengucapkan “Saya alumnus Unhas, angkatan 2008“… πŸ˜€

keep spirit..

#hasil tulisan re-post dari Blog Mezeight. πŸ˜€

Laboratorium Mikrobiologi Laut, 22 November 2013, 20:22 Wita

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *