Flixbus, Keliling 5 Kota Eropa dengan 99 euro

Pernah ngebayangin gak bisa keliling ke 5 kota di Eropa hanya dengan 99 euro? Kalau dikonversi ke rupiah, biayanya hanya sekitar 1.6 juta rupiah saja untuk pergi ke 5 kota di Eropa. Lumayan banget kan? Saya pernah ngalamin sendiri. Gimana caranya?

Flixbus Solusinya

Flixbus merupakan salah satu perusahaan bis yang ada di Eropa. Didirikan pada tahun 2011 dan berekspansi menjadi salah satu penyedia jasa transportasi terbesar di Eropa. Pada tahun 2015, Flixbus hanya berhasil menggaet 20 miliar penumpang namun di tahun 2018 perusahaan ini berhasil menyediakan layanan bagi 90 miliar penumpang dalam setahun. Gils. Flixbus ini perusahaan milik Jerman yang berusaha mengalahkan dominasi Deutshce Bahn yang menjadi penyedia jasa transportasi di Jerman. Hingga saat ini Flixbus telah berekspansi hingga Itali bahkan Amerika Serikat.

Bis merupakan moda transportasi yang cukup murah bagi para petualang, karena saat ini sudah banyak jasa penyedia informasi bis di website. Hal ini juga membuat calon penumpang mudah untuk menemukan informasi dimana dan kapan bis akan berangkat. Misalnya saja Omio.com untuk informasi bis di Eropa

Bis yang ditawarkan oleh Flixbus sangat nyaman, dengan bentuk double decker (bis tingkat dua), membuat bis ini bisa mengangkut ratusan penumpang dalam sekali jalan. Kebayang mereka bisa ngasih harga yang murah untuk bisa naik bis ini.

99 euro untuk keliling 5 kota di Eropa

Kenapa Flixbus jadi sangat affordable bagi backpacker? Karena dia menyediakan tiket murah nan affordable untuk para backpacker. Termasuk saya ini. Harga tiket yang ditawarkan oleh flixbus untuk berpindah negara hanya dengan 20 euro sekali jalan.

Perjalanan pertama saya menggunakan Flixbus adalah ketika pergi ke Paris saat New Year Eve. Saat itu perjalanan ditempuh dengan waktu 7 jam. Not bad lah menurutku, karena saya seat di dekat supir sehingga gak mual sama sekali. FYI, saya anaknya mabok darat, mabok laut dan mabok udara. Haha. Tapi selalu nekat untuk jadi traveller.

Selain itu perjalanan kedua dari Paris adalah menuju ke Prague selama 9 jam. Kemudian dari Prague menuju Amsterdam lagi selama 13 jam. Lumayan pegel sih, karena perjalanan itu dilakukan di siang hari, jadi terasa capeknya cuman duduk di bis selama 13 jam.

Tak hanya itu, saya pernah menggunakan flixbus dari Amsterdam Sloterdijk untuk menuju ke Kopenhagen, Denmark. Perjalanan yang kami tempuh adalah 13 jam. Tapi kami memilih perjalanan malam agar tidak terlalu bete di dalam bis. Setelah dari Kopenhagen saya juga coba pergi ke Berlin dengn Flixbus.

Hampir semua perjalanan yang saya lakukan menggunakan Flixbus, karena apa? Karena murah itu loh. Bayangkan saja, harga yang awalnya hampir 100 euro, jadi bisa terpotong hingga 20 euro saja.

Apa yang mereka sediakan?

Flixbus menyediakan wifi di dalam bis, jadi penumpang gak terlalu bete banget di dalam bis selama perjalanan. Selain itu Flixbus juga menyediakan toilet, tapi agak kecil sih. Dan terkadang penumpang yang lain itu pipis berdiri, jadi agak jorok kalau lihat ceceran cairan di tempat duduk toilet. Saya lebih memilih untuk turun saat bis berhenti sementara untuk ganti supir atau kesempatan ke kamar mandi. Biasanya sih di dalam website, dikasih tau jadwal jam berapa bakalan berhenti untuk istirahat.

Selain itu ada juga colokan USB untuk ngecharge HP maupun kamera. Lumayan untuk perjalanan di kota tujuan. Tempat duduk yang nyaman, dan juga meja kecil untuk naro sesuatu. Saya biasanya memilih tempat duduk yang agak depan, karena guncangan bis tidak terlalu terasa. Kadang kalau dapat supir yang gak bagus, kita bisa mual. Atau mungkin karena saya emang anaknya mabokan. Haha.

Cara Menggunakan Voucher 99 euro

gambar website Flixbus

Nah untuk menggunakan voucher ini kamu harus masuk dulu ke website https://www.flixbus.nl/interflix . Dari sini  kita membeli tiket sesuai yang kita butuhkan. Hitungannya kalau satu kali perjalanan menggunakan voucher, berapa kali kamu membutuhkan untuk keliling ke negara-negara yang lain.

Misalnya dari Amsterdam ke Paris (1 kode voucher), Paris ke Venesia (1 kode voucher), Venesia ke Ljublana (1 kode voucher), Ljubljana ke Milan (1 kode voucher), Milan ke Roma (1 kode voucher). Jadi kalian sudah memperhitungkan berapa banyak kode yang kalian butuhkan selama perjalanan ini.

Flixbus hanya menerima pembayaran menggunakan Paypal. Jadi kalau gak ada Paypal agak susah sih. Masukkan data pembeli, jangan sampai salah email. Biasanya setelah pembayaran, akan muncul 5 kode voucher. Supaya aman, segera copy paste atau screen capture kode voucher tersebut. Karena sering kali Flixbus tidak mengirimkan kode voucher ke email kita. Jadi supaya aman lebih baik segera screen capture kode voucher yang muncul di laman website setelah pembayaran.

pembayaran Flixbus

S & K Berlaku

  • 48 hrs: Then you can book your trip (activation codes).
  • 3 months / 90 days / 2160 hrs: you have time to discover Europe.
  • It’s your trip – your tickets (not transferable).
  • You pick the start and end points.
  • direct return trip along the same route is not possible.
  • Only direct trips can be booked.

Dari informasi diatas, setelah kalian beli voucher 99 euro, kalian baru bisa menggunakan voucher setelah 48 jam. Jadi gak bisa langsung aktif. Voucher ini pun hanya berlaku dalam waktu rentang 3 bulan, kalau udh lebih kode voucher langsung hangus sendiri. Vouchernya gak transferable (tapi bisa kok dipakai untuk orang lain. hehe). Kita bebas memilih kota asal keberangkatan dan kota tujuan. Harus pesen satu-satu, gak bisa pesan untuk Pulang Pergi. Dan hanya untuk DIRECT TRIPS, gak bisa kalau perjalanan yang kita pilih itu ada opsi transfernya.

yang bisa kita pilih adalah straight away atau direct trip

Cara Menggunakan Kode Voucher

Untuk menggunakan kode voucher yang telah dibeli, kita hanya tinggal memilih rute perjalanan. Setelah itu masukkan kode voucher yang telah bisa diaktivasi. Secara otomatis, harga yang awalnya 99 euro, berubah jadi free. 🙂

kolom redeem voucher

Tips

  1. Untuk penggunaan kode voucher ada baiknya jika digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Kalau misalnya perjalanan ke Amsterdam ke Brussels, tidak perlu menggunakan kode voucher ini. Karena harganya lebih murah jika tidak menggunakan kode voucher. Biasanya Amsterdam – Brussels sekitar 16 euro
  2. Jangan lupa untuk memfoto kode voucher sesaat setelah menyelesaikan pembayaran di website Flixbus interflix. Karena biasanya Flixbus tidak mengirimkan kode voucher ke email kita.
  3. Jaga selalu barang saat pengambilan bagasi di bagian bawah, tempelkan kode nama kita yang tersedia saat kita ngeprint tiket.
  4. Jangan lupa untuk selalu membawa pasport dan residence permit (bagi residence), karena biasanya di setiap perbatasan ada pemeriksaan pasport dan juga kartu residence permit. Kalau sampai lupa bawa paspor, biasanya dikasih turun dari bis dan jalan balik ke kota asal tanpa ditemani petugas. Jadi paspor sangat penting.
  5. Jangan makan makanan yang berbau di dalam bis, karena bisa mengganggu kenyamanan penumpang lain. Coba ganti dengan sandwich atau buah saat makan di dalam bis.
  6. Buang sampah di tempat yang telah disediakan oleh Flixbus, biasanya mereka memberikan kantong plastik di pinggir tempat duduk

Penutup

Nah itulah informasi tentang bis di Eropa, kalau di Indonesia juga sudah ada jasa penyedia angkutan manusia yang menjangkau Pulau Sumatera, Pulau Jawa dan Pulau Bali.

ditulis di Bennekom

11.43 CEST, Vrijdag 12 July 2019

You may also like

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.